Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Kamu Berjiwa Muda, Butuh Tunggangan Lincah dan Bertenaga? Pilih Ini

13 Nov 2018 | 14:16 WIB

Saat ini harga mobil Honda bekas terhitung cukup stabil di pasaran. Mobil-mobil Honda memang jarang mengalami penurunan secara tajam, apalagi untuk lini sedan legendaris mereka, Honda Civic. Sedan ini diproduksi sejak tahun 1972 sampai saat ini. Tak hanya mobil barunya yang masih laku, Honda Civic di pasaran mobil bekas pun masih banyak dicari, termasuk oleh anak muda.

Memang tidak sedikit orang yang mengira sedan lebih cocok untuk orang tua. Kenyataannya tidak demikian lho, Sahabat Garasi. Sedan seperti Honda Civic, khususnya seri FD, sangat cocok dipakai oleh anak muda. Tak percaya? Yuk, berkenalan lebih dekat dengan Honda Civic FD ini.

Kamu Berjiwa Muda, Butuh Tunggangan Lincah dan Bertenaga? Pilih Ini

Eksterior Honda Civic FD

Jika ingin tahu apakah mobil tersebut cocok untuk kaum muda atau tidak, cobalah untuk melihat tampilan eksteriornya. Honda Civic FD yang dipasarkan di Indonesia pada tahun 2006-2011 memiliki penampilan yang menawan dan sangat ‘anak muda’. Bodi mobil yang terlihat ramping memiliki desain aerodinamis. Ada kesan kalau desainnya terinspirasi dari film-film sci-fi, terutama pada bagian bumper depan yang didesain untuk mengurangi turbulensi udara yang mengenai dapur pacu.

Interior Honda Civic FD

Kamu Berjiwa Muda, Butuh Tunggangan Lincah dan Bertenaga? Pilih Ini

Bagian kabin Honda Civic FD pun cocok untuk anak muda karena tampak futuristik. Generasi kedelapan Honda Civic ini memiliki beberapa tempat penyimpanan di dalam kabin. Tachometer untuk mengukur kecepatan rotasi dibuat bertingkat dengan speedometer digital, keduanya tidak memantulkan sinar matahari sehingga mudah dilihat.

Honda Civic FD memiliki dua varian, yaitu FD1 dan FD2. Keduanya sama-sama menggunakan roda setir berkualitas tinggi yang nyaman dipakai. Pengalaman mengemudi sedan ini pun terasa lebih menyenangkan. Selain itu, untuk versi facelift 2009 dan setelahnya, terdapat paddle shift, fitur yang diadaptasi dari mobil balap. Fitur ini membuat sedan bertransmisi otomatis terasa seperti manual untuk menghindari mobil terasa seperti kurang tenaga.

Honda Civic FD2 memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh varian FD1, yaitu VSA (vehicle stability assist) dan jok kulit. VSA merupakan fitur untuk menstabilkan mobil ketika terjadi manuver, termasuk ketika banting setir tiba-tiba. Dengan adanya dua hal ini, harga mobil Honda bekas satu ini sedikit lebih mahal daripada saudaranya.

Baca Juga : Berminat 'Meminang' Sedan Eropa Bekas Harga Rp 150 Jutaan

Performa Honda Civic FD

Bukan hanya VSA dan jok kulit yang membuat Honda Civic FD2 lebih mahal, melainkan juga kapasitas mesinnya yang berbeda, yaitu 1.800 cc untuk varian FD1 dan 2.000 cc untuk FD2. 

Dengan kapasitas mesin berbeda, tenaga dan torsi yang dihasilkan kedua varian mobil ini berbeda. FD1 menghasilkan tenaga maksimal 140 HP pada 6.300 rpm, sedangkan FD2 menghasilkan tenaga sebesar 155 HP pada 6.000 rpm. Torsi varian FD2 pun lebih besar, yaitu 192 Nm pada 4.200 rpm, dibandingkan FD1 dengan torsi 177 Nm pada jumlah rotasi per menit yang sama.

Baik FD1 ataupun FD2 memiliki suspensi yang relatif keras sehingga kurang cocok untuk digunakan pada medan sulit dan jalan rusak. Namun, hal ini tidak mengecewakan karena mobil sedan secara umum memang lebih cocok dipakai di perkotaan. 

Sahabat bisa menggunakannya untuk pergi ke kampus atau berangkat ke kantor karena Honda Civic FD nyaman dikendarai dan stabil dalam kecepatan tinggi. Ditambah dengan desain eksterior yang memperhatikan aspek aerodinamika, sedan ini pun semakin lincah di jalanan.

Menariknya, meskipun lincah dan bertenaga, Honda Civic FD termasuk hemat bahan bakar, yaitu sekitar 7-10 km per liter di dalam kota dan bisa mencapai 13 km per liter di luar kota. Sedan ini memang dibekali dengan teknologi i-VTEC. Teknologi ini membuat katup di dalam mesin hanya terbuka seperlunya saja sehingga tidak ada tenaga yang terbuang sia-sia. Akibatnya, mesin bekerja dengan efektif dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Ternyata, jelas sekali kalau Honda Civic FD memiliki keunggulan yang banyak dicari kaum muda, yaitu desain yang menawan, lincah, bertenaga, dan hemat. Tertarik untuk ‘meminang’ mobil ini?

Sahabat bisa mencarinya secara online, misalnya melalui Garasi.id. Perkiraan harga mobil Honda bekas satu ini adalah Rp160-an juta (FD1) dan Rp170-180-an juta (FD2) untuk tahun produksi 2008. Semoga segera ‘berjodoh’ dengan sedan satu ini ya, Sahabat Garasi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 11:23 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek