Garasi.id
Jangan Mematikan Mesin Mobil Mendadak

Mematikan Mesin Mobil Jangan Tiba - Tiba, Begini Penjelasanya

27 Des 2018 | 11:01 WIB
BAGIKAN

Selama ini masih banyak pengendara mobil yang salah kaprah soal mematikan mesin mobil secara tiba-tiba setelah mobil berhenti sehabis berkendara. Sebenarnya cara ini bisa merugikan kendaraan Sahabat.

Karena begitu mobil berhenti, mesin belum berhenti bekerja sepenuhnya. Masih ada audio yang menyala, bahkan AC juga masih menyala.

Mematikan Mesin Mobil Jangan Tiba - Tiba, Begini Penjelasanya

Baca juga: Sudah Tau Belum, Parkir Mobil di Luar Ruangan Bikin Pendek Usia Mesin

Memang terdengar sepele, hanya urusan mematikan mesin mobil. Tapi kebiasaan itu bisa membuat mobil rusak, sekalipun Sahabat tak pernah terlewat untuk servis mobil.

Mengutip laman resmi Nissan Indonesia, perlakuan yang salah terhadap mobil jelas akan menimbulkan kerusakan dan masalah di kemudian hari. Termasuk mematikan mesin secara tiba-tiba.

Mengapa? Sebab, masih ada pergerakan mesin yang tidak diikuti oleh pelumasan, sehingga komponen mesin pun bisa bergesekan secara kasar.

Saat mematikan mesin secara kencang, tekanan pelumas mobil akan menurun secara drastis namun tidak dengan pergerakan mesin. Karena itulah, tinggalkan kebiasaan menggeber mesin sesaat sebelum mematikan mesin.

Supaya aman, berikan jeda sebentar saat mobil sudah benar-benar terparkir. Lalu, matikan AC, Audio, dan komponen lain yang masih menyala, barulah matikan mesin mobil Sahabat.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 03 Jan 2019 | 14:29 WIB
BAGIKAN