Land Rover
Defender V8

Land Rover Luncurkan Defender Bermesin V8

30 Jan 2018 | 10:04 WIB

Di saat sedang dalam pengembangan Land Rover Defender generasi terbaru, ternyata adrenalin Defender lawas masih mengalir deras. Melalui Land Rover Classic, divisi yang khusus merestorasi model-model klasik, Land Rover mempersembahkan Defender yang dibekali mesin V8.

Land Rover Luncurkan Defender Bermesin V8

Dinamai Defender Works V8, dibuat dalam rangka perayaan 70 tahun brand Land Rover. Bukan pertama kalinya Landy menjejalkan mesin besar ke dalam kap mesin Defender. Pertama kali ada pada 1979 di Defender Series III Stage 1. Lalu di 1983, 1992 dan terakhir 1998 untuk edisi 50 tahun. Defender Works V8 dijual secara terbatas hanya 150 unit. Tersedia khusus untuk pasar Inggris Raya dan belahan Eropa lain melalui importir.

Tim Hannig, Jaguar Land Rover Classic Director mengatakan, "Ide memperkenalkan kembali Defender V8 sudah didiskusikan sejak 2014, ketika kami masih memproduksi Defender di Solihull. Kami tahu ada permintaan untuk Defender kencang dan berperforma tinggi; keotentikan Land Rover merupakan sentuhan akhir bagi pembeli Defender edisi kolektor ini."

Defender Works V8 merupakan versi terkencang yang pernah dibuat. Mesin bensin V8-nya naturally aspirated berkapasitas 5,0-liter dengan tenaga sebesar 405 PS dan torsi 515 Nm. Jauh dari kondisi standar Defender yang cuma 122 PS dan 360 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim secepat 5,6 detik, sementara kecepatan puncak dibatasi 170 km/jam.

Mesin yang dirakit ulang oleh Land Rover Classic ini, dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-speed buatan ZF. Dilengkapi mode Sport untuk sensasi sport lebih kental, begitu pula dengan peningkatan pada pengereman dan pengendalian. Per, shock absorber dan anti-roll bar khusus disematkan untuk menambah kegesitan kala menikung, plus ban all-terrain 265/65 dengan pelek 18-inci.

Delapan warna bodi dapat dipilih pembeli, dikombinasi dengan atap, wheel arch dan grille berwarna Santorini Black. Sistem pencahayaan di upgrade dengan lampu LED. Kemewahan interior tidak dilupakan. Lapisan kulit Windsor hampir membalut seluruh kabin mulai dari dasbor, panel pintu, plafon dan jok sport Recaro.

Tersedia dalam pilihan chassis 90 dan 110, Defender Works V8 bisa dipesan langsung melalui Land Rover Classic. Harga ditawarkan untuk pasar Inggris sebesar 150.000 (Rp 2,7 miliar). Cukup mahal, tapi memiliki nilai koleksi yang juga tinggi. Terlebih diproduksi oleh tangan ahli perestorasi Land Rover sendiri.

Sumber : Newspress

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekaslawasdefenderV870thultahHUT