tampilan SIM
SIM

Korlantas Akan Ubah Tampilam SIM

29 Sep 2017 | 14:58 WIB
Sempat adanya kasus pemalsuan SIM beberapa waktu lalu, membuat pihak Kepolisian lebih ketat lagi dalam pelayanan pembuatan SIM. Demi meningkatkan keamanan, Korlantas Polri dalam waktu dekat akan mengubah tampilan surat izin mengemudi (SIM). Bahkan, perubahan sistem input data juga dibedakan. Dijelaskan Staff ahli Konsultan IT Korlantas Polri Nanang Risma, SIM sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sehingga sulit dimanipulasi oleh pelaku kejahatan.

Korlantas Akan Ubah Tampilam SIM

"Desain SIM baru nantinya data utama pada SIM dipindah melalui chip dan bisa dibuka melalui ponsel melalui aplikasi khusus," kata Nanang seperti dilansir laman NTMC Polri, Kamis (28/9/2017).

Perubahan itu nantinya diketahui akan dibarengi dengan pembuatan aplikasi "IVENTORY" kartu SIM. Aplikasi itu ditempatkan pada tingkat pusat dan tiap Polda agar memudahkan dan mengetahui perhitungan persediaan material SIM secara cepat guna mengantisipasi dari kehabisan meterial.

"Kita berencana ingin membuat aplikasi Inventory yang saling terintegrasi dengan Polda dan Juga Korlantas. Hal ini dilakukan guna meningkatkan keamanan serta pelayanan kepada masyarakat," ujar dia.
Seperti yang diketahui, Polisi menangkap 3 orang pelaku yang diduga terlibat pemalsuan jutaan SIM di Medan, Sumatera Utara. Satu orang yang diamankan diketahui oknum polisi. Penggerebekan pabrik Surat Izin Mengemudi (SIM) palsu yang dilakukan petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut membuat banyak pihak kaget.


Foto : Internet

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:29 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

simkorlantaspoldabaruaman