Membeli mobil bekas Eropa membutuhkan ketelitian dan kesabaran
Membeli mobil bekas Eropa membutuhkan ketelitian dan kesabaran

Mobil Eropa Bekas Lebih Diminati? Perhatikan 4 Tips Berikut Ini !

19 Sep 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN

Di Indonesia, peminat mobil bekas baik mobil buatan Jepang, mobil Eropa dan mobil Amerika tidak kalah banyak jumlah dengan para konsumen mobil baru. Ini terjadi karena harga mobil bekas yang ditawarkan oleh para penjual jauh lebih murah. Selain itu, para pembeli juga menyukai model dari mobil bekas sehingga mempunyai keinginan untuk beli mobil bekas tersebut.

Hal yang sering terjadi bagi para pembeli mobil bekas adalah bingung dalam menentukan aspek apa saja yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas. Salah satu aspek yang menurut kami banyak orang pertimbangkan adalah mobil yang berasal dari benua manakah yang akan kamu pilih.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Di dunia otomotif, produsen mobil dibilang terbagi menjadi tiga wilayah, Asia, Amerika dan Eropa. Dan setiap produsen mobil dari wilayah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Namun bisa kamu ketahui bahwa di Indonesia, produsen mobil asal Amerika sangatlah jarang kita temukan. Mungkin berbagai aspek seperti kondisi pasar yang kurang efektif dan minat masyarakat terhadap mobil buatan Amerika terbilang minim. Walaupun mobil-mobil di Indonesia didominasi oleh mobil Jepang, mobil Eropa juga cukup bersaing dalam meramaikan perkembangan industri otomotif di Indonesia. 

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Kepopuleran mobil Jepang dan mobil Eropa tidak terletak pada satu brand tertentu saja. Namun hampir seluruh brand mobil dari kedua negeri yang inovatif ini merajai pasar mobil di berbagai negara. Bahkan sampai ada beberapa golongan yang cenderung memfavoritkan mobil produksi dari salah satu negara ini. Loyalitas brand ini kerap kali ditemukan di antara para pecinta mobil dan enggan untuk melirik brand mobil lainnya.

Ada ciri-ciri tertentu dari mobil produksi Jepang maupun Eropa yang mampu memikat hati pemakainya. Apakah Sahabat sudah mengetahui ciri-ciri yang membedakan mobil produksi kedua kerajaan otomotif ini?

Perbedaan harga mobil Eropa dan Jepang

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan utama saat seseorang akan membeli sebuah mobil adalah harga. Hal ini juga yang menjadi perbedaan mendasar bagi mobil Eropa dan Jepang. Mobil-mobil produksi kedua daerah ini memiliki range harga yang berbeda. Produsen mobil Jepang lebih menargetkan pasar menengah ke bawah dengan anggaran terbatas. Sementara produsen mobil Eropa lebih menargetkan konsumen kelas menengah ke atas.

Harga yang dipatok oleh produsen mobil Eropa cenderung tinggi. Hal ini membuat konsumen-konsumen mobil Eropa umumnya adalah orang-orang borjuis. Untuk mendapatkan mobil Eropa anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Namun demikian peminat mobil Eropa cenderung setia. Harga mahal tidak mengurangi niat membeli para pecinta mobil Eropa. Sebaliknya Jepang menghadirkan solusi bagi mereka yang ingin membeli mobil dengan budget terbatas. Harga mobil-mobil Jepang cenderung terjangkau. Teknik yang demikian menjadikan mobil-mobil Jepang banyak diminati orang di segala penjuru dunia. Namun beberapa mobil Jepang juga memangsa pasar Eropa seperti Lexus.

Tingkat penggunaan bahan bakar

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Apakah mobil ini tergolong irit? Pertanyaan seperti ini kerap kali orang-orang tanyakan saat akan membeli sebuah mobil. Keiritan penggunaan bahan bakar selalu menjadi pertimbangan wajib saat berurusan dengan produk otomotif. Mobil Eropa dan Jepang memiliki perbedaan jelas dalam hal ini.

Mobil Jepang cenderung membidik pasar kelas menengah ke bawah. Konsumen pasar ini umumnya menjadikan keiritan konsumsi bahan bakar sebagai prioritas pertama saat membeli produk otomotif. Produsen Jepang menyadari hal ini dan menawarkan teknologi yang mereka inginkan pada mobil produksinya. Mobil produksi Jepang cenderung lebih irit daripada mobil-mobil Eropa. Aspek ini menjadi daya tarik tersendiri bagi produk Jepang di pasar otomotif dunia.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Lain halnya dengan Jepang, produsen Eropa tidak mengusung slogan irit bahan bakar. Mobil-mobil Eropa cenderung lebih boros dalam pemakaian bahan bakar daripada mobil Jepang. Bagi pasar menengah ke bawah, hal ini merupakan hal yang negatif dan menjadikan mereka kurang berminat pada mobil Eropa. Namun lain halnya dengan mereka yang tidak mempedulikan konsumsi bahan bakar. Orang-orang kalangan menengah ke atas merupakan konsumen yang cocok untuk mobil ini.

Kualitas mesin

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Kualitas performansi, body dan spare parts merupakan salah satu hal terpenting dalam memproduksi suatu mobil. Mobil berkualitas tinggi umumnya datang dengan harga yang tinggi pula. Demikian pula untuk mobil Eropa dan Jepang. Jika sebelumnya kamu bertanya-tanya mengapa banyak orang yang masih meminati mobil Eropa di samping harganya yang mahal dan konsumsi bahan bakarnya yang boros? Jawabannya adalah kualitas tinggi yang ditawarkannya.

Mobil Eropa memiliki kualitas yang tinggi dibanding mobil-mobil Jepang. Mobil Eropa memiliki mesin yang kuat dan tahan lama dan mesin juga ditata dengan rapi di bawah kap mobil. Untuk urusan bodi, mobil-mobil produksi Eropa umumnya tebal dan kuat. Bodi tersebut tidak mudah penyok oleh benturan. Mobil Eropa tidak memerlukan perawatan purna jual yang tinggi dan hadir dengan paket mewah yang menghadirkan kualitas berkendara yang sempurna.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Sementara itu mobil Jepang datang dengan kualitas menengah ke bawah. Jepang membidik keefisienan dengan mengesampingkan kemewahan berkendara. Kedua prinsip produksi mobil yang berbeda ini menjadi ciri khusus dari keduanya. 

Kesesuaian ukuran dengan tubuh pengendara

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Ukuran tubuh masyarakat Eropa dan Asia cenderung berbeda. Masyarakat Eropa cenderung memiliki postur tubuh tinggi dan besar. Sementara masyarakat Asia cenderung memiliki tulang yang lebih rendah dan postur tubuh kecil. Postur tubuh ini menjadi pertimbangan para produsen untuk mendesain bodi mobil yang diproduksinya. Bodi mobil harus menyesuaikan postur tubuh pengendaranya. Semakin sesuai bodi mobil dengan ukuran tubuh pengendara, semakin nyaman pengalaman berkendara yang dirasakan.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Mobil Eropa membidik masyarakat Eropa dan Amerika yang cenderung berpostur tinggi besar. Maka dari itu mobil-mobil Eropa cenderung bertubuh besar dan panjang. Hal ini untuk menyesuaikan bodi mobil dengan ukuran tubuh mayoritas masyarakat Eropa. Mobil Eropa cenderung kurang sesuai untuk masyarakat Asia yang bertubuh kecil. Produsen Jepang menyadari hal ini dan berusaha memberikan solusi. Jepang mendesain mobil-mobilnya berbodi kecil dan rendah, sesuai untuk masyarakat Asia. Oleh karena itu produksi Jepang sangat diminati di kawasan Asia.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Nah sekarang, Garasi ingin tau nih, mobil apa sih yang kamu miliki di rumah? Atau mungkin bagi yang belum punya, mobil apa yang kamu idam-idamkan? Mobil Jepang atau Eropa ? Jika mobil yang kamu miliki sekarang mobil buatan Eropa atau akan meminang mobil tersebut ada beberapa tips yang kamu mesti ketahui sebelum membelinya. 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Eropa

Mobil buatan Eropa memang menawarkan kenyamanan dan penampilan yang lebih menarik ketimbang buatan Asia atau Amerika. Selain harga yang cukup tinggi, kebanyakan mobil Eropa dicap sebagai mobil yang mahal dalam perawatannya, apalagi jika kamu ingin membelinya dalam kondisi bekas.

Mengapa mobil Eropa bisa dikategorikan mahal, mungkin dari beberapa faktor penyebab, faktor harga komponen-lah yang cukup mahal. Komponen mobil Eropa memiliki spesifikasi tinggi guna memberikan daya tahan dan umur yang lebih lama.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Selain itu, beberapa komponen sulit didapatkan sehingga memicu naiknya harga komponen tersebut. Namun itu kan pemikiran zaman dulu Sahabat, buktinya sekarang banyak bengkel-bengkel mobil Eropa dan tentunya e-commerce jual beli mobil bekas terbaik seperti Garasi.id untuk mencari mobil Eropa yang kamu inginkan.

Nah jika Sahabat memang sedang jatuh cinta dengan kenyamanan mobil Eropa dan hendak membelinya, perhatikan beberapa tips di bawah ini menurut Garasi.id:

Kalkulasi Biaya

Sediakan dana lebih untuk berjaga-jaga. Meski penjual mengatakan bahwa mobil dalam kondisi siap untuk digunakan, yang namanya mobil bekas pasti memiliki kelemahan yang tidak nampak di mata. Nah dana lebih itu berfungsi untuk membawa mobil ke bengkel dan mengganti komponen yang rusak.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Perhatikan beberapa komponen seperti lampu, karet pintu, mud flaps dan keseluruhan bodi apakah ada yang rusak atau masih dapat digunakan. Jika menemukan salah satu ada yang rusak dari komponen-komponen tersebut tanyakan kepada penjual apakah dia mengetahui cara memperbaiki atau tempat membelinya.

Periksa Komponen AC

Seperti yang dilansir pada mobil-klasikantik.com, kebanyakan masalah mobil Eropa ada di seputar suhu dan pendingin udara. Terkadang, pemilik mobil yang lama melepas beberapa komponen seperti heater demi mendapatkan udara yang lebih sejuk. Namun hal ini justru membuat radiator menjadi kurang efektif, sehingga pendinginan mesin terganggu. 

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Selain itu, AC mobil Eropa ketika pertama dihidupkan tidak langsung mengeluarkan angin dingin seperti mobil Jepang. Dibutuhkan beberapa waktu agar sampai pendinginan yang sempurna, jadi Sahabat jangan keburu panik. Namun jika tetap tidak dingin, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Pengecekan Komponen Elektronik

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Mobil Eropa cenderung mengusung teknologi terbaru di zamannya, sehingga tidak heran apabila keluaran era 1990-an sudah mengadopsi sistem injeksi, sensor, dan komputer. Pelajari dahulu mengenai sistem komputer mobil incaran kamu beserta cara membaca error codes yang mungkin muncul pada sistem informasi pada dashboard.

Gabung Komunitas

Terakhir, bergabunglah dengan komunitas mobil tersebut agar bisa menggali info lebih banyak mengenai kelemahan dan kelebihan mobil tersebut. Atau bisa menanyakan kepada teman,saudara atau siapapun yang memiliki mobil Eropa.

Tips Membeli Mobil Bekas Eropa Agar Tidak Salah Pilih

Supaya Sahabat mendapatkan mobil bekas yang sesuai dengan ekspektasinya, di Garasi.id tersedia mobil-mobil bekas Eropa seperti Audi, BMW, Mercedes-Benz, Mini, Volkswagen yang masuk kedalam daftar mobil pilihan. Nah mobil pilihan itu sendiri adalah koleksi mobil bekas yang sudah melalui proses seleksi dan lulus proses Inspeksi dengan berbagai keuntungan tambahan jadi kamu tidak perlu ragu untuk membeli mobil bekas.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Sep 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN