Spion Mobil
Spoin Elektrik

Lupa Pencet Tombol Spion Elektrik, Ini Akibatnya

09 Jul 2018 | 16:53 WIB

Tidak semua mobil yang sudah dibekali kaca spion lipat elektrik otomatis atau retractable mirror. Untuk pengoperasian spion elektrik tinggal menekan tombol lock pada kunci saat mobil parkir, nantinya spion secara otomatis terlipat.

Namun, ada juga yang cara melipatnya butuh menekan tombol dari dalam kabin, dan biasanya, pemilik mobil lupa. Terkadang, petugas parkir tidak tahu jika mobil tersebut sudah memiliki fitur lipat elektrik, sehingga petugas parkir melipat spion dengan manual.

Lupa Pencet Tombol Spion Elektrik, Ini Akibatnya

"Cara seperti itulah yang dapat merusak spion elektrik. Kalau ada 'paksaan' ketika melipatnya maka berpotensi merusak gear di dalam spion," kata Technical Service Executive Coordianator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi melansir dari lama VIVA, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, retractable mirror sebaiknya saat parkir terlipat dahulu agar tidak dilipat manual oleh petugas parkir. Ia mengatakan, kalau di Daihatsu, tidak ada informasi bahwa pengguna mengalami kerusakan di spion elektrik.

Baca Juga : Rajin Atur Spion untuk Hilangkan Blindspot

Sementara itu, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi menambahkan, jarang terjadi kerusakan pada spion lipat elektrik karena cukup kuat untuk sistem mekanisnya. "Enggak masalah karena ada mekanisme manual. Tapi jangan keseringan juga dilipat manualnya," ungkap dia, mengingatkan.

Nah Sahabat, mulai sekarang jangan lupa untuk menekan tombol spion ya saat parkir ditempat umum kalau gear spion elektrikmu tidak mau rusak.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsspionelektrikgearotomotifgarasiidparkir