Memberi Harga Mobkas
Garasi.id Solusi Jual Beli Mobil Bekas

Mau Jual Mobil Bekas, Berapa Si Harga Yang Pantas?

26 Jan 2019 | 00:15 WIB
BAGIKAN

Karena faktor depresiasi, semakin lama dibeli, harga mobil biasanya semakin turun. Ini merupakan hal yang wajar. Oleh karena itu, mobil bukan termasuk dalam kelompok investasi seperti halnya aset lain yang bernilai tinggi. Depresiasi bisa ditentukan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah kualitas mobil yang semakin menurun.

Untuk itu, jika Sahabat berniat untuk menjual mobil, perhatikan dengan cermat faktor-faktor tersebut sehingga bisa menetapkan harga bekas mobil dengan tepat. Dengan harga yang tepat, Sahabat sebagai penjual tidak rugi demikian pula pihak pembeli. Nah, berikut beberapa tips untuk menentukan harga mobil bekas.

Mau Jual Mobil Bekas, Berapa Si Harga Yang Pantas?

Pertimbangkan Minat Konsumen

Beberapa jenis mobil bekas sangat diminati oleh konsumen. Salah satu merek yang cukup fenomenal adalah Toyota Avanza. Penyebabnya bisa jadi karena jenis mobil ini sangat fungsional dan bisa digunakan untuk segala situasi. Selain itu, suku cadangnya pun mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal.

Berbeda dengan beberapa mobil bekas merek lain yang kurang begitu populer seperti Mobil Kia, misalnya. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) beberapa tahun lalu, KIA menempati urutan mobil ke-15 yang diminati  masyarakat. Sementara itu, pada posisi pertama, ada produk Toyota.

Semakin tinggi minat masyarakat terhadap sebuah mobil, harganya otomatis akan semakin tinggi pula. Sebaliknya, jika peminatnya kurang banyak, Sahabat tentu perlu lebih fleksibel dalam menentukan harga bekas mobil tersebut. Teorinya, untuk mobil-mobil yang masih diminati, rata-rata penurunan harga dari harga beli awal adalah sekitar 10 persen.

Baca juga: Iklan Mobil Bekasmu ‘Sepi’ Peminat? Ini Penyebab Yang Harus Diketahui

Cermati Kondisi Mobil

Pertimbangan kedua yang menentukan harga jual mobil bekas adalah kondisi mobil tersebut, terutama pada bagian mesin. Tahun pembelian mobil tidak selalu bisa menjadi acuan apakah mobil masih berkualitas prima atau tidak. Satu-satunya cara bagi calon pembeli adalah mengecek dengan cermat kondisi mobil sebelum membeli.

Nah, bagi Sahabat sebagai penjual, berlaku jujurlah tentang kondisi mobil yang ditawarkan. Jika memang ada bagian atau komponen yang perlu diperbaiki, berterus teranglah kepada calon pembeli kemudian sepakati harga yang dirasa paling cocok. Lain halnya jika Sahabat ingin terlebih dahulu memperbaikinya, pertimbangkan biaya tersebut pada harga jual mobil.

Secara umum, mobil yang berkualitas baik akan mengalami penurunan harga sebanyak 15 persen dari harga awal. Jika ternyata kualitasnya sudah tidak prima, wajar jika penurunan harga bisa lebih banyak lagi.

Terbukalah pada Negosiasi

Dalam bisnis jual beli mobil bekas, wajar jika terjadi proses tawar-menawar antara calon penjual dan calon pembeli. Calon pembeli tentu harus mempertimbangkan beberapa faktor yang dirasa merugikan atau menguntungkannya. Sebagai pihak penjual, Sahabat sebaiknya memberikan ruang untuk hal ini.

Negosiasi akan membuat kedua pihak semakin yakin dengan pilihannya. Jika ternyata calon pembeli merasa tidak puas dengan pilihan tersebut, ia berhak untuk meminta harga yang lebih rendah. Sebaliknya, jika penjual tidak menyepakati tawaran tersebut, ia bisa membatalkan penjualan.

Untuk itu, sebaiknya menawarkan mobil dengan rentang harga yang cukup longgar. Jadi, saat proses negosiasi berlangsung, pembeli masih bisa menawarnya.

Harga Kompetitor

Sahabat Garasi, meskipun sudah menentukan harga mobil, Sahabat tidak boleh terpatok pada angka itu saja. Lihatlah ke luar dan perhatikan harga yang ditawarkan kompetitor untuk mobil dengan merek yang sama. Kadang kala, dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, calon pembeli lebih memilih untuk membeli mobil yang harganya lebih murah.

Menjual mobil bekas ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk membantu proses jual beli ini, Sahabat bisa memanfaatkan Garasi.id, situs jual beli mobil bekas online yang tepercaya. 

Nah, setelah memperhatikan 4 hal tersebut, apakah Sahabat sudah bisa menentukan harga mobil bekasmu sekarang?

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 26 Jan 2019 | 00:15 WIB
BAGIKAN