Garasi.id
Garasi.id Solusi Jual Beli Mobil Bekas

Jangan Menoleransi 3 Hal Ini Jika Beli Mobil Seken Murah

25 Jan 2019 | 18:04 WIB
BAGIKAN

Namanya juga mobil seken murah, kualitasnya tentu tidak bisa dibandingkan dengan mobil baru. Namun, bukan berarti Sahabat boleh abai terhadap kekurangan mobil yang dibeli tersebut. Bukan sekadar mengurangi keindahannya, adanya kekurangan pada mobil bekas dapat membahayakan keselamatan Sahabat sebagai pengguna mobil.

Sebaliknya, ada beberapa kekurangan mobil yang masih bisa ditoleransi. Biasanya, komponen atau bagian ini tidak terlalu urgent untuk diganti. Kondisi ini juga bisa menjadi daya tawar sehingga harga mobil bisa ditekan lebih rendah. Nah, apa saja bagian-bagian yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil bekas?

Kondisi Eksterior Mobil

Jangan Menoleransi 3 Hal Ini Jika Beli Mobil Seken Murah

Eksterior Honda HR-V

Bagi Sahabat Garasi yang membutuhkan mobil karena fungsinya, Sahabat tentu tidak terlalu memusingkan soal tampilan eksterior mobil. Misalnya, cat yang tidak lagi terlihat kinclong. Secara umum, cat tidak berdampak langsung terhadap kenyamanan pengguna mobil. 

Akan tetapi, Sahabat perlu cermat memperhatikan apakah cat tersebut justru menutupi sesuatu yang sebenarnya penting. Misalnya, mobil pernah mengalami tabrakan. Biasanya, mobil-mobil yang pernah terlibat kecelakaan mengalami kerusakan yang cukup parah dan berakibat pada kenyamanan dalam berkendara.

Untuk itu, perhatikanlah cat mobil dengan saksama. Bila terlihat tidak halus atau ada bekas dempul yang tidak sempurna, bisa jadi untuk menutupi retakan atau kerusakan pada mobil. Tanyakanlah kepada penjual mengenai riwayat mobil tersebut sehingga Sahabat bisa mempertimbangkan apakah tetap membelinya serta siap dengan risikonya.

Kondisi Interior Mobil

Jangan Menoleransi 3 Hal Ini Jika Beli Mobil Seken Murah

Interior mobil

Wajar saja jika mobil seken murah tidak lagi dilengkapi dengan berbagai fitur mewah seperti AC atau perangkat audio. Jika ada pun, bisa jadi kualitasnya tidak terlalu bagus. Nah, hal-hal ini masih bisa ditoleransi oleh pembeli mobil bekas karena tidak menyebabkan dampak yang terlalu besar dalam kegiatan berkendara Sahabat.

Di sisi lain, ada tiga hal yang perlu Sahabat perhatikan pada kondisi kabin, yaitu dashboard, kondisi bawah jok mobil, dan odometer. Jika dashboard terlihat pecah, waspadalah. Bisa jadi, mobil tersebut pernah rusak berat karena kecelakaan parah. 

Untuk kondisi di bawah jok mobil, Sahabat perlu mencari apakah ada bekas karat yang masih tersisa. Karat pada bagian ini menandakan mobil pernah terendam banjir. Ini tidak bagus untuk kondisi mesin karena dapat merusak sistem kelistrikan. Dampaknya, mobil akan lebih sering rewel.

Selanjutnya, memperhatikan odometer adalah hal yang wajib Sahabat lakukan ketika membeli mobil seken murah. Jika memang sudah tidak berfungsi, Sahabat dapat melihat buku servis mobil. Biasanya di buku servis tercatat dengan jelas perihal jarak tempuh mobil selama ini.

Kondisi Ban

Jangan Menoleransi 3 Hal Ini Jika Beli Mobil Seken Murah

Kondis ban

Supaya harga mobil bekas tetap tinggi, pihak penjual biasanya melakukan perbaikan pada bodi mobil, termasuk melengkapi beberapa bagian yang dianggap tidak berfungsi lagi. Salah satu di antaranya adalah mengganti ban dengan yang baru.

Akan tetapi, jangan terkecoh dahulu dengan tampilan ban yang tampak kinclong dan baru tersebut. Bisa jadi, ban yang dipasang hanya dipermak sedemikian rupa sehingga terlihat baru. Padahal, fungsi ban sangat penting bagi keamanan berkendara. 

Ban yang semakin tipis membuat daya cengkeramnya pun semakin berkurang. Nah, jika Sahabat masih awam dalam bidang otomotif, tentu hal-hal seperti ini sangat sulit dideteksi. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah mengecek kedalaman alur pada TWI atau tread wear indicator. Biasanya, ada anak panah di dinding ban yang menjadi penandanya.

Teknisnya, kedalaman alur ban adalah maksimal 1,6 mm. Untuk ban baru, kedalamannya adalah sekitar 7-8 mm. Artinya, jika kurang dari 1,6 mm, ban harus segera diganti. Jika tidak, risiko kecelakaan akan membayangi mobil yang Sahabat kendarai. Belum lagi jika kondisi jalan sedang basah, tingkat risiko akan semakin besar.

Setidaknya, 3 hal ini yang harus Sahabat perhatikan ketika membeli mobil seken murah. Agar kualitasnya terjamin, Sahabat dapat mencari berbagai alternatif mobil bekas di Garasi.id, salah satu situs penjualan mobil yang tepercaya saat ini. Selamat memilih.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 25 Jan 2019 | 18:04 WIB
BAGIKAN