Kredit mobil bekas
Kredit mobil bekas

Jangan Bingung Kredit Mobil Bekas! Begini Caranya Agar Kredit Mobil Menguntungkan

05 Feb 2020 | 14:25 WIB

Jika dihitung secara matematis, membeli mobil bekas dengan cara mencicil memang terlihat menyusahkan. Padahal jika mau menghitung dengan cermat, membeli kendaraan dengan sistem ini cukup menguntungkan.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Katakanlah sebuah mobil bekas dibanderol seharga Rp100.000.000. Karena keterbatasan biaya, Sahabat membeli mobil tersebut secara kredit dengan tenor (jangka waktu pembayaran) selama tiga tahun. 

Kenapa harus tiga tahun? Tiga tahun adalah waktu yang paling tepat agar Sahabat tidak perlu berlama-lama mencicil, atau harus mengeluarkan uang yang cukup banyak setiap bulannya karena waktu cicilan terlalu cepat.

Perhitungan kredit mobil bekas dengan tenor 3 tahun (3 bulan) sebagai berikut:

DP (Uang Muka) = Rp100.000.000 x 30% = Rp30.000.000

Utang Pokok  (UP) = Harga Mobil – DP 

        = Rp100.000.000 – Rp30.000.000 = Rp70.000.000

Cicilan per bulan =  (UP x (suku bunga x tenor)) +UP : 36 bulan

      = (Rp70.000.000 x (10% x 3)) + Rp70.000.000 : 36 

      = Rp24.000.000 + Rp70.000.000 : 36 

      = Rp2.611.111

Hasil cicilan per bulan di atas merupakan nominal yang harus Sahabat bayarkan selama 35 bulan. Adapun pada bulan pertama, cicilan biasanya dibayarkan bersama uang muka, biaya administrasi, serta premi asuransi. Misalkan biaya administrasi sekitar Rp10.000.000 dan asuransinya Rp 500.0000, maka total pembayaran pertama adalah, Rp30.000.000 + Rp2.611.111 + Rp10.000.000 + Rp500.000 = Rp 43.111.111.

Jangan Bingung Kredit Mobil Bekas! Begini Caranya Agar Kredit Mobil Menguntungkan

Artinya, hingga jangka waktu kredit mobil bekas berakhir, nominal yang harus Sahabat bayarkan totalnya sekitar Rp134.499.996. Ini berarti, ada selisih sekitar Rp34.000.000 jika dibandingkan dengan harga mobil. Lalu, apakah angka Rp34.000.000 tersebut merupakan kerugian karena Sahabat melakukan kredit mobil bekas?

Tentu saja tidak. Anggap saja 34 juta merupakan kompensasi yang harus dibayar karena mobil bekas bisa Sahabat gunakan meskipun cicilannya belum lunas. Angka Rp34.000.000 tentunya jauh lebih murah dibandingkan biaya transportasi pulang-pergi kerja, antar jemput anak, rekreasi, jalan-jalan, bahkan biaya transportasi saat belanja selama 3 tahun.

Keuntungan melakukan kredit mobil bekas

Biar Ga Buntung, Begini Tips Kredit Mobil Bekas yang Perlu Kamu Ketahui

Jika tak mampu membeli mobil secara tunai dan sudah berkeinginan besar untuk memiliki mobil, kredit mobil bekas menjadi solusi yang praktis. Tentunya kebutuhan yang semakin meningkat akan berbanding lurus dengan aktivitas yang harus kamu lakukan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah moda transportasi yang bisa mengangkut barang dan orang sekaligus. Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memilih melakukan kredit mobil bekas.

Kredit mobil bekas bisa dijadikan perputaran modal

Tidak semua orang membeli mobil hanya untuk dijadikan kendaraan pribadi, ada juga orang yang membeli mobil untuk mendukung kepentingan usaha. Seperti yang Sahabat sering gunakan untuk bepergian ketika sedang enggan membawa mobil sendiri, seperti taksi atau taksi online. Dengan harapan, hasil dari usaha menggunakan mobil dapat menutup kredit yang berjalan. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan yang bekerjasama dengan taksi online sehingga kredit mobil bekas lebih dimudahkan lagi.

Biar Ga Buntung, Begini Tips Kredit Mobil Bekas yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika kamu memilih kredit mobil bekas, tentu tak perlu membayar keseluruhan harga. Cukup dengan memberikan DP, sisanya bisa diangsur. Tetapi tentu yang harus diperhatikan adalah likuiditas pemasukan dari usaha yang dimaksud. Harus tetap dijaga agar pemasukan tidak lebih besar dari pengeluaran.

Keringan dalam pembiayaan ketika memilih kredit mobil bekas

Biar Ga Buntung, Begini Tips Kredit Mobil Bekas yang Perlu Kamu Ketahui

Keuntungan kredit mobil bekas yang kedua adalah dari segi psikologis. Ada kesan bahwa mencicil lebih ringan dibandingkan membayar langsung secara tunai. Pasalnya harga mobil yang berkisar antara puluhan hingga ratusan juta memang bukan jumlah yang kecil untuk sebuah pengeluaran dalam satu waktu sekaligus baik itu mobil bekas atau mobil baru.

Tidak perlu menunggu lama

Biar Ga Buntung, Begini Tips Kredit Mobil Bekas yang Perlu Kamu Ketahui

Salah satu faktor yang jadi alasan terbesar sebagian orang memilih cara kredit mobil bekas adalah tidak perlu lama untuk menunggu mobil menjadi milikmu. Jika membeli mobil baru dengan cara kredit, sudah dipastikan prosesnya cukup panjang. Hal tersebut berbeda ketika kamu memilih kredit mobil bekas. 

arasi.id mempunyai #SolusiPuas yaitu fitur baru Kredit Kilat dari Garasi.id yang bekerjasama dengan salah satu partner pembiayaan besar BCA Finance. Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil bekas. Lebih hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu akan diterima, atau ditolak. 

Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil bekas secara kilat.

Dimana kamu bisa dapatkan fitur Kredit Kilat?

Kamu bisa menemukan fitur kredit kilat ini di listing Mobil Pilihan Garasi.id. Atau kamu bisa menemukannya di halaman depan bagian mobil pilihan.

Bagaimana cara ajukan Kredit Kilat?

Untuk mengajukan Kredit Kilat kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • Masuk ke halaman mobil pilihan
  • Pilih mobil yang ingin kamu ajukan pembayaran
  • Lalu klik logo BCA Finance dengan badge Kredit Kilat
  • Kamu bisa merubah komponen pembiayaan, atau langsung pilih tenor yang kamu inginkan dan klik Ajukan
  • Langkah selanjutnya kamu wajib mengisi formulir online
  • Setelah selesai mengisi, kamu tinggal klik "Verifikasi & Ajukan"
  • Pihak Garasi.id akan mengirimkan kode OTP ke nomer yang di daftarkan di formulir. Sebagai catatan, nomer yang mendapatkan OTP adalah nomer yang kamu cantumkan di formulir bukan nomer yang kamu daftarkan saat registrasi akun Garasi.id ya Sahabat. 
  • Setelah dapat kode OTP, kamu hanya tinggal memasukkan kode tersebut dan klik verifikasi. 

Keunggulan lain fitur Kredit Kilat Garasi.id ialah kamu bisa mengetahui hasil analisa pengajuan kamu bisa didapatkan kurang dari 2 menit.

Bagaimana mengetahui hasil analisa pengajuan Kredit Kilat kamu?

Setelah kamu mengisi semua formulir online dan melakukan verifikasi. Kamu akan melihat halaman Tunggu Proses Pengajuan dan hanya perlu menunggu kurang dari 2 menit untuk bisa tau proses pengajuan kamu.

#SolusiPuas Beli Mobil Bekas Berkualitas Dengan Kredit Kilat

Setelah menunggu kurang dari 2 menit kamu akan mendapatkan hasil. Hasil pengajuan dibagi 3 yaitu :

Pengajuan Kamu Telah Disetujui

Selamat, kamu telah memenuhi syarat Kredit Mobil dari BCA Finance dengan booking fee Rp. 0. Bila sudah mendapatkan halaman scoring "Disetujui" Silakan cek email notifikasi untuk dokumen yang perlu dipersiapkan. 

#SolusiPuas Beli Mobil Bekas Berkualitas Dengan Kredit Kilat

Pengajuan belum berhasil

Bila pengajuanmu ditolak, kamu akan melihat halaman scoring "Ditolak" dengan keterangan sebagai berikut

#SolusiPuas Beli Mobil Bekas Berkualitas Dengan Kredit Kilat

Pengajuan diproses manual

Pada halaman ini kamu akan mendapatkan informasi tentang halaman scoring "Regular" dengan keterangan sebagai berikut

#SolusiPuas Beli Mobil Bekas Berkualitas Dengan Kredit Kilat

Kamu juga bisa melakukan pengecekan hasil pengajuan kamu melalui halaman Akun > Riwayat pengajuan kredit.

Itulah #SolusiPuas untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas secara kredit. Segera temukan mobil idaman kamu di koleksi Mobil Pilihan Garasi.id dan gunakan fitur Kredit Kilat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:24 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek