Selain remapping ECU, pemasangan piggyback juga dapat menghemat bahan bakar
Remapping ECU adalah proses yang berbahaya jika dilakukan oleh sembarang orang

Mobil Bekas Wajib di Remap ECU ? Amankah ?

18 Jun 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang otomotif, semakin banyak pula cara-cara untuk mengutak atik ‘jeroan’ agar memiliki performa yang optimal. 

Beberapa bulan ke belakang sedang ramai-ramainya bengkel yang menawarkan remapping ECU alias penyetelan ulang komputer mobil Sahabat. Targetnya adalah orang-orang yang menginginkan mobil pada kondisi paling optimal hingga mencapai batas maksimal. Namun ada juga yang menyarankan remapping ECU pada mobil bekas yang Sahabat beli, karena dengan penyegaran kembali pada ‘otak’ mobil, secara otomatis mobil juga bekerja optimal. Yakin ? Coba baca dulu pemahaman di bawah ini. 

Mobil Bekas Wajib di Remap ECU ? Amankah ?


Baca juga: Mecuci Mobil Dengan Semprotan Air Tekanan Tinggi, Ini 3 Bagian Yang Rawan Rusak


Engine Control Unit (ECU) adalah sebuah alat kontrol elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan serangkaian activator pada mesin pembakaran dalam, seperti ignition dan injection. Singkatnya ECU merupakan otak dari sebuah kendaraan yang sudah di-computerize. Selain sebagai fungsi kontrol, ECU juga berfungsi sebagai alat untuk memproteksi sistem mobil. Jika ECU membaca ada keanehan, maka sensor akan mengirimkan sinyal kepada ECU untuk mematikan sistem yang ada pada kendaraan tersebut. 

Proses remapping ECU merupakan proses melakukan pemetaan ulang program data yang tersimpan di dalam Engine Control Unit (ECU), dengan tujuan agar kinerja mesin menjadi optimal. 

Untuk melakukan remapping ECU dibutuhkan suatu aplikasi khusus yang dipakai untuk membongkar data program lama dan melakukan penyegaran dengan program yang baru. Untuk melakukan ini tidak sembarang orang yang bisa, harus dikerjakan oleh tenaga ahli yang sudah khatam seluk beluk mesin dan tentunya mengerti bahasa pemrograman. 

Tujuan utama dari remapping ECU  itu sendiri adalah untuk melakukan penyegaran kembali pada kontrol unit kendaraan kamu agar file-file lama yang sudah tidak segar disegarkan kembali. Selain itu, karena ECU ini mengontrol seluruh sistem di mobil, Sahabat juga dapat mengatur konsumsi bahan bakar yang diinginkan, tenaga yang dikeluarkan hingga menonaktifkan limiter mobil. 

Apakah perlu ketika Sahabat membeli mobil bekas melakukan tindakan remapping ECU ? Jawabannya adalah tidak dianjurkan. Kenapa ? Produsen mobil sudah menyiapkan kendaraan Sahabat sedemikian rupa agar selalu optimal bertahun-tahun. ECU yang terpasang tidak mungkin memiliki program yang buruk dan berumur pendek maka dari itu tidak disarankan untuk mengotak-atiknya. 

Sebenarnya ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa dengan melakukan remapping ECU, mobil akan kembali optimal seperti mobil baru karena program di dalam ECU sudah diubah dengan program yang baru. Namun jika ada file yang corrupt atau error bisa mengakibatkan mobil Sahabat justru rusak. 

Ada cara lain selain melakukan remapping ECU agar mesin bekerja secara optimal yaitu dengan pemasangan piggyback. Pada dasarnya piggyback sendiri merupakan unit yang terpisah dengan ECU jadi kamu tidak perlu takut ECU kamu di otak-atik. 

Piggyback sendiri terhubung dengan ECU. Fungsi utamanya adalah untuk memanipulasi data di ECU yang dapat mengatur atau mengontrol pengapian hingga semprotan jumlah bahan bakar ke dalam ruang mesin tergantung yang kamu inginkan. Yang perlu diingat adalah ketika Sahabat akan memasang piggyback, harus di setting terlebih dahulu oleh dealer resminya, karena masing-masing negara atau wilayah berbeda beda mobilnya. 

Jadi, yakin ga nih Sahabat melakukan remapping ECU atau memasang piggyback ketika membeli mobil bekas? Daripada bingung, mending Sahabat memilih mobil di fitur mobil pilihan Garasi.id loh ! Mobil-mobil di sana memiliki kualitas yang OKE dan sudah melewati proses inspeksi secara mendetail. Tidak sampai situ saja, segudang promo menarik lainnya bisa kamu dapatkan cuma-cuma di Garasi.id.


Baca juga: Beli Mobil Dengan Mobil Pilihan Mudik Garasi.id, Sahabat Bisa Dapat 5 Juta



Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 18 Jun 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN