Alasan Kenapa Mobil Dijual
Mobil Bekas Dijual

Ini Biasanya 5 Faktor Kenapa Mobil Bekas Dijual

26 Jan 2019 | 22:59 WIB
BAGIKAN

Saat ini, mobil bekas masih menjadi incaran banyak orang. Salah satu alasannya karena mobil bekas bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dibandingkan mobil baru. Asal cermat memilih, kualitas mobil yang didapatkan tidak akan terlalu mengecewakan. 

Mobil bekas dijual oleh pemiliknya karena berbagai alasan. Bisa dibilang, alasan dijualnya sebuah mobil memiliki kaitan dengan kondisi mobil tersebut. Karena itu, pahami terlebih dahulu beberapa alasan seseorang menjual mobil seperti berikut ini.

Ini Biasanya 5 Faktor Kenapa Mobil Bekas Dijual

Ingin Membeli Mobil dengan Tipe Berbeda

Mobil terdiri atas beberapa tipe, tergantung fungsi dan bentuknya. Ada mobil bertipe SUV, MPV, maupun hatchback. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, SUV unggul dalam hal performa yang sangat prima jika dikendarai ke berbagai medan. 

Sementara itu, MPV bisa diandalkan dalam mengangkut penumpang atau muatan berjumlah banyak.

Karena perbedaan ini, seseorang memiliki alasan untuk menjual mobil miliknya dan kembali membeli mobil baru dengan tipe berbeda. Pada umumnya, mobil-mobil yang dijual tersebut masih dalam kondisi bagus dan prima.

Membutuhkan Dana Tunai

Meskipun produk otomotif bukan merupakan aset yang bisa diandalkan sebagai investasi karena statusnya yang mengalami depersiasi setelah dibeli, jika dijual tentu masih menghasilkan dana tunai. Oleh karena itu, sebagian orang menjual mobil bukan karena berniat membeli mobil baru, tetapi karena kebutuhan ekonomi yang mendesak. 

Mobil bekas dijual karena alasan ekonomi biasanya kualitasnya masih bagus atau tidak jauh berbeda dengan kondisi awalnya. Bukan hanya itu, Sahabat juga bisa mendapatkan harga yang lebih miring karena mobil dijual berdasarkan kebutuhan sang pemilik.

Sudah Tidak Bagus

Nah, Sahabat perlu berhati-hati jika menemukan penjual mobil yang seperti ini. Bukannya menguntungkan, membeli mobil yang kondisinya sudah tidak bagus justru akan merepotkan Sahabat dengan berbagai perawatan. Tentu saja, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk biaya perawatan tersebut.

Salah satu faktor yang menyebabkan kualitas mobil tidak prima lagi adalah karena lama pemakaian. Secara sekilas, hal ini bisa diketahui dari angka di odometer. Jika semakin kecil, kemungkinan untuk mendapatkan mobil yang masih bagus akan semakin besar.

Hal kedua yang membuat mobil tidak berkualitas prima adalah karena pernah terlibat tabrakan atau terendam banjir. Biasanya, mobil-mobil seperti ini sudah tidak nyaman dikendarai, bahkan dapat mengancam keselamatan pengendaranya. Hal-hal seperti ini hanya bisa dideteksi jika diperiksa dengan jeli. Misalnya, dengan melihat karat di bawah jok, melihat lurus tidaknya kerangka mobil, dan sebagainya.

Dibeli oleh Kolektor

Mobil bekas dijual bisa jadi karena tawaran harga yang datang dari orang yang tak disangka-sangka. Ini dimungkinkan karena mobil tersebut memiliki nilai sejarah yang membuat harganya menjadi jauh lebih besar. Bisa juga karena model dan tipe mobil tersebut sudah langka di pasaran. Pada umumnya, mobil-mobil seperti ini cukup terawat dengan baik. hanya saja, harganya cukup tinggi.

Jadi, jika membeli mobil dengan kriteria seperti ini, Sahabat tentu harus menyediakan anggaran yang lebih besar.

Kondisi di Pasar Otomotif

Sahabat Garasi, mobil bekas dijual bisa juga karena keinginan konsumen secara pribadi. Alasannya, untuk menghindari jatuhnya harga mobil karena situasi yang tidak menentu di pasar otomotif. 

Pemilik mobil yang cerdas biasanya mengamati kecenderungan yang terjadi di pasar dan akan memanfaatkan momen-momen tertentu untuk menjual mobil sebelum harganya lebih jatuh. Kenyataannya, jika produksi dan operasional dihentikan, layanan selanjutnya bisa jadi akan mengalami hambatan.

Nah, setelah mengetahui 5 alasan menjual mobil tersebut, tentu Sahabat akan lebih bijak mengambil keputusan dan menentukan strategi pada saat membeli mobil. Salah satu langkah strategis yang bisa Sahabat lakukan misalnya dengan mengunjungi Garasi.id, situs jual beli mobil bekas secara online. Di sini, tersedia aneka mobil bekas berkualitas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kondisi kantong Sahabat. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Jan 2019 | 22:59 WIB
BAGIKAN