Pelajari Komponen Mobil Yang Perlu Perhatian Khusus
Pelajari Komponen Mobil Yang Perlu Perhatian Khusus

Ini Komponen Yang Harus Dirawat Jelang Mudik Lebaran

02 Apr 2022 | 19:37 WIB

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Sahabat Garasi pasti tengah mencari cara menggunakan kendaraan pribadi saat mudik Lebaran. Mudik memang menjadi salah satu tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia. Namun, masyarakat harus memerlukan persiapan ekstra, termasuk perawatan mobil.

 

Perjalanan mudik yang menghabiskan waktu berjam-jam karena jauhnya jarak tempuh maupun kemacetan menimbulkan kelelahan pada pengemudi. Tidak hanya itu, kendaraan juga berpotensi mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dan diperiksa sebelum berangkat ke kampung halaman.

 Ini Komponen Yang Harus Dirawat Jelang Mudik Lebaran

Butuh Banyak Persiapan Menjelang Mudik Lebaran


Ini bagian-bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik Lebaran:

 

1.    Oli mesin

 

Mobil untuk mudik harus selalu menggunakan oli dan dalam kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan harus selalu dikontrol karena fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen. Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena kondisi perjalanan yang tidak terduga.

 

2.    Kelistrikan Dan Air Aki

 

Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum mudik untuk mengetahui besarnya arus yang masuk, atau memeriksa adakah kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama. Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena akan merusak komponen lain di dalam kendaraan jika mengalami kekeringan.


 Ini Komponen Yang Harus Dirawat Jelang Mudik Lebaran

 Cek Kondisi Aki Agar Tetap Optimal


3.    Filter Udara

 

Filter udara harus dibersihkan guna mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar jadi lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin ngadat.

 

4.    Tekanan Angin Tepat

 

Tekanan angin yang tepat dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan, membantu jarak pengereman menjadi lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, serta ikut menghemat bahan bakar.

 

5.    Air Radiator

 

Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin. Kurangnya air radiator akan menyebabkan mesin panas atau overheat apalagi kendaraan dipacu dalam waktu yang lama dan jarak yang jauh selama mudik.

 

6.    Wiper

 

Jangan sepelekan kondisi wiper di kaca kendaraan Kamu karena fitur ini sangat penting untuk membersihkan kaca dari air hujan, kotoran dan debu yang menempel selama perjalanan mudik.

 

7.    Shock Absorber

 

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. Supaya perjalanan mudik Kamu semakin nyaman, ada baiknya dilakukan pengecekan absorber sebelum perjalanan.

 

8.    Minyak Rem Dan Kopling

 

Rem merupakan perangkat paling vital dalam kendaraan, sehingga diperlukan pengawasan ekstra pada kinerja rem, termasuk kondisi minyak rem. Minyak rem yang kotor dan berkurang dapat menurunkan fungsi kerja rem. Selain itu, minyak kopling juga tidak boleh diabaikan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

 

9.    Filter Oli Dan AC

 

Filter oli harus diganti secara berkala karena fungsinya yang penting untuk menyaring kotoran pada oli. Filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor dari luar sebelum didistribusikan ke dalam kabin kendaraan.

 

10. Sistem Penerangan Dan Lampu

 

Cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Lampu utama maupun sein memiliki fungsi yang sangat penting, lebih dari sekadar penerangan melainkan sebagai tanda untuk pengendara lain. Pemudik harus memeriksa sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel, kondisi kabel, serta bohlam, apakah masih layak atau perlu diganti.

 

11. Sistem Pengapian


Sistem pengapian menjadi salah satu komponen penting dalam mobil Kamu, Jika pengapian tak beres maka bisa jadi mobil Kamu bakal menyusahkan selama di perjalanan.

Jika mobil Kamu masih menggunakan karburator, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan karburator dari kerak dan kotoran yang dibawa bensin.

Namun untuk mobil yang menganut sistem injeksi, sebaiknya servis mobil Kamu di bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan hasil maksimal.


12. Kampas Rem


Dari segi pengereman, kampas rem atau brake pad menjadi hal yang wajib dikontrol sebelum melakukan perjalanan panjang seperti mudik lebaran.

Cek kampas rem masih tebal atau tipis, jika sudah tipis maka ganti kampas rem dengan yang baru. Kampas rem yang tipis jika dibiarkan akan membuat daya pengereman mobil berkurang dan hal ini tentu membahayakan Kamu sendiri jika dibiarkan.


13. Ban


Mengecek tekanan angin ban juga jadi hal vital sebelum Kamu mudik lebaran dengan mobil kesayangan. Selain tekanan angin, kondisi ban terutama alur wajib diperiksa. Jika tebal alur ban kurang dari 0,5 cm, sebaiknya Kamu mengganti ban tersebut terlebih dahulu. Ban dengan alur yang sudah tipis lebih berisiko ketika digunakan di jalan berpasir atau aspal basah akibat hujan.


Ini Komponen Yang Harus Dirawat Jelang Mudik Lebaran


Memelihara mesin mobil dan melakukan servis mobil adalah salah satu kewajiban yang bisa kita lakukan agar mesin mobil selalu optimal saat dikendarai. Untuk itu, sebagai komitmen Garasi.id sebagai #SolusiPuas untuk semua kebutuhan mobil anda!. Sahabat bisa mendapatkan berbagai macam servis mobil. Promo #SucikanDiri Servis Mobil Hemat Pasti yang berlangsung hingga 16 Mei 2022 tersebut menawarkan beragam perawatan AC mobil, servis berkala, eksterior dan perawatan ban.

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Apr 2022 | 02:04 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalaperawatanmobil
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family