Banyak keuntungan yang akan kamu dapat ketika membeli mobil secara kredit di Garasi.id
Banyak keuntungan yang akan kamu dapat ketika membeli mobil secara kredit di Garasi.id

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

31 Agt 2019 | 11:01 WIB
BAGIKAN

Memiliki sebuah mobil idaman tentu jadi dambaan banyak orang. Sebagai aset mahal, memiliki sebuah mobil merupakan kemewahan sehingga butuh perjuangan keras untuk membelinya. Namun belakangan, membaiknya kondisi perekonomian membuat pertumbuhan pemilik mobil di Indonesia juga semakin meningkat.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Salah satu faktor pendorong pesatnya pertumbuhan kendaraan yang beredar di jalan adalah kemudahan membeli kendaraan secara kredit. Hadirnya perusahaan pembiayaan (leasing) memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan jumlah pemilik kendaraan roda empat tersebut.

Sejak jaman dahulu, sudah diketahui bahwa membeli apa saja sebaiknya adalah dengan cara tunai. Ini sudah menjadi prinsip dasar ekonomi yang akan membebaskan diri seseorang dari utang yang bisa menjadi beban baik secara moril, terlebih materil.  

Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Jika tak mampu membeli mobil secara tunai dan sudah berkeinginan besar untuk memiliki mobil, ambil kredit mobil bisa jadi solusi praktis. Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memilih untuk membeli mobil secara kredit:

Bisa dijadikan bahan perputaran modal

Tidak semua orang membeli mobil hanya untuk dijadikan kendaraan pribadi, ada juga orang yang membeli mobil untuk mendukung kepentingan usaha. Seperti yang Sahabat sering gunakan untuk bepergian ketika sedang enggan membawa mobil sendiri, seperti taksi atau taksi online. Dengan harapan, hasil dari usaha menggunakan mobil dapat menutup kredit yang berjalan.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Dengan membeli kredit, tentu tak perlu membayar keseluruhan harga. Cukup dengan memberikan DP, sisanya bisa diangsur. Tetapi tentu yang harus diperhatikan adalah likuiditas pemasukan dari usaha yang dimaksud. Harus tetap dijaga agar pemasukan tidak lebih besar dari pengeluaran, ini tentu bertujuan agar tunggakan dan angsuran tak membesar dan mengakibatkan mobil kembali ditarik oleh pihak leasing yang bisa jadi sumber kerugian.

Keringan dalam pembiayaan

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Keuntungan membeli secara kredit yang kedua adalah dari segi psikologis. Ada kesan bahwa mencicil lebih ringan dibandingkan membayar langsung secara tunai. Pasalnya harga mobil yang berkisar antara puluhan hingga ratusan juta memang bukan jumlah yang kecil untuk sebuah pengeluaran dalam satu waktu sekaligus baik itu mobil bekas atau mobil baru.

Tidak perlu menunggu lama

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Salah satu faktor yang jadi alasan terbesar sebagian orang membeli mobil secara kredit. Dengan kredit tentu yang harus dipikirkan adalah besaran DP dan angsuran per bulan yang jadi tunggakan untuk dibayarkan. Bagi sebagian orang, keinginan untuk segera memiliki sebuah mobil bisa jadi berubah jadi kebutuhan. Lewat leasing atau kredit cukup dengan membayar DP dan melengkapi persyaratan saja, sebuah mobil bisa langsung dikendarai.

Kerugian Membeli Mobil Secara Kredit 

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Ada keuntungan tentu ada kerugian. Meski berbagai kelebihan di atas bisa jadi pertimbangan untuk mendorong membeli mobil dengan jalan kredit, namun beberapa kelemahan pembelian secara kredit berikut ini juga perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa kerugian yang akan ditanggung ketika membeli mobil secara kredit:

Menambah beban keuangan

Membeli apapun dengan cara kredit, termasuk mobil sekalipun tentu menghadirkan beban  tersendiri. Sebab meski mobil idaman sudah dimiliki, tapi ini belum sepenuhnya menjadi milik pribadi. Masih ada proses sebelum mobil lunas dan benar-benar menjadi milik pribadi, tentu lewat pembayaran perbulan yang harus dilunasi dalam tempo sekian waktu.

Secara tidak langsung menambah hutang

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, keuangan yang sehat adalah bebas dari hutang.  Dengan memilih untuk mencicil mobil, sebenarnya Sahabat sama saja dengan menambah beban hutang yang muncul dari setiap angsuran pembayaran mobil tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Setiap keuntungan dan kerugian seperti uraian di atas bisa jadi pertimbangan Sahabat sebelum memutuskan membeli kendaraan secara kredit. Bila memang kemampuan keuangan kamu mendukung untuk membeli mobil dengan cara tunai maka beberapa keuntungan berikut ini bisa Sahabat dapatkan seperti, terhindar dari beban untuk membayar cicilan, mobil bisa dijual kembali jika membutuhkan uang yang cepat, tidak perlu memikirkan bunga yang tinggi dan hal yang lainnya. 

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Namun, ketika Sahabat memang sangat membutuhkan mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari atau keluarga, tidak ada salahnya untuk membeli mobil secara kredit. Dengan syarat mobil yang dibeli disesuaikan dengan kemampuan. Ada baiknya membuat perhitungan secara matang seluruh biaya yang harus dibayarkan agar jangan sampai jadi beban keuangan yang berlebihan.

Sudah banyak marketplace otomotif yang menyediakan simulasi pembiayaan yang menggiurkan seperti DP ringan, segudang promo-promo yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli mobil dengan cara kredit dan yang lainnya. Tapi kamu harus perhatikan dulu, apakah marketplace itu sudah memiliki nama atau belum. Lebih baik Sahabat melakukan observasi terlebih dahulu apa saja yang ada di dalam marketplace jual beli mobil bekas, supaya nantinya tidak menyesal.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Mobil Bekas Secara Kredit

Marketplace jual beli mobil bekas yang baik memiliki kriteria seperti kelengkapan mobil yang dijual, produk-produk yang dijual, pelayanan yang ramah dan responsif ketika kamu bertanya, jasa dan perawatan apa saja yang ada di dalamnya, dan rekanan penyedia layanan pembiayaan seperti di Garasi.id.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 31 Agt 2019 | 11:01 WIB
BAGIKAN