Pembersihan ruang mesin disarankan setiap 10.000 kilometer
Tidak perlu biaya yang mahal untuk membersihkan ruang bakar mesin

Menambah Tenaga Tanpa Harus Turun Mesin

19 Jun 2019 | 14:57 WIB
BAGIKAN

Pernah tidak Sahabat merasa jika mobil kamu tiba-tiba tidak bertenaga? Atau pernah merasa mobil kamu lebih boros dari biasanya ? Hal itu bisa terjadi karena penimbunan kerak karbon sisa pembakaran yang menumpuk di ruang bakar. Mengapa terjadi kerak karbon di ruang pembakaran ?

Itu bisa terjadi karena penggunaan oktan bensin yang berubah-ubah, kebiasaan mengganti bahan bakar (contoh : pertalite ke pertamax atau sebaliknya) membuat pembakaran di ruang mesin tidak sempurna. Oktan yang lebih tinggi memiliki tingkat pembakaran yang sempurna sehingga kerak karbon di ruang pembakaran makin sedikit terjadi. 

Penumpukan kerak karbon akan membuat ruang bakar semakin sempit, yang mengakibatkan rasio kompresinya meningkat sehingga mesin tidak responsif.

Menambah Tenaga Tanpa Harus Turun Mesin


Kalau hal ini sampai terjadi di mobil Sahabat, biasanya kamu akan langsung mendatangi bengkel untuk melakukan tune up bukan ? Dalam proses tune up mesin mobil kamu akan diberikan semacam cairan berbentuk foam yang disemprotkan lewat throttle body atau yang biasa disebut kondisioner mesin. Cairan ini berfungsi untuk merontokkan kerak di ruang bakar, namun tidak semua kerak akan rontok hanya menggunakan kondisioner mesin. 


Seperti yang dilansir di detikoto, untuk mobil-mobil yang sudah menempuh jarak diatas 100.000km, biasanya bengkel menganjurkan untuk melakukan turun setengah mesin (top overhaul). Tujuan dari menurunkan setengah mesin ini adalah untuk membersihkan tumpukan kerak karbon di ruang bakar khususnya di permukaan piston. Tetapi dengan melakukan top overhaul ini jelas memerlukan biaya yang tidak sedikit.


Namun Sahabat jangan berkecil hati dulu, saat ini banyak kok cara untuk tetap membersihkan kerak karbon di dalam ruang mesin tanpa harus menurunkan mesin yakni dengan menggunakan carbon cleaner. Saat ini banyak bengkel yang sudah menyediakan jasa pembersihan ruang bakar sekaligus dengan tune up, seperti di Garasi.id. Proses pembersihan ruang mesin dengan carbon cleaner adalah dengan cara memasukkan cairan carbon cleaner khusus ke dalam ruang bakar melewati lubang busi menggunakan alat khusus. Setelah kurang lebih 15 menit cairan carbon cleaner di diamkan, cairan tersebut akan disedot kembali oleh mekanik dan Sahabat bisa melihat berapa banyak kerak karbon yang sudah berhasil terangkat dari ruang bakar. 


Sahabat sudah tahu kan, mobil-mobil sekarang sudah ditempeli stiker mengenai oktan yang seharusnya digunakan. Bukan cuma sekedar angka loh, jika kamu memaksakan mobil menggunakan oktan yang tidak seharusnya, mobil kamu akan cepat rusak karena penumpukan kerak karbon. Penumpukan kerak karbon bisa membuat detonasi dan knocking pada mesin.

Menambah Tenaga Tanpa Harus Turun Mesin


Pada umumnya penggunaan carbon clean dilakukan setiap 20.000 kilometer, namun pada kendaraan yang memiliki jarak tempuh cukup tinggi lakukan pembersihan setiap 10.000 kilometer. Jika Sahabat bingung untuk membersihkan ruang mesin kendaraan kamu dimana, Garasi.id menyediakan pembersihan ruang mesin sekaligus tune up yang meliputi pemeriksaan, pengukuran, penyetelan, perawatan sampai penggantian komponen agar mobil Sahabat selalu prima. Di Toko Garasi.id kamu dapat memilih seluruh perawatan oke untuk mobil kamu, mulai dari perawatan ban, ganti oli, perawatan mesin, perawatan mobil dan paket spesial lainnya.


Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Jun 2019 | 14:57 WIB
BAGIKAN