Mobil Bekas di Garasi.id
Mobil Bekas Bandel dan Irit

Ini Dia 10 Mobil Bekas Bandel dan Paling Irit

31 Okt 2019 | 12:41 WIB
BAGIKAN

Dibutuhkan pengetahuan lebih jika ingin memboyong mobil bekas bandel. Apalagi mobil tersebut sudah berumur. Hal ini penting lantaran tak semua mobil lawas memiliki mesin prima. Termasuk ketersediaan suku cadang yang acap jadi kendala.

Mobil tidak hanya berbicara soal desain dan fitur saja, akan tetapi daya tahan juga penting, apa lagi bagi Sahabat yang sangat mobile sehingga memerlukan kendaraan untuk menunjang keperluan. Mobil bekas bandel menjadi salah satu kendaraan yang paling tepat dipilih karena dapat menempuh jarak yang jauh tanpa mengesampingkan sisi kenyamanan.

Fasilitas kursi yang empuk sampai pendingin udara sudah pasti tersedia di kendaraan beroda empat. Meski begitu, mobil bekas bandel tentu ikut menjadi pertimbangan seseorang dalam mencari kendaraan. Kamu juga bisa baca Beli Mobil Bekas Murah Nggak Pakai Cemas

mobil bekas irit

Daya tahan mesin kendaraan berbeda-beda, biasanya dapat ditakar dari sudah berapa kilometer jarak yang ditempuh mobil tersebut. Semakin jauh jarak yang ditempuh, biasanya kian banyak pula perawatan yang harus dilakukan. Meskipun suku cadang tersedia atau dengan kata lain dapat ditemukan, tentu saja kondisi mesin tidak bakal kembali seperti semula.

Berbicara soal mobil bekas bandel yang awet tahan lama tentu menyenangkan. Dari hasil penelitian selama 15 tahun, ini lah mobil bekas bandel yang paling tahan lama.

Apa saja?

Daftar mobil bekas bandel ini dilansir oleh Warranty Direct Reliability Index. 5 mobil bekas bandel itu adalah mobil-mobil keluaran Jepang.



Honda Accord


Mobil bekas bandel yang pertama adalah Honda. Siapa yang tak mengenal mobil keluaran Honda yang bernama Honda Accord? Seri mobil yang pertama kali dikenalkan tahun 1976 ini masih merajai pasaran sampai dengan sekarang. Seri-seri terbarunya masih bermunculan, Honda Accord sendiri seperti kata Consumer Reports yang dilansir dari Carcoops, merupakan mobil bekas bandel, bahkan sampai generasi terbarunya yang memiliki dapur pacu 2.4 liter i-VTEC dan 3.5 liter V-6 teknologi VCM. Perpaduan desain yang elegan plus mesin yang bandel nampaknya menjadi kendaraan yang cocok Sahabat pilih untuk berpergian di dalam maupun luar kota.




Toyota Camry


Mobil bekas bandel kedua adalah Toyota. Jenis mobil keluaran Toyota ini, merupakan kelas sedan premium yang memiliki fitur-fitur canggih untuk memanjakan pengendara. Terutama dari segi entertainment seperti Audio-Video, Toyota Move, Toyota Navigation System, MiraCast TM & MirrorLink TM Technology & Toyota Audio Controller, serta MP3 musik yang bakal menemani ketika Sahabat mengarungi jalan di mana pun berada.

Sebagai pemain di kelas premium, ternyata Toyota Camry bukan tipe mobil yang mengedepankan sisi cantik dari body-nya saja, keagresifitas mesin juga ditonjolkan. Mobil bekas bandel ini diperkuat mesin in-Line 4 Cylinders, 16- Valve dengan teknologi DOHC VVT-i, membuat Camry dapat melaju dengan maksimal karena kubikasi mesin mencapai 2.000 cc. Kecepatan yang gahar ternyata dibarengi pula dengan daya tahan mesin luar biasa.



Honda CR-V


Mobil bekas bandel selanjutnya adalah Honda CR-V yang masuk dalam keluarga Honda, menjadi generasi kelima dari pabrikan Jepang dalam merilis mobil tipe SUV. Mobil bekas bandel semi-sport ini atau yang dikenal dengan nama jip di Indonesia, bukan merupakan mobil murah nan biasa. Honda coba menyasar pasar kelas menengah dengan merilis Honda CR-V, karakter kelas menengah di Indonesia yang cenderung menyukai mobil berkarakter mesin bandel, nampaknya diamini lewat kemunculan Honda CR-V.

Untuk segi mesin, mobil tipe ini memiliki dua varian, yaitu mesin 2.0 liter standar dipadukan dengan varian mesin turbo yang berkapasitas 1.5 liter, yang memiliki besaran tenaga yang sangat gahar. Jadi tak salah bila tipe ini disebut-sebut memiliki mesin yang bandel, sebab meski sudah mencapai ratusan ribu kilometer tenaganya masih tetap bernyali.



Toyota Corrola


Mobil bekas bandel selanjutnya adalah Altis. Umurnya memang lebih muda dari Honda Accord, tapi untuk soal mesin nampaknya boleh diadu. Toyota Corolla secara perdana keluar di tahun 1996, sampai sekarang pun tetap ada dan berevolusi. Salah satunya lewat Toyota Corrola Altis, yang memang memiliki spesifikasi canggih dibalut kemewahan. Bahkan, hampir serupa tapi sama dengan keluaran sedan Toyota lainya, yakni Camry. Corolla Altis tetap memiliki taji dengan mesin bandel  4 silinder yang berkapasitas 1798 CC. Memang tidak secepat Camry, tetapi interior fitur dan kebandelan mesin masih tetap sama tanpa ada beda.



Nissan March


Mobil Nissan March ini juga dapat kamu andalkan sebagai pilihan mobil bekas bandel dan irit. Dengan dukungan mesin HR15DE kapasitas 1.198 cc, mobil ini dapat mengeluarkan power yang cukup bertenaga. Didukung lagi dengan teknologi CVTC (Continously Variable Valve Timing Control) yang dapat membuat peforma mesin semakin meningkat, bahkan dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri adalah sekitar 21 kilometer untuk penggunaan 1 liter bahan bakar.



Nah Sahabat, yang sudah disebutkan tadi merupakan jenis mobil bekas mesin bandel dan irit. Tidak adil bila kami hanya menjabarkan soal mobil bekas bandel bensin, maka dari itu kami juga akan membahas tentang mobil bekas bandel bermesin diesel.

Mobil bekas bandel dengan konsumsi BBM irit lainnya adalah Diesel


Bicara soal mobil bekas bandel, setiap orang pasti mempunyai kesukaan yang berbeda-beda dalam memilih jenis mobil yang diinginkan. Mobil berbahan bakar bensin memang lebih banyak digemari masyarakat Indonesia, tetapi tahukah Sahabat mobil bekas bandel bermesin diesel mulai kembali diminati menyusul naik turunya harga bensin.

Selain harga solar yang lebih bersahabat, mesin yang tangguh dan irit juga menjadi alasan kenapa mobil-mobil diesel zaman lawas ini tetap eksis. Bahkan, beberapa di antaranya sudah masuk kategori mobil tua bangka. Nah, apa saja mobil bekas bandel diesel yang tetap eksis meski sudah berumur? melansir dari laman IDNtimes, Ini di antaranya:

5 Mobil Bekas Diesel Yang Bisa Jadi Pilihan Kamu

Mobil Bekas Bandel

1. Isuzu Panther

Mobil bekas bandel Diesel pertama adalah Isuzu Panther.  Sudah mengaspal di Indonesia sejak 1991 atau sudah empat generasi, Panther generasi pertama lahir tahun 1991-1996, generasi kedua 1996-2000, generasi ketiga 2000-2005, dan generasi keempat 2005-sekarang. 

Isuzu Panter Hi-Grade menjadi generasi pertama yang hingga hari ini masih berkeliaran di jalanan. Mobil ini memiliki kapasitas ruang bakar 2.238 cc dengan jumlah silinder empat. Tenaga maksimum dari mobil ini adalah 60 dk/4300 rpm. 

Meski semburan tenaganya tak bisa dibilang wow, namun daya tahan dan keiritan mobil ini diakui banyak pihak. Tak keliru jika Isuzu kemudian mengklaim sebagai rajanya diesel dan juga bisa dikategorikan sebagai mobil bekas bandel.

2. Toyota Land Cruiser VX/VXR 80

Mobil bekas bandel selanjutnya adalah Land Cruiser. Analogi semakin tua semakin jadi mungkin cocok bagi Toyota Land Cruiser VX/VXR 80. Sebab, tampilannya yang gagah membuat mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 1995 ini memiliki harga jual hingga Rp350 juta. Harga ini tak surut dimakan waktu, lho! 

Mobil bekas bandel ini dibekali mesin diesel 1HD-T turbo dengan kapasitas 4.2L yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 162 HP pada putaran 3600 rpm. Torsi puncaknya dengan 361 Nm juga bisa dicapai pada putaran mesin 1400 rpm. Harga mobil dengan panjang 4,8 meter ini melambung tinggi karena menjadi incarakan para kolektor mobil lawas karena termasuk masuk mobil bekas bandel. 

3. Kijang Kapsul LGX

Mobil bekas bandel ketiga adalah Kijang 'Diesel' LGX. Mobil ini bisa dibilang sebagai mobil sejuta umat. Dikenal sebagai Kijang Kapsul, mobil ini mulai diminati sejak 1997. Pada waktu itu, mobil ini masih dihargai sekitar Rp70 juta - Rp80 juta. 

Mobil bekas bandel ini dibekali mesin 7K-4 untuk kapasitas 1.800 cc karburator dengan empat silinder segaris OHV dan tipe mesin diesel 2L dengan empat silinder segaris kapasitas 2.400 cc dengan sistem indirect injection. Untuk tipe 2.4 diesel, mobil ini mampu mencapai tenaga maksimal sebesar 86 HP pada putaran 4800 rpm. 

4. Daihatsu Taft

Mobil bekas bandel Daihatsu Taft identik sebagai mobil SUV yang digunakan oleh penjahat di berbagai layar kaca. Tampilannya yang macho dan gagah menjadi alasan di balik mobil bermesin diesel ini diminati oleh banyak pria pada tahun 2000 awal.

Terkait spesifikasinya, mobil bekas bandel ini mampu mencapai tenaga maksimal sebesar 76 HP pada putaran 3600 rpm. Untuk jenis mesinnya dibekali diesel 2,8 liter dengan 4 silinder segaris serta isi silinder 2800 cc. Eits, jangan kira mobil ini harganya jatuh ya. Untuk Daihatsu Taft Rocky 4x4 second produksi 1998 dibandrol dengan harga sekitar Rp110 juta dan mobil ini juga masuk dalam kategori mobil bekas bandel. 

5. Daihatsu Feroza

Mobil bekas bandel yang trakir adalah Feroza. Untuk alternatif mobil JIP atau SUV diesel lainnya, Daihatsu Feroza bisa jadi opsi yang bagus. Mulai dipasarkan pada tahun 1998, mobil yang dibandrol dari harga Rp70 juta pada 1998 ini masih menjadi incaran para kolektor. 

Mobil bekas bandel ini menggendong mesin berkapastitas 1.600 cc dengan 4 silinder segaris. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan mencapai 94 Hp pada putaran 5.700 rpm dengan torsi 127 Nm pada putaran 4800 rpm.

Nah Sahabat, itulah 5 mobil bekas bandel dan irit yang bisa jadi pertimbangan Sahabat saat hendak membeli mobil. Dan jangan lupa untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas, Sahabat bisa menemukan mobil-mobil di atas dengan membuka situs jual beli mobil bekas online di Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Nov 2019 | 15:59 WIB
BAGIKAN