Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Jual Mobil Bekas Ingin Harganya Tinggi? Begini Caranya

09 Jan 2019 | 11:16 WIB
BAGIKAN

Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin menjual mobil. Pertama, karena memang ingin menggantinya dengan kendaraan yang memiliki performa yang lebih baik. Kedua, terpaksa dijual karena membutuhkan dana hasil penjualan mobil. Apa pun alasannya, jika Sahabat hendak menjual mobil, pastikan terjual dengan harga yang layak, bukan karena terpaksa.

Jual Mobil Bekas Ingin Harganya Tinggi? Begini Caranya

Baca juga: Mau Beli Mobil Bekas Murah? Pahami Dulu Tipenya

Sebenarnya, menjual mobil tidak semudah yang dibayangkan. Seperti halnya menjual barang bekas apa pun, harga jualnya bisa jadi jauh di bawah harapan. Karena itu, pelajari terlebih dahulu trik-trik yang perlu dilakukan supaya harga jual mobil bekas Sahabat tetap tinggi.

Perbaiki Bagian yang Rusak

Akan sangat masuk akal jika Sahabat menawarkan harga yang tinggi kepada calon pembeli apabila kualitas mobil masih bagus. Misalnya, AC masih berfungsi, ban baru diganti, STNK dan pajak sudah dibayar, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum menjual mobil, sebaiknya Sahabat mengecek seluruh kondisi mobil, baik yang bersifat teknis maupun tampilan luar bodi mobil. Dengan tampilan yang menarik, calon pembeli akan lebih berminat mempertimbangkannya. Di sisi lain, dengan kualitas yang masih bagus tersebut, Sahabat pun tidak akan segan mengajukan harga yang tinggi.

Poles Bodi Mobil

Bodi mobil yang tidak terawat, kotor, dan terlihat tidak menarik tentu akan mengurangi minat calon pembeli. Jika sejak awal calon pembeli sudah tidak tertarik, bagaimana mungkin Sahabat akan menawarkan mobil tersebut dengan harga yang tinggi?

Karena itu, lakukanlah hal-hal sederhana untuk memoles bodi mobil supaya tampak menarik. Misalnya, menjaga kebersihan kabin dari debu yang menempel dan sampah-sampah kecil. Sahabat juga perlu mengecek kondisi jok, apakah sudah bersih atau belum. Melakukan perawatan secara berkala akan membuat bodi mobil terlihat lebih kinclong sehingga peluang untuk dilirik pun semakin besar.

Tetapkan Harga yang Sesuai

Ada sebagian orang yang tidak ingin terpengaruh dengan berbagai kabar terbaru mengenai harga jenis mobil yang dijual. Padahal, informasi ini sangat penting sebagai bahan perbandingan supaya tidak mematok harga terlalu tinggi. Dengan harga yang masuk akal, calon pembeli pun tidak akan menawar terlalu rendah.

Sebaliknya, jika Sahabat menjual mobil dengan harga yang terlalu tinggi, calon pembeli akan berusaha menawar serendah mungkin sehingga kesepakatan justru akan sulit dicapai. Jika sudah demikian, bisa jadi Sahabat akhirnya melepas mobil dengan harga yang tidak sesuai dengan harapan.

Pilih Calon Pembeli

Ada berbagai cara untuk menjual mobil. Cara ini secara tidak langsung dapat menentukan siapa pembeli mobil Sahabat tersebut. Misalnya, jika Sahabat menjual mobil dengan memanfaatkan dealer khusus mobil bekas, tentu saja calon pembeli pun berasal dari kalangan khusus.

Sahabat juga bisa jual mobil bekas melalui media online. Contohnya, dengan memanfaatkan situs jual beli mobil bekas terbaik, yaitu Garasi.id. Biasanya, calon pembeli yang aktif berinteraksi di dunia maya merupakan generasi yang melek teknologi dan memiliki akses komunikasi yang lebih lancar. Dengan gencar beriklan, Sahabat pun akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk menjual mobil bekas tersebut sehingga harga bisa dipatok lebih tinggi.

Lengkapi Surat dan Dokumen

Adanya surat maupun dokumen resmi kendaraan akan membuat calon pembeli mobil bekas menjadi semakin yakin. Buku servis juga termasuk di dalamnya. Dengan dokumen yang lengkap ini, Sahabat bisa menawarkan mobil dengan harga yang tinggi.

Pastikan Sahabat dapat menunjukkan dokumen ini kepada calon pembeli sehingga mereka tidak ragu lagi untuk memutuskan membeli kendaraan tersebut.

Jual dengan Cara Lelang

Apabila mobil bekas yang Anda jual termasuk mobil antik, cara paling baik supaya dapat terjual dengan harga mahal adalah dengan melelangnya. Tak bisa dimungkiri, mobil antik biasanya memiliki banyak penggemar fanatik. Bagi kalangan ini, uang bukan masalah sehingga berapa pun harga mobil tetap akan dibeli.  

Nah, inilah 6 hal yang bisa Sahabat Garasi lakukan untuk meningkatkan harga jual mobil bekas. Tidak terlalu sulit, bukan?

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 09 Jan 2019 | 11:16 WIB
BAGIKAN