Mobil BMW Seri 3
Mobil BMW Seri 3

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

25 Jan 2020 | 10:00 WIB

Mobil BMW merupakan mobil sedan premium yang cukup laris di pasaran karena kualitas dan kenyamanannya. Bentuk yang sporty dan elegan sebagai sebuah sedan keluaran Eropa, mobil ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak penggemar mulai dari muda hingga tua hingga saat ini. Salah satu model mobil BMW yang memiliki peminat yang cukup tinggi di Indonesia adalah mobil BMW seri 3.

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Salah satu model mobil BMW seri 3 yang paling terkenal adalah BMW 320i atau biasa dikenal sebagai BMW F30. BMW seri 3 yang diluncurkan pada tahun 2011 ini punya desain yang sporty, elegan tapi casual. Mobil ini sangat cocok untuk dikendarai sebagai mobil harian di perkotaan. Tidak salah jika BMW seri 320i ini diklaim sebagai salah satu mobil terbaik yang pernah dikeluarkan oleh BMW.

Tampilan luar mobil BMW seri 3

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Kenapa sih mobil BMW seri 3 diklaim sebagai mobil terbaik yang pernah dilakukan oleh BMW? Jika diterawang dari tampilan luarnya nih Sahabat, mobil ini diwakilkan oleh dua kata, Elegan dan Sporty. Mulai dari bagian depan hingga bagian belakang mobil ini benar-benar terlihat sangat sempurna dari segi eksterior. Sahabat bisa mendapatkan sisi maskulin tetapi tetap terlihat elegan dan berkelas dari sebuah kendaraan Eropa. Secara umum, banyak yang berpendapat bahwa BMW 320i sangat terkesan dengan desain yang dimiliki oleh mobil ini. 

Tampilan dalam mobil BMW seri 3

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Namanya mobil Eropa, tidak mungkin aspek kenyamanan dihiraukan begitu saja. Layaknya model mobil BMW lainnya, mobil BMW seri 3 memiliki sentuhan terbaiknya dengan menggunakan bahan interior berkualitas tinggi. Selain itu, desain bagian dalam juga dibuat sangat ergonomis dengan ruang kabin yang cukup luas di bagian kepala dan juga kaki. Memang  tidak terlalu lapang, tetapi sangat cukup untuk membuat Sahabat dan penumpang nyaman ketika berkendara di dalamnya. 

Fitur mobil BMW seri 3

Sahabat pasti tahu dong, mobil-mobil Eropa pasti sangat mengedepankan fitur keselamatannya. Oleh karena itu, mobil BMW seri 3 dibekali berbagai fitur keselamatan yang cukup mumpuni mulai dari airbag di seluruh kabin baik penumpang atau pengemudi, sistem ABS terbaru dengan Hydraulic Brake Assist hingga fitur keselamatan canggih lainnya. 

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Untuk menghibur selama perjalanan, Sahabat dimanjakan oleh alunan nada yang syahdu dari sistem audio Bang and Olufsen yang terintegrasi dengan fitur iDrive pada head unit.

Mesin bandel mobil BMW seri 3

Tidak mungkin mobil Eropa khususnya keluaran BMW ini menggunakan mesin yang tidak berperforma. Mobil BMW seri 3 khususnya model mobil BMW 320i atau seri 3 dibekali mesin berkapasitas 2.0 liter. Buat kamu yang suka memacu adrenalin, tenaga sebesar 181 daya kuda dan torsi sebesar 270 Nm akan membuat adrenalin kamu terpacu hingga batas akhir. 

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Sahabat juga tidak perlu risau, karena mobil BMW seri 3 memiliki tingkat stabilitas yang tinggi berkat sistem suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan multi-link di bagian belakang.

Kelebihan dan kekurangan mobil BMW seri 3

Mobil buatan Eropa memang menawarkan kenyamanan dan penampilan yang lebih menarik ketimbang buatan Asia atau Amerika. Selain harga yang cukup tinggi, kebanyakan mobil Eropa seperti mobil BMW seri 3 dicap sebagai mobil yang mahal dalam perawatannya, apalagi jika kamu ingin membelinya dalam kondisi bekas. Mengapa mobil BMW seri 3 bisa dikategorikan mahal, mungkin dari beberapa faktor penyebab, faktor harga komponen-lah yang cukup mahal. Komponen mobil Eropa memiliki spesifikasi tinggi guna memberikan daya tahan dan umur yang lebih lama.

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Selain itu, beberapa komponen sulit didapatkan sehingga memicu naiknya harga komponen tersebut. Namun itu kan pemikiran zaman dulu Sahabat, buktinya sekarang banyak bengkel-bengkel mobil Eropa dan tentunya e-commerce jual beli mobil bekas terbaik seperti Garasi.id untuk mencari mobil BMW seri 3 sekaligus mendapatkan paket service dan warranty official BMW lho.

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Nah jika Sahabat memang sedang jatuh cinta dengan kenyamanan mobil Eropa seperti mobil BMW seri 3 dan hendak membelinya, perhatikan beberapa tips di bawah ini menurut Garasi.id:

Kalkulasikan biaya

Sediakan dana lebih untuk berjaga-jaga. Meski penjual mengatakan bahwa mobil dalam kondisi siap untuk digunakan, yang namanya mobil bekas pasti memiliki kelemahan yang tidak nampak di mata. Nah dana lebih itu berfungsi untuk membeli paket servis mobil BMW seperti mobil BMW seri 3 yang terdapat di Garasi.id tentunya.

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Perhatikan beberapa komponen seperti lampu, karet pintu, mud flaps dan keseluruhan bodi apakah ada yang rusak atau masih dapat digunakan. Jika menemukan salah satu ada yang rusak dari komponen-komponen tersebut tanyakan kepada penjual apakah dia mengetahui cara memperbaiki atau tempat membelinya. Tidak ada salahnya kan mengeluarkan biaya lebih untuk membuat kenyamanan dan keamanan mobil BMW seri 3 kamu selalu terjaga.

Periksa Komponen AC

Banyak sumber yang mengatakan bahwa mobil Eropa seperti mobil BMW seri 3 selalu mengalami masalah di seputar suhu dan pendinginan udara, namun itu berlaku untuk model lama mungkin. Faktanya, terkadang pemilik mobil yang lama melepas beberapa komponen seperti heater demi mendapatkan udara yang lebih sejuk. Namun hal ini justru membuat radiator menjadi kurang efektif, sehingga pendinginan mesin terganggu. 

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Selain itu, AC mobil Eropa ketika pertama dihidupkan tidak langsung mengeluarkan angin dingin seperti mobil Jepang. Dibutuhkan beberapa waktu agar sampai pendinginan yang sempurna, jadi Sahabat jangan keburu panik ketika kamu memiliki mobil BMW seri 3 ketika kamu menghidupkan sistem pendingin tidak langsung dingin. Namun jika tetap tidak dingin, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Pengecekan komponen elektronik

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Mobil Eropa cenderung mengusung teknologi terbaru di zamannya, sehingga tidak heran apabila mobil BMW keluaran era 1990-an sudah mengadopsi sistem injeksi, sensor, dan komputer hingga model sekarang yang diterapkan pada mobil BMW seri 3. Pelajari dahulu mengenai sistem komputer mobil kamu beserta cara membaca error codes yang mungkin muncul pada sistem informasi pada dashboard.

Gabung Komunitas

Mobil BMW Seri 3 Masih Tinggi Peminat! Ternyata Ini Faktanya

Bergabunglah dengan komunitas mobil tersebut agar bisa menggali info lebih banyak mengenai kelemahan dan kelebihan mobil tersebut. Atau bisa menanyakan kepada teman,saudara atau siapapun yang memiliki mobil BMW seri 3.

Paket servis BMW seri 3

Terakhir, jika kamu sudah memiliki mobil BMW seri 3 atau sedang mencari mobil BMW, Garasi.id sedang mengadakan promo keren nih! Bekerjasama dengan Bestindo selaku dealer resmi BMW di Indonesia mengadakan promo Paket Warranty Extend (BRI) & Paket Service Extend (BSI) untuk model mobil BMW seri 3 dan model BMW lainnya.

Apa saja sih yang ada di dalam paket tersebut? Di dalam paket tersebut Sahabat akan dimanjakan oleh fitur perlindungan terkeren buat mobil BMW kamu mulai dari perawatan hingga penggantian suku cadang. Biar Sahabat ga penasaran, simak penjelasan  Paket Warranty Extend (BRI) & Paket Service Extend (BSI) di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:19 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek