Hal Yang Memengaruhi Harga Mobkas
Mobil Bekas

Jual Mobil Merek ‘Populer’ Tetapi Harganya Jatuh? Ini Hal Yang Memengaruhi

26 Jan 2019 | 21:10 WIB
BAGIKAN

Sahabat Garasi mungkin satu di antara sekian orang yang mengidamkan memiliki mobil keluarga seperti halnya, keluaran Toyota. Sayangnya, Sahabat tidak bisa langsung membeli lantaran terkendala bujet yang terbatas. Sementara membeli mobil baru bukan opsi yang baik, mobil bekas lantas menjadi solusi yang bisa dipilih. Namun, bagaimana menaksir harga mobil Toyota bekas yang masuk akal?  

Kisaran harga mobil baru, tentu akan lebih mudah ditebak sebab selalu memiliki perhitungan yang pasti. Berbeda halnya dengan mobil bekas yang kerap kali diikuti risiko pasti jatuhnya nilai jual setelah lima tahun pemakaian.

Jual Mobil Merek ‘Populer’ Tetapi Harganya Jatuh? Ini Hal Yang Memengaruhi

Baca juga: Mau Jual Mobil Bekas, Berapa Si Harga Yang Pantas?

Itu sebabnya, membeli mobil bekas membutuhkan banyak pertimbangan. Pertama, dari segi kualitas (kesehatan) mobil, serta kelengkapan surat. Pertimbangan kedua, yakni soal perhitungan untung-rugi dengan membandingkan seluruh aspek mencakup kondisi, pajak, hingga usia kendaraan. 

Secara umum, rata-rata biaya yang dikeluarkan selama lima tahun menyumbang 40 persen nilai penyusutan dari kendaraan. Rinciannya, biaya rutin yang pasti dikeluarkan untuk beli BBM sebesar 25 persen, asuransi sepuluh persen, serta biaya perawatan atau perbaikan berikut pajak kendaraan sebanyak lima persen.

Secara matematis, Sahabat dapat menaksir harga mobil bekas dengan menghitung menggunakan variabel lengkapnya sebagai berikut:

  • Saat keluar dari show room harga mobil turun sepuluh persen atau senilai BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor)
  • Harga tidak jatuh apabila indent mobil barunya panjang dan lama. Sayangnya, kondisi ini tidak lagi relevan di pasar.  
  • Setelah usia pemakaian satu tahun, harga mobil akan mengalami penurunan sebanyak sepuluh persen, sementara berikutnya adalah sekitar lima persen per tahun.  
  • Khusus untuk mobil yang diimpor dari Eropa, harganya cenderung turun drastis, sekitar 40% hingga 50%. Pada mobil pabrikan Jepang, penurunan cenderung lebih kecil, yakni berkisar antara 23% hingga 30%. 

Perhitungan ini berdasarkan depresiasi, biaya bahan bakar, asuransi, serta beberapa variabel lainnya. Adapun beragam aspek yang mampu memengaruhi harga jual yakni harga baru yang berubah atau naik serta kemungkinan diskon dari pihak penjual. 

Pemberian diskon juga berdampak pada nilai jual, terlebih ketika mobil tersebut berstatus "bekas". Bagaimana pun, mereka yang membeli untuk kali pertama, akan mengalami kerugian ketika mobil yang sama justru mendapatkan diskon di kemudian hari. Inilah yang mengakibatkan, mengapa harga mobil tersebut turun saat dijual kembali.

Kendati demikian, dalam menentukan nilai tawar mobil bekas, hal yang perlu diperhatikan betul-betul ialah kondisi mobil dan minat konsumen. Misalnya, bagaimana mobil mendapatkan perawatan selama dimiliki sang pemilik, atau tren mobil favorit konsumen di pasar mobil bekas?

Sebelum menyetujui harga yang ditawarkan penjual, selain menggunakan variabel hitungan di atas, berikut adalah beberapa hal yang harus Sahabat pertimbangkan.

Merek dan Tipe

Jual Mobil Merek ‘Populer’ Tetapi Harganya Jatuh? Ini Hal Yang Memengaruhi

Type SUV

Di Indonesia, kecenderungan masyarakat akan merek dan tipe kendaraan secara tidak langsung memengaruhi harga jual. Sekadar info, merek kendaraan Asia, khususnya Jepang, biasanya memiliki harga jual kembali yang cukup stabil di pasaran ketimbang dari Eropa.

Tahun Produksi

Jual Mobil Merek ‘Populer’ Tetapi Harganya Jatuh? Ini Hal Yang Memengaruhi

Toyota Yaris 2016

Semakin muda usia mobil yang akan dijual, semakin tinggi pula harga yang akan ditawarkan.  

Kondisi Kendaraan dan Ketersediaan Spare Part

Jual Mobil Merek ‘Populer’ Tetapi Harganya Jatuh? Ini Hal Yang Memengaruhi

Kondisi kendaraan

Pemilik yang telaten merawat mobil tentu tidak segan mematok harga jual tinggi. Hal ini diperlukan, agar Sahabat sebagai pembeli tidak merasa rugi. Selain kondisi, ketersediaan spare part dapat Sahabat jadikan variabel menawar harga mobil. Semakin mudah spare part ditemukan, semakin mudah perawatan mobil Sahabat.

Kelengkapan Surat-surat dan Pajak

Jual Mobil Merek ‘Populer’ Tetapi Harganya Jatuh? Ini Hal Yang Memengaruhi

Surat- surat

Membeli mobil tanpa kelengkapan surat jalan, berisiko dianggap mobil curian. Jika lengkap, perhatikan umur pajak dan nomor polisi pada STNK. Hal ini karena pertimbangan biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengurus perpanjangan nomor mobil dan pajak.

Nah! Dengan mempertimbangkan poin-poin di atas, Sahabat dapat menaksir harga mobil Toyota bekas yang Sahabat inginkan. Jika ingin berburu mobil bekas, jangan lupa untuk mengunjungi Garasi.id, pusat jual beli mobil bekas online yang lengkap dan tepercaya.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Jan 2019 | 21:12 WIB
BAGIKAN