Kredit Mobil
Kredit Mobil Bekas di Garasi.id

Mau Beli Mobil Tapi Tidak Ingin ‘Merecoki’ Pengeluaran Keluarga, Simak Cara Berikut!

29 Jan 2019 | 12:50 WIB
BAGIKAN

Setelah berkeluarga, kendaraan menjadi hal yang penting setelah memiliki tempat tinggal terutama bagi keluarga yang sudah memiliki anak. Terkadang, bepergian menggunakan motor atau angkutan umum tidak senyaman naik mobil sendiri.

Namun, sering kali mobil tidak menjadi prioritas bagi keluarga karena harganya yang mahal. Alhasil, membeli kendaraan roda empat sering dikesampingkan dan malah memilih untuk sewa mobil pada acara-acara tertentu. Padahal, saat ini sudah banyak pilihan mobil bekas yang bisa dibeli tanpa membebani pengeluaran keluarga lebih banyak. Sahabat pun bisa mengakali beberapa cara untuk mendapatkan mobil dengan murah.

Mau Beli Mobil Tapi Tidak Ingin ‘Merecoki’ Pengeluaran Keluarga, Simak Cara Berikut!

Bagi Sahabat Garasi yang ingin membeli mobil bekas dengan murah, bisa juga memanfaatkan kredit alias cicilan dari leasing. Jadi, bukan hanya mobil baru saja yang bisa dikredit. Untuk itu, coba simak beberapa tips berikut untuk mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP atau dengan pengeluaran seminim mungkin. 

Cek Harga Mobil di Pasaran

Cara termudah untuk mengetahui harga mobil yang Sahabat inginkan adalah dengan mengunjungi Garasi.id. Situs jual beli mobil bekas ini menyediakan beragam pilihan mobil dengan harga yang beragam pula. 

Temukan spesifikasi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat. Misalkan saja, jika butuh mobil berkapasitas besar dan irit, Sahabat bisa memilih Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia. Sementara itu, jika butuh mobil berbadan kecil, pilihan bisa jatuh ke Honda Brio atau Suzuki Karimun. Soal harga? Semua bisa diprediksi dengan simulasi cicilan yang ada di Garasi.id.

Datangi Leasing Ternama

Mengapa harus leasing yang terkenal? Biasanya, leasing yang sudah tepercaya akan memberikan layanan yang lebih baik dari segi asuransi dan jaminan. Beberapa leasing yang bisa Sahabat coba adalah Dipo Finance Star, dan BCA Finance.

Biasanya, leasing mau memproses pengajuan kredit apabila Sahabat sudah mendapatkan calon mobil yang akan dibeli. Jadi, pihak leasing tidak terlibat dalam hal tawar menawar mobil bekas. 

Setelah Sampai di Leasing, Dekati Pihak Marketing

Sesampainya di leasing, biasanya Sahabat akan dilayani oleh seorang konsultan atau marketing. Nah, di sinilah kemampuan negosiasi Sahabat diuji. Pada dasarnya, kredit mobil bekas Sahabat akan dibiayai sebesar 70% oleh leasing. Dengan kata lain, leasing berasumsi bahwa 30% dari harga mobil sudah Sahabat bayarkan ke pemilik mobil sebagai DP. Nanti, cicilan per bulannya akan disesuaikan dengan harga mobil dan tenor yang Sahabat pilih. 

Harga Total Mobil 

Jadi misalkan saja, Sahabat memilih mobil seharga Rp100 juta, sebaiknya Sahabat menaikkan harga kepada leasing menjadi Rp140 – Rp150 juta. Jadi, ketika pinjaman turun dan dipotong asumsi DP sebesar 30%, jumlahnya tetap bisa menutup harga mobil yang Rp100 juta.

Risikonya, besaran cicilan akan naik sedikit dibandingkan jika Sahabat membayar DP secara langsung. Namun hal tersebut bisa jadi ringan dengan tenor cicilan yang panjang. 

Komunikasikan Niat Sahabat Kepada Penjual Mobil

Jangan sampai salah paham, sebaiknya utarakan niat Sahabat untuk menaikkan harga mobil. Penjual biasanya akan mengerti bahwa hal tersebut Sahabat lakukan demi mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP. Kalaupun ternyata ada kelebihan atau kekurangan pinjaman dari leasing, Sahabat bisa bernegosiasi ulang dengan penjual mobil dengan cara membayar kekurangannya tanpa sepengetahuan leasing.

Sebenarnya mendapatkan kredit mobil bekas tanpa DP itu tidak susah. Sahabat hanya perlu sedikit keberuntungan dan kemampuan negosiasi. Jumlah DP yang 30% itu memang bisa membebani pengeluaran jika dibayar secara langsung. Namun dengan cara di atas, Sahabat bisa mendapatkan mobil tanpa harus lama menunggu uang DP terkumpul. Yang terpenting, setelah mendapatkan pinjaman kredit dari leasing, Sahabat harus tetap komitmen untuk membayar cicilan sampai tuntas, ya. 

Foto : Garasi.id




Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 29 Jan 2019 | 12:50 WIB
BAGIKAN