Koleksi mobil ganjil genap Garasi.id
Koleksi mobil ganjil genap Garasi.id

Koleksi Mobil Ganjil Genap Murah dan Berkualitas

19 Sep 2019 | 17:31 WIB
BAGIKAN

Persoalan kemacetan di kota besar seperti DKI Jakarta seakan tidak pernah menemui solusi. Berbagai strategi sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan, salah satunya adalah sistem ganjil genap.

Pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap resmi berlaku di Jakarta pada 30 Agustus 2016 menggantikan 3 in 1 dan diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebenarnya apa alasan pemerintah menerapkan kebijakan ganjil genap? Berikut uraiannya.

Mengurangi volume kendaraan di jalan yang menjadi faktor utama kemacetan

Volume kendaraan yang melintas setiap hari membuat lalu lintas menjadi padat, khususnya di kawasan yang menerapkan sistem ganjil genap.  Apalagi saat jam-jam sibuk ketika berangkat dan pulang kantor.

Koleksi Mobil Ganjil Genap Murah dan Berkualitas

Volume kendaraan yang membludak tersebut tidak sanggup ditampung oleh luas jalan Jakarta, sehingga menimbulkan kemacetan panjang yang harus ditempuh dengan waktu yang lama. Oleh karena itu, sistem ganjil genap diharapkan dapat berfungsi dengan baik sehingga volume kendaraan yang beredar di jalan dapat berkurang dan waktu tempuh akan semakin susut.

Mengurai kendaraan dan mengarahkannya melewati jalan lain

Sistem ganjil genap juga bertujuan untuk mengurai kendaraan dan mengarahkannya melewati jalan alternatif lain agar tidak hanya terjadi kepadatan di titik-titik tertentu saja, seperti di daerah Sudirman, Thamrin dan jalan protokol lainnya.

Koleksi Mobil Ganjil Genap Murah dan Berkualitas

Mencapai kecepatan minimum di jalan tol

Koleksi Mobil Ganjil Genap Murah dan Berkualitas

Volume kendaraan yang terlalu banyak juga menyebabkan lalu lintas di jalan tol terhambat sehingga membuat laju kendaraan hanya sekitar 20 – 25 kilometer per jam. Sedangkan, fungsi utama jalan bebas hambatan tersebut adalah membuat kendaraan dapat melaju di kecepatan 60 kilometer per jam. Belum lagi ada pengerjaan pembangunan yang tidak kunjung usai di ruas kiri kanan dan tengah jalan tol membuat kemacetan semakin buruk.

Memicu masyarakat menggunakan angkutan umum

Budaya menggunakan angkutan umum sedang gencar diterapkan oleh pemerintah agar dapat mengurangi kemacetan yang terjadi setiap harinya. Hal tersebut juga menjadi alasan diterapkannya ganjil genap di Jakarta. Namun, sarana dan prasarana yang belum memadai membuat orang tetap membawa kendaraan pribadinya karena dinilai lebih aman dan nyaman.

Koleksi Mobil Ganjil Genap Murah dan Berkualitas

Perluasan kebijakan Ganjil-Genap di ibukota menjadikan para pengendara perlu mempersiapkan kendaraan yang digunakan agar tidak melanggar aturan. Oleh karena itu, di Garasi.id tersediah nih koleksi mobil-mobil berkualitas baik itu plat ganjil ataupun plat genap biar kamu tidak was-was dan bebas keliling ibukota Jakarta.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Sep 2019 | 17:31 WIB
BAGIKAN