Garasi.id
Garasi.id Solusi Puas Jual Beli Mobil Bekas

Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

02 Des 2019 | 15:12 WIB

Kendaraan roda empat memang bukan merupakan prioritas utama dalam kehidupan berkeluarga. Namun, adanya mobil bisa sangat membantu apalagi Sahabat sudah memiliki lebih dari satu anak.

Dengan memilih mobil bekas ataupun baru, mobilitas keluarga bisa lebih terbantu. Terlebih lagi jika Sahabat punya keluarga yang aktif dan banyak berkegiatan di luar rumah.

Namun, harga mobil baru saat ini masih sering membuat para keluarga muda urung membelinya. Terkadang, memilih mobil bekas ataupun baru dengan cara kredit mobil pun membutuhkan DP yang tidak sedikit serta cicilan yang malah membebani pengeluaran bulanan keluarga. Jadi, bagaimana caranya untuk memiliki kendaraan dengan bujet terbatas?



Solusinya, Beli Mobil Bekas!


Kalau mobil baru masih terlalu mahal, Sahabat bisa mempertimbangkan untuk memilih mobil bekas. Memilih mobil bekas tidak selalu berarti jelek, kok. Banyak mobil seken murah yang masih berkondisi prima asal Sahabat selektif dalam memilih mobil bekas. Maksimal, Sahabat bisa memilih mobil bekas dengan usia 15 tahun dengan kondisi yang masih layak pakai.

Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

Walaupun begitu, tidak semua pemilik mobil merawat mobilnya dengan baik. Jadi, Sahabat harus memilih mobil bekas yang benar-benar terawat. Kalau bisa, saat memilih mobil bekas yang Sahabat pilih masih tangan pertama jadi bisa lebih terkontrol riwayatnya.

Pastikan juga memilih mobil bekas yang belum pernah mengalami kecelakaan besar. Jika pernah tergores atau terserempet sedikit, hal tersebut masih bisa diakali. Namun, jika pernah tertabrak kencang, biasanya akan berpengaruh pada performa mesin dan kaki-kaki mobil.



Bandingkan Harga Lebih Mudah dengan Garasi.id


Sebelum adanya teknologi, jual beli mobil bekas biasa dilakukan di bursa. Tempat penjualan bisa berbentuk dealer atau showroom mobil bekas. Namun, tidak semua dealer menyediakan jenis mobil yang lengkap. Akibatnya, pilihan menjadi terbatas. Tidak semua orang beruntung menemukan mobil bekas dengan spesifikasi dan harga yang diinginkan pada kesempatan pertama.

Namun sekarang Sahabat tidak perlu repot tur dari dealer ke dealer. Saat ini sudah ada Garasi.id sebagai marketplace tempat bertemunya penjual dan pembeli mobil bekas. Dengan mudah, Sahabat bisa menemukan dan memilih mobil bekas yang sesuai dengan keinginan dan tentunya, bujet. Kamu juga bisa membaca Dapatkan Mobil Bekas Termurah, Begini Langkah Jitunya.

Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

Dengan sederet mobil dari beragam merek dan tipe, Sahabat bisa lebih leluasa memilih mobil bekas berkualitas. Bandingkan juga harga, tahun keluaran, spesifikasi, serta harga dari mobil bekas berkualitas murah dengan mudah di Garasi.id. Langkah selanjutnya, Sahabat tinggal menghubungi penjual via Garasi.id untuk melihat langsung keadaan mobil.



Beli Mobil Seken Murah Secara Online, Bukan Seperti Beli Barang Biasa


Memang, berbeda dengan membeli barang lain secara online, diperlukan ketelitian yang lebih dalam saat memilih mobil bekas. Sahabat harus mengecek keadaan mobil secara menyeluruh, dan melihat bentuk fisik dari surat-surat mobil. Jangan sampai ada satu elemen pun yang tertinggal.

Kalau Sahabat tidak begitu mengerti mengenai mobil, coba minta dampingan kerabat yang sudah berpengalaman atau mencari informasi terlebih dahulu melalui internet. Bekali diri Sahabat dengan informasi mengenai spesifikasi, harga pasaran, serta kelebihan mobil saat memilih mobil bekas.

Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

Karena melibatkan jumlah uang yang tidak sedikit, membeli mobil bekas secara online juga memerlukan pendekatan offline atau langsung. Penjual yang baik biasanya akan menjelaskan lebih detail lagi tentang keadaan mobil pada saat bertemu. Lebih baik lagi jika Sahabat diberi informasi mengenai kekurangan mobil yang akan Sahabat beli. Jadi, Sahabat dapat mengantisipasi bila mobil memiliki kebutuhan servis khusus.

Salah satu kelebihan lain dari membeli mobil bekas adalah harga yang masih bisa ditawar. Selain itu, Sahabat juga bisa mengajukan permohonan pinjaman kredit dari leasing atau bank. Jadi, mobil bisa diangsur dengan pembayaran yang lebih ringan. Apalagi, jumlah cicilan mobil bekas biasanya jauh di bawah cicilan mobil baru. Yang paling penting, Sahabat berkomitmen untuk membayar cicilan tepat waktu setiap bulannya.

Jadi bagaimana dengan tips di atas, apakah Sahabat Garasi siap untuk berburu mobil seken murah? Sebagai rokomendasi untuk Sahabat yang mau memilih mobil bekas keluarga. Toyota Avanza bisa jadi salah satu mobil bekas yang Sahabat pilih. Namun sebelum memilih mobil bekas Avanza, ada baiknya Sahabat mengenali mobil bekas Avanza yang layak beli seperti dibawah ini.

Memilih Mobil Bekas Avanza, Kenali Yang Layak Beli

Dalam memilih mobil bekas, Sahabat memang harus lebih teliti lagi dalam mengenali kondisi mobil. Jangan sampai, Sahabat memilih mobil bekas dengan harga tinggi dan tidak mendapatkan kualitas yang setimpal. Sering kali, penjual yang sedikit "nakal" menutupi kondisi mobil yang sesungguhnya. Tujuannya tidak lain agar mobil cepat laku.

Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

Untuk itu, Sahabat Garasi perlu banget tahu cara mengecek mobil bekas, terutama mobil Avanza. Mobil keluaran Toyota ini memang merupakan salah satu mobil dengan penjualan tertinggi di Indonesia.

Jadi, tidak heran kalau banyak orang memburu mobil Avanza bekas. Harga yang terjangkau menjadi salah satu alasan Avanza dicari-cari. Selain itu, konsumsi bensin yang diperlukan oleh mobil ini sangatlah rendah. Cocok bagi Sahabat Garasi yang sering membawa keluarga dengan jumlah yang banyak.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Sahabat Garasi perhatikan sebelum membeli mobil. Luangkan waktu untuk benar-benar mengecek kondisi mobil. Kalau perlu, ajak teknisi mobil atau minimal teman yang mengerti mesin mobil pada saat melakukan survei memilih mobil bekas.

Periksa Bentuk Ban

Kenali Mobil Avanza Bekas yang Masih Layak Beli

Saat memilih mobil bekas, periksalah bentuk ban. Saat melakukan hal ini, sebaiknya Sahabat memindahkan mobil ke jalan yang memiliki permukaan rata. Dengan begitu, Sahabat bisa melihat apakah kondisi mobil Avanza bekas pada posisi normal terlihat lurus, atau bermasalah pada kaki-kaki dan ban.

Ban juga semestinya tidak terlalu parah terkikis dan tidak memiliki benjolan. Walaupun Sahabat bisa saja mengganti ban dengan yang baru, sebaiknya ban orisinil tetap Sahabat perhatikan saat memilih mobil bekas.

Kondisi rangka mobil

    Kenali Mobil Avanza Bekas yang Masih Layak Beli

    Saat memilih mobil bekas, cek rangka mobil. Untuk melakukan hal tersebut, Sahabat mungkin harus menggunakan dongkrak atau masuk ke kolong mobil untuk memeriksanya. Di bagian belakang, terdapat besi rangka yang menghubungkan ban kanan dan kiri. Periksa apakah ada bekas sambungan las pada besi rangka tersebut.

    Jika mencurigakan saat memilih mobil bekas, coba tanyakan pada penjual apakah mobil selama ini pernah mengalami kecelakaan atau sering mengangkut beban yang berat. Selain itu, periksa juga bawah spakbor. Jika ada goresan pada baut di bawah spakbor, berarti bagian tersebut sudah pernah dibongkar atau diganti.

    Jangan Ragu, Colek Bagian Dalam Knalpot

    Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

    Saat memilih mobil bekas, jika terdapat oli atau cairan hitam pada bagian dalam knalpot, kemungkinan mesin sudah bermasalah. Bisa jadi, pemilik sebelumnya tidak rajin mengganti oli atau tidak melakukan perawatan yang seharusnya.

    Pada saat mesin dinyalakan, seharusnya mobil Avanza bekas tidak mengeluarkan asap yang berwarna. Kalau saat memilih mobil bekas, asap yang keluar dari knalpot berwarna putih, abu, atau hitam, sebaiknya lanjutkan dengan mengecek mesin.

    Cek Ruang Mesin

    Kenali Mobil Avanza Bekas yang Masih Layak Beli

    Saat memilih mobil bekas, pastikan tidak ada karat yang ada di dalam ruang mesin. Selain itu, selang-selang dan sabuk-sabuk tidak boleh ada yang terlihat terkikis atau bahkan rusak. Blok mesin juga seharusnya bersih dari noda oli yang berwarna coklat tua.

    Jika saat memilih mobil bekas ada noda, dapat dipastikan mesin mobil bekas tersebut pernah bermasalah. Pemilik lama juga mungkin tidak mengurus mesin mobil dengan baik. Sebaiknya hindari memilih mobil bekas dengan mesin bermasalah karena kemungkinan besar Sahabat harus melakukan perbaikan besar nantinya.

    Lihat Bagian Dalam Mobil

    Kenali Mobil Avanza Bekas yang Masih Layak Beli

    Langkah selanjutnya saat memilih mobil bekas adalah cek bagian jok, apakah ada noda yang berarti. Lebih baik lagi, saat memilih mobil bekas pemilik lama sudah melapisi jok mobil dengan bahan kulit sehingga lebih tahan terhadap kotoran. Sahabat juga perlu mengangkat karpet di bagian bagasi mobil Avanza bekas.

    Biasanya, mobil yang selama ini dipergunakan untuk membawa banyak barang akan terlihat bekasnya di bagasi. Saat memilih mobil bekas, coba cek apakah ada bekas bocoran atau penyok dibagian dasar bagasi.

    Sapukan Tangan di Sekeliling Bodi Mobil

    Hal selanjutnya yang perlu dilakukan saat memilih mobil bekas adalah kelilingi mobil dengan tangan Sahabat menyapu seluruh permukaan mobil, terutama di bagian yang rentan berbenturan.

    Bagian seperti ujung bumper depan sebelah kanan dan kiri, bumper belakang, bagian tengah di sepanjang sisi-sisi mobil tidak boleh Sahabat lewatkan. Di situ saat memilih mobil bekas, Sahabat akan menemukan jika mobil pernah terbentur, tertabrak, atau pernah mengalami dempulan.

    Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

    Sebenarnya, tidak masalah mendapatkan mobil yang tidak terlalu sempurna saat memilih mobil bekas. Bagaimanapun, memilih mobil bekas memang memiliki risiko karena mobil sudah dipergunakan selama beberapa waktu oleh pemilik lama. Perlu keberuntungan dan juga ketelitian saat memilih mobil bekas untuk menemukan mobil Avanza bekas yang masih terawat, apalagi mobil Avanza keluaran sebelum tahun 2010.

    Terkadang, membeli mobil pun terasa seperti menemukan jodoh. Ada mobil yang memiliki kondisi prima tetapi tidak cocok dengan hati, ada pula sebaliknya. Namun kesulitan menemukan mobil bekas berkualitas bisa teratasi oleh Garasi.id.

    Membeli mobil bekas di Garasi.id dengan fitur Mobil Pilihan, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas istimewa karena usia mobil masih muda, kilometer rendah, dan yang paling penting mobil memiliki laporan hasil inspeksi yang dilakukan oleh tenaga ahli. 

    Selain itu, membeli Mobil Pilihan kamu juga bisa ikutan promo Gaspol 12.12



    Promo Gaspol 12.12


    Dalam rangka Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) dengan periode 1 Desember 2019 - 31 Januari 2020, Garasi.id akan memberikan kejutan untuk kamu yang memilih mobil bekas berkualitas istimewa. Setiap pembelian satu unit mobil bekas koleksi Mobil Pilihan Garasi.id, kamu berhak memilih hadiah secara gratis seperti pemasangan jok kulit, pemasangan kaca film, atau coating mobil.

    Memilih Mobil Bekas, Coba Perhatikan Hal Ini

    Apa itu Mobil Pilihan Garasi.id? Mobil Pilihan Garasi.id adalah mobil yang kondisinya sangat istimewa, mulai dari kilometernya yang rendah, usia mobil muda dan tentunya sudah lulus tahap inspeksi di 170 titik pengecekan. Selain itu, khusus pembelian Mobil Pilihan menggunakan BCA Syariah, kamu akan mendapatkan hadiah tambahan, yaitu Voucher Jasa Servis senilai Rp. 1.000.000,-.

    Untuk info Syarat dan Ketentuan, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan!

    Foto : Garasi.id

    Ditulis oleh ANJAR
    Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 05:03 WIB
    Bagikan

    Kata Kunci Pencarian

    toyotaavanzamobilbekastipsjualbelibelimobilmurahjualbelionlinekreditkreditmobilmobilpilihangarasiidotomotif