Garasi.id
Garasi.id jadi solusi jual beli mobil bekas

Faktor Yang Bikin Mobil Seken Masih Digemari

12 Nov 2019 | 13:41 WIB
BAGIKAN

Salah satu kebutuhan masyarakat modern adalah sarana transportasi yang memadai. Dengan alasan kepraktisan, kendaraan pribadi biasanya lebih dipilih dibandingkan transportasi publik. Padahal, jika dilihat dari perbandingan harga mobil dengan pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia, tidak semua orang sebenarnya mampu membeli mobil. Akan tetapi, karena alasan kebutuhan, mobil pun tetap dibeli. Nah, untuk menyiasatinya, sebagian orang biasanya memilih untuk membeli mobil seken. Apa saja alasan lain yang mendorong seseorang membeli mobil seken?


Faktor Yang Bikin Mobil Seken Masih Digemari

1. Lebih Praktis

Tak bisa disangkal, salah satu keuntungan memiliki mobil seken adalah praktis digunakan dalam setiap kondisi, baik saat hujan maupun panas terik, baik dalam perjalanan jauh maupun dekat. Meskipun sebenarnya faktor ini relatif, setidaknya dengan mengendarai mobil, Sahabat bisa sedikit lebih santai dan nyaman. Bandingkan jika menggunakan kendaraan roda dua. Di tengah cuaca yang tidak mendukung, Sahabat pun harus berkutat dengan kemacetan. Belum lagi jika harus membawa muatan yang cukup banyak. Dalam kondisi ini, mobil tentu merupakan pilihan transportasi yang lebih masuk akal.

Begitu pula jika Sahabat membandingkan kendaraan ini dengan transportasi publik seperti bus. Pada umumnya, bus telah memiliki jurusan tersendiri sehingga Sahabat harus menyesuaikan diri dengan hal itu. Bagaimana jika ingin pindah jurusan? Sahabat pun harus pindah ke transportasi atau jalur bus lainnya. Cukup repot, bukan?

2. Mengangkut Lebih Banyak

Keluarga muda yang memiliki bayi atau anak lebih dari satu, tentu akan mempertimbangkan untuk membeli mobil meskipun hanya mobil seken. Alasannya, situasi di jalanan sangat tidak kondusif bagi anak-anak karena banyak debu dan asap kendaraan bermotor. Karena daya tahan anak masih rentan, hal-hal ini bisa menjadi sumber penyakit. Alasan lainnya adalah menggunakan mobil bisa lebih fleksibel dalam hal muatan. Bukan hal yang aneh jika sebuah keluarga harus membawa beban yang cukup banyak ketika hendak bepergian. Jika hanya menggunakan kendaraan roda dua, niscaya akan menyulitkan, bahkan membahayakan. 

Jadi, meskipun mahal, membeli mobil seken akhirnya dipilih sebagai langkah strategis bagi keluarga muda. Apabila dana tunai tidak tersedia, solusi yang diambil biasanya adalah membeli mobil seken kredit.

3. Harga Lebih Murah

Tentu saja, perkara biaya merupakan alasan yang lazim mendorong seseorang membeli mobil seken. Biasanya, produk otomotif memang harganya akan mengalami depresiasi setelah beberapa lama dibeli. Hal ini berbeda dengan jenis aset lain, seperti properti atau emas yang nilainya semakin tinggi.

Bagi Sahabat Garasi yang membutuhkan kendaraan roda empat, tetapi memiliki anggaran terbatas, mobil seken berkualitas adalah solusinya. Meskipun demikian, soal harga tentu relatif dan bergantung pada merek serta tipe mobil yang dibeli. Jika Sahabat membeli mobil seken dari segmen SUV yang cukup mewah, harganya juga sebenarnya tidak terlalu murah. Kamu juga bisa baca Mobil MPV Bekas Cuma 2 Jutaan, Mau?.

4. Banyak Pasokan

Saat ini, membeli mobil seken sangat mudah. Bukan hanya di dealer atau bursa mobil, Sahabat juga dapat menemukan kendaraan idaman Sahabat melalui situs jual beli mobil bekas online, yaitu di Garasi.id. Hanya berbekal smartphone, Sahabat pun bisa menemukannya dalam sekejap.

Nah, demikian 4 alasan kuat untuk membeli mobil seken. Apakah Sahabat sudah menentukan pilihan jenis mobil yang akan dibeli? Untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas Sahabat perlu menyimak ini : 

5 Tips Simpel Memilih Mobil Seken Berkualitas

Membeli mobil seken tidak boleh sembarangan. Jika salah memilih, bukannya dapat untung, malah rugi. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon pembeli untuk meningkatkan wawasan tentang mobil sebelum memutuskan untuk memboyong kendaraan roda empat ini. Setidaknya, dengan cara ini, Sahabat bisa mendapatkan mobil yang kualitasnya tidak kalah jauh dari produk baru.

Faktor Yang Bikin Mobil Seken Masih Digemari

Nah, jika Sahabat termasuk masih pemula di bidang otomotif, ada 5 tips sederhana yang bisa diterapkan ketika memilih mobil seken.

Cari Mobil di Tempat Penjualan yang Tepercaya

Langkah pertama yang perlu Sahabat lakukan adalah mencari mobil seken di lokasi penjualan yang dikenal memiliki reputasi bagus. Misalnya, di Garasi.id, tempat jual beli mobil bekas terbaik yang dilakukan secara online. Alternatif lain, carilah mobil seken yang dijual oleh kenalan sehingga Sahabat sedikit banyak mengetahui rekam jejak pemakaian mobil tersebut.

Faktor Yang Bikin Mobil Seken Masih Digemari

Kedua cara ini akan menghindarkan Sahabat dari tipuan harga yang fantastis padahal mobil yang ditawarkan sebenarnya bobrok. Supaya semakin yakin, pakailah jurus jujur dan minta penjual untuk memberitahukan apa saja kelemahan mobil tersebut. Dengan demikian, penjual dan pembeli dapat mencapai kesepakatan harga yang terbaik.

Cek Rekam Jejak Servis

Apabila Sahabat tidak terlalu paham soal urusan teknis mobil, cobalah meminta data berupa buku servis mobil tersebut. Buku ini bisa menjadi bukti bahwa mobil seken tersebut memang telah menjalani perawatan yang baik sehingga kualitasnya dijamin masih tetap terjaga. Jika tidak ada, Sahabat sebaiknya berpikir ulang untuk membelinya karena risikonya cukup besar.

Informasi ini juga akan membuktikan apakah odometer (alat penunjuk jarak tempuh kendaraan) tetap dalam kondisi yang sebenarnya dan belum diputar. Bukan hanya itu, pada buku servis ini, semua hal terkait teknis kendaraan juga bisa dilacak.

Lihat Strukturnya

Tips penting selanjutnya adalah hindari membeli mobil seken yang telah mengalami kecelakaan atau banjir karena sangat menurunkan kualitas mobil. Untuk mengetahui kelemahan ini memang harus disertai dengan ketelitian dan tidak bisa dinilai secara sekilas.

Caranya adalah dengan melihat struktur mobil. Misalnya, mobil sudah tidak presisi sehingga bisa miring ke kiri atau ke kanan. Kondisi ini sangat berbahaya seandainya kendaraan tersebut dipacu dengan kencang.

Nah, untuk menghindari risiko keselamatan dan agar Sahabat dapat mengemudi dengan nyaman, perhatikan rangka dan perangkat vital lainnya dengan saksama. Jika terdapat jejak perbaikan, sebaiknya Sahabat waspada. Bagaimana pun, mobil seken yang strukturnya sudah rusak, kualitasnya tidak sama lagi seperti semula.

Ada Karat atau Tidak?

Karat adalah salah satu pertanda awal bahwa mobil seken tersebut pernah terendam banjir. Untuk mengetahuinya, Sahabat dapat mengecek elemen besi yang bisa ditemukan pada kabin mobil. Misalnya, di bawah jok. Jika ada karat yang terlihat di bagian itu, bisa dipastikan bahwa mobil seken pernah terendam banjir. 

Penjual mobil seken mungkin akan mencoba membersihkan semuanya agar calon pembeli tidak tahu kondisi sebenarnya. Meskipun demikian, hal itu tidak akan sepenuhnya berhasil karena pada celah tertentu pasti masih ada karat yang tersisa.

Perlu diketahui, mobil yang pernah kebanjiran akan mengalami kerusakan pada sistem kelistrikan, khususnya Engine Control Unit (ECU). Masalah ini baru akan terasa setelah mobil digunakan beberapa lama. Sayangnya, pada saat test drive, hal ini tidak bisa dideteksi.

Perhatikan Bodi Mobil

Agar cepat terjual, penjual biasanya juga mendandani bodi mobil seken. Namun, jangan mudah tergiur oleh tampilan yang menarik tersebut. Telitilah memperhatikan kualitas mobil seken. Misalnya, karet kaca yang retak berarti mobil akan rentan mengalami kebocoran jika dikendarai pada saat hujan. Apabila talang air di atas pintu dalam kondisi berkarat berarti mobil seken biasa diparkir di luar ruangan sehingga sering terkena hujan.

Pastikan pula dashboardnya masih rapi, kulit jok masih mulus, dan beberapa hal lainnya. Selain akan membuat Sahabat berkendara lebih nyaman, interior yang masih bagus menunjukkan bahwa mobil seken tersebut benar-benar dirawat oleh pemiliknya,tak terkecuali pada bagian mesin.

Nah, Sahabat Garasi, apakah Sahabat sudah menemukan mobil seken impian Sahabat? bila belum, ayo segera cek Garasi.id sekarang juga.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 12 Nov 2019 | 13:41 WIB
BAGIKAN