Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Mau Beli Mobil Bekas Murah? Pahami Dulu Tipenya

04 Jan 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN

Tahukah Sahabat jika berdasarkan bentuk bodinya, mobil dapat dikelompokkan atas beberapa tipe berbeda? Contohnya, Daihatsu Terios dan Toyota Rush adalah kendaraan roda 4 yang termasuk dalam kategori SUV atau Sport Utility Vehicle. Sementara itu, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia merupakan mobil bertipe MPV atau Multi Purpose Vehicle.

Mau Beli Mobil Bekas Murah? Pahami Dulu Tipenya

Baca juga: Berniat Beli Mobil Bekas Online? Garasi.id Jawabanya

Perbedaan tipe ini bukan hanya terletak pada tampilan eksteriornya saja, tetapi juga fungsinya. Dengan berbagai fitur yang tersedia, misalnya, mobil tipe MPV akan lebih maksimal jika dipilih sebagai mobil keluarga. Nah, jika Sahabat saat ini sedang bingung menentukan jenis mobil bekas yang paling sesuai dengan kebutuhan, cobalah mempertimbangkan berdasarkan tipenya.

Tipe SUV

Karena ketangguhannya, tipe kendaraan yang satu ini sangat cocok dikendarai di berbagai medan, baik off-road maupun on-road. Mobil bertipe SUV juga memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar sehingga dapat menampung muatan yang lumayan banyak. Untuk kabin, luasnya cukup untuk ditempati 7 hingga 8 penumpang.

Mobil bertipe SUV sangat nyaman dikendarai. Suspensinya kokoh, tetapi tetap lembut. Fiturnya juga sangat lengkap. Dari tampilannya, mobil ini tampak seperti campuran jeep, pick up, dan sedan. Karena bodinya yang cenderung besar, mobil ini terlihat elegan dan gagah.

Keuntungan lain memilih mobil bertipe SUV adalah ground clearance-nya yang cukup tinggi. Sementara itu, mesinnya bertenaga besar sehingga sangat mendukung perjalanan berjarak jauh dan lama. Beberapa contoh kendaraan roda 4 yang termasuk dalam kelompok ini adalah Toyota Rush, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Daihatsu Terios.

Tipe MPV

Mobil bertipe MPV populer sebagai mobil keluarga. Kendaraan roda 4 ini memang dapat menampung penumpang dalam jumlah yang banyak. Ukurannya pun lebih besar daripada jenis mobil sedan lainnya. Setidaknya, ada 7 tempat duduk yang tersedia untuk penumpang, belum ditambah ruang yang lumayan lapang untuk menyimpan barang.

Mobil MPV dibedakan atas 4 kategori, yaitu Low MPV, Medium MPV, High MPV, dan Luxury MPV. Secara umum, mobil-mobil bertipe MPV menawarkan interior yang nyaman sehingga penumpang merasa lebih betah. Keunggulan lain yang bisa dinikmati dari jenis mobil ini adalah harganya yang bervariasi dan cukup terjangkau.

Beberapa jenis MPV yang beredar di Indonesia adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, Suzuki Ertiga, dan Toyota Kijang. Nah, bila Sahabat ingin membeli mobil bekas murah untuk kebutuhan keluarga, pilih saja salah satu dari jenis MPV ini.

Hatchback

Sahabat dapat mengenali tipe Hatchback dengan melihat buntutnya yang pendek. Jenis mobil ini memang didesain secara ringkas dan praktis, tetapi tetap fungsional. Berbeda dengan sedan biasa, pintu bagasi Hatchback dapat diangkat ke atas dan menyatu dengan kaca belakang mobil. Meskipun tidak terlalu besar, kapasitas bagasi dapat bertambah jika Sahabat melipat bangku belakang mobil.

Mobil berjenis city car ini sangat cocok bagi Sahabat yang tinggal di kawasan perkotaan yang cenderung padat. Didukung oleh bodi yang kecil, gerakan mobil ini sangat lincah. Tipe Hatchback juga termasuk kendaraan yang irit bahan bakar.

Sayangnya, meskipun bisa saja dipacu ke luar kota, desain mobil tidak dirancang untuk itu. Jika dipaksakan, badan akan terasa pegal karena duduk lama di dalam kabin yang tidak terlalu luas. Selain itu, apabila dikendarai dalam waktu lama, mesin akan cepat terasa panas.

Nah, jika setiap hari Sahabat harus berkendara di jalanan yang padat, pertimbangkan beberapa jenis mobil bertipe Hatchback seperti Honda Brio, Honda Jazz, Suzuki Swift, Ford Fiesta, dan Toyota Yaris.

Sedan

Sedan adalah jenis mobil yang dapat menampung 4 hingga 5 penumpang. Meskipun bodinya kecil, kelebihan tipe mobil ini terletak pada kapasitas bagasi yang besar. Seperti halnya Hatchback, sedan juga lazim digunakan di jalanan perkotaan. Beberapa jenis sedan yang cukup laris di pasaran adalah Toyota Altis, Toyota Camry, Honda City, Suzuki Baleno, dan sebagainya.

Nah, jika ingin membeli salah satu dari 4 tipe mobil bekas tersebut, Sahabat dapat mengunjungi website Garasi.id, salah satu situs jual beli mobil bekas tepercaya saat ini. Bukan hanya itu, Garasi juga menawarkan beragam pilihan mobil bekas murah bagi Sahabat yang memiliki anggaran pas-pasan. Nah, selamat memilih, ya Sahabat!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 04 Jan 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN