Mobil Modifikasi
Mobkas Modifikasi Harganya Jatuh

Jangan Asal Modifikasi, Kalau Harga Mobilmu Tidak Mau Anjlok

25 Agt 2019 | 20:00 WIB

Biasanya memodifikasi mobil bertujuan untuk mendongkrak tampilan dan membuat mobil terlihat lebih mewah. Namun, Sahabat Garasi sadar tidak kalau modifikasi mobil bisa menyebabkan harga jual menjadi turun.

Memodifikasinya, apalagi jika perubahan itu bukan karena penggunaan aksesori resmi dari dealer, rentan berpengaruh pada minat pembeli.

Modifikasi : Niat Hati Tampil Keren, Tapi Malah Bikin Harga Anjlok

Baca juga: Ini Enaknya Modifikasi Kaki-kaki dengan Air Suspension

Pandangan ini ditekankan oleh salah seorang pedagang mobil bekas di Kemayoran, Toto, dari Tunas Mandiri Mobilindo.

"Saya enggak mau beli (mobil second yang dimodifikasi). Pengaruhnya ke purnajual. Modifikasi ini hanya untuk beberapa orang yang modif, kebanyakan pangsa pasar adalah mobil yang dalam keadaan orisinal," kata dia.

Jangan Asal Modifikasi, Kalau Harga Mobilmu Tidak Mau Anjlok

Ia menggambarkan perubahan pelek pada Avanza yang juga di sisi lain akan berpengaruh pada performanya.

"Avanza pakai pelek 17 itu ada pengaruh, mobil lebih berat. Konsumsi bahan bakar lebih boros. Kalau style memang lebih keren," tambahnya, seperti dilansir dari Liputan6,com.

Ia pun sedikit memberikan pengalamannya menggunakan Avanza dalam kondisi pelek standar.

"Avanza velg kondisi standar itu top speed saya bisa di 160 km/jam RPM 6.000. Saya ganti dengan pelek 17 inci, paling 120 km/jam," kata dia.

Dia sendiri tidak mengharamkan modifikasi mobil. Namun, itu tidak berlaku dalam urusan jual-beli. Modifikasi sendiri akan menarik jika konsumen membeli dulu dalam kondisi standar untuk kemudian dioprek sendiri.

"Harganya pasti jatuh, kecuali bagi orang yang suka. Rata-rata konsumen yang datang memilih modifikasi sendiri ketimbang saya display sudah saya modifikasi,"pungkasnya.

Jangan Asal Modifikasi, Kalau Harga Mobilmu Tidak Mau Anjlok

Nah Sahabat Garasi yang hobi modifikasi kendaraan kesayangan, sebaiknya simpan part orisinilnya pada saat merubah tampilan kendaraanmu. Biar saat Sahabat mulai bosan dan ingin menjualnya, Sahabat bisa mengembalikanya ke tampilan orisinil dan dijual dengan harga yang tinggi. Dan yang pasti Sahabat harus jual mobilnya di Garasi.id ya. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 02:35 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasmodifikasijatuhmurahjualbelitipstrikjakartabekasidepoktanggerang