Mobil 7 seater
Mobil 7 seater

Keuntungan Memiliki Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

31 Jul 2021 | 11:00 WIB

Memiliki sebuah mobil keluarga adalah dambaan dan impian dari setiap keluarga. Hingga saat ini mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) atau mobil-mobil 7 penumpang masih mendominasi pilihan mobil keluarga masyarakat di Indonesia. Daya tampung ini menjadi salah satu alasan mengapa orang membeli mobil. Selain itu, ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil MPV lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan memanjakan penggunanya.

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Tak heran bila pabrikan otomotif melakukan inovasi dan gencar mendesain mobil keluarga yang menarik. Produsen mobil juga berlomba-lomba menawarkan berbagai kelebihan, baik itu dari segi harga, model maupun fitur-fitur modern agar bisa menyandang predikat mobil keluarga terbaik melalui segmen mobil MPV.

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Banyaknya merek, jenis, ukuran, dan model mobil MPV yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Saking banyaknya bikin konsumen bingung dan kesulitan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Sesungguhnya ada beberapa kriteria yang harus kamu penuhi sebagai salah satu syarat mobil MPV tersebut layak menjadi mobil keluarga. Berikut empat kriteria mobil MPV yang dinilai layak menjadi standar mobil keluarga.

Kapasitas mobil MPV muat banyak

Bagi mereka yang hendak mudik bersama keluarga, hal pertama yang mesti menjadi perhatian khusus adalah perihal kapasitas penumpang. Bayangkan bila pada satu momen mudik terdapat enam anggota keluarga yang ikut serta.

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Tentu jika kamu menggunakan mobil sedan atau hatchback, mobil tidak akan muat dengan jumlah orang tersebut. Beda halnya bila kamu menggunakan mobil MPV. Dibandingkan dengan mobil jenis lainnya, mobil MPV memiliki daya tampung penumpang lebih banyak, yakni 7-8 orang. Dua orang bisa menempati kursi bagian depan, sedangkan kursi bagian tengah dan belakang masing-masing bisa ditempati tiga orang. Nyaman bukan?

Ruang mobil MPV lebih luas

Setelah kapasitas penumpang, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah daya tampung untuk barang bawaan. Barang bawaan ini biasanya berupa tas, oleh-oleh, ataupun perlengkapan mudik lainnya. Jangan sampai barang-barang tersebut malah mengganggu kenyamanan perjalanan.

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Faktanya, banyak pemudik yang meletakkan barang-barang tersebut di tempat duduk atau ruang kosong dekat pijakan kaki. Alih-alih menikmati perjalanan, mereka malah terganggu dengan kehadiran barang-barang tersebut. Untungnya, mobil MPV memiliki kabin khusus untuk meletakkan barang di bagian belakang.

Nyaman untuk dikendarai jarak jauh

Mengemudi lama untuk perjalanan jauh seperti mudik tidak bisa disepelekan. Untuk itu, kenyamanan berkendara menjadi faktor penting yang wajib dicermati. Dengan ukuran kabin yang cukup luas dan kapasitas penumpang yang lebih banyak, mobil MPV bisa memberikan kenyamanan lebih bagi pemudik, terutama bila pergi dengan 4-5 orang saja.

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Mereka bisa punya ruang lebih untuk istirahat, misalnya tidur atau sekadar berselonjor. Bayangkan bila kamu pergi menggunakan mobil sedan atau city car. Jangankan meluruskan kaki dan meregangkan badan, bergerak pun akan sulit karena harus duduk berdesak-desakan.

Ground clearance tinggi

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Memilih mobil MPV sangat berguna untuk mudik atau berlibur tak cukup dengan hanya melihat model dan fungsi untuk mengangkut orang saja. Satu hal lain yang wajib diperhatikan adalah kemampuannya untuk melewati berbagai medan, misalnya jalanan bergelombang, berlubang, dan jalan yang dipenuhi genangan air alias banjir. Untuk itu, mobil MPV yang memiliki ground clearance tinggi menjadi pertimbangan khusus.

Value for money

Kebutuhan sehari-hari yang kian meningkat membuat kita berhitung dalam membeli kendaraan baru. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap orang mau mendapatkan mobil dengan harga yang terjangkau namun dengan fitur-fitur yang mutakhir. Kondisi jalanan rusak dan bergelombang juga acap kali menjadi pertimbangan dalam membeli jenis mobil. 

Keuntungan dan Kelebihan Mobil 7 Penumpang yang Perlu Kamu Ketahui

Di sinilah mobil MPV hadir sebagai pilihan yang tepat, karena harga sepadan dengan apa yang keluarga kamu dapatkan. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu bisa mendapatkan mobil yang nyaman, awet, dan fitur-fitur keselamatannya terjamin. Membeli mobil MPV merupakan investasi tersendiri bagi keluarga Sahabat. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 31 Jul 2021 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

infomobilbarubekasSUVMPVModifikasiceper
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family