LCGC
Mobil LCGC

Jadi Idaman Warga Indonesia, Ini Pilihan Mobil LCGC Buat Kamu

17 Jan 2020 | 10:33 WIB

Segmen LCGC terbilang cukup laris di Indonesia. Pasalnya, harga mobil di kelas ini tak terlalu mahal sehingga penjualannya cukup stabil. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), posisi puncak mobil LCGC terlaris dihuni oleh Toyota Calya. Persis di bawahnya ada Daihatsu Sigra dengan catatan 4.903 unit terjual. Angka tersebut lebih rendah ketimbang bulan sebelumnya, yang mencapai 5.250 unit.

Jadi Idaman  Warga Indonesia, Ini Pilihan Mobil LCGC Buat Kamu

Posisi ketiga dihuni oleh Honda Brio Satya yang juga mengalami penurunan. Pada Mei tahun lalu, penjualannya hanya mencapai 4.379 unit. Padahal, selama  bulan April bisa mencapai 4.471 unit.

Di bawahnya bercokol Toyota Agya dengan angka penjualan sebanyak 2.511 unit selama bulan Mei kemarin. Catatan tersebut juga menunjukkan penurunan dari bulan April yang mencapai 2.850 unit.

Daihatsu Ayla menempel ketat Toyota Agya dengan jumlah penjualan sebanyak 2.289 unit pada Mei. Angka tersebut juga menunjukkan penurunan dari April  yang mencapai 2.517 unit. Mungkin faktor penurunan penjualan tersebut terjadi karena mulai banyaknya harga mobil LCGC yang tidak murah lagi.   

LCGC Mobil Murah Yang Tidak Murah Lagi

Harga jual mobil murah di Indonesia sebenarnya sudah diatur pemerintah. Aturan tersebut tertuang lewat Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau mengatur, harga mobil LCGC sebelum pajak daerah, bea balik nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor (PKB) setinggi-tingginya Rp 95 juta. 

Dalam Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 memang tertulis bahwa produsen mobil LCGC dibolehkan menaikkan harga jual setiap tahun. Ada beberapa acuan dalam menyesuaikan harga mobil LCGC yaitu indikator ekonomi yang dicerminkan dengan besaran inflasi, nilai tukar rupiah dan atau harga bahan baku.

Jadi 'Pilihan' Warga Indonesia, Ini Pilihan Mobil LCGC Buat Kamu

Selain itu, harga mobil LCGC dengan transmisi otomatis dan fitur-fitur pengaman penumpang juga boleh disesuaikan. Untuk mobil LCGC bertransmisi otomatis boleh lebih mahal maksimal 15 persen dan mobil LCGC yang menggunakan teknologi pengaman penumpang boleh lebih mahal maksimal 10 persen.

Namun kalau kita melihat, mobil-mobil yang masuk dalam kategori mobil LCGC harganya tak murah lagi. Ada yang menyentuh Rp 150 juta hampir menyamai mobil MPV di luar program mobil LCGC. Misalnya saja mobil LCGC 7 penumpang keluaran Toyota Calya. 

Mobil LCGC Calya termurah dibanderol Rp 135,4 juta sedangkan varian tertingginya Rp 152,95 juta. Harga itu lebih mahal dari mobil MPV merek China Wuling Confero S. Wuling dalam situsnya menulis harga Confero S dijual mulai Rp 134,8 juta. Harga Calya pertama kali diluncurkan tahun 2016 dijual mulai Rp 129,65 juta sampai yang termahalnya Rp 150 juta. 

Selain itu ada juga Toyota Agya dengan harga jual mulai Rp 133,4 juta hingga termahalnya Rp 153,8 juta. Padahal pertama kali diluncurkan tahun 2013, harga Agya paling mahalnya hanya Rp 120,75 juta. 

Kembaran Calya, Sigra mengalami kenaikan meski tidak signifikan. Pertama kali lahir tahun 2016, Sigra paling murah dibanderol Rp 106,6 juta hingga Rp 148,9 juta. Dua tahun setelahnya harga Sigra menjadi Rp 109,9 juta-150,65 juta. 

Brio Satya juga naik. Tahun 2013 dijual mulai Rp 106 juta, kini harga termurahnya Rp 132,5 juta. Sedangkan mobil LCGC Datsun yang kala itu menjual mobilnya di bawah RP 100 juta kini sudah naik. Seperti Datsun Go dulu dijual mulai Rp 96 juta , sekarang harganya Rp 102,99 juta. Sementara Datsun Go+ meluncur tahun 2014 dijual Rp 85 juta saat ini harganya Rp 112,38 juta. 

Begitu pula dengan mobil LCGC Karimun Wagon R. Mengaspal pertama kali tahun 2013 dengan harga Rp 77-99 juta saat ini harga termurahnya Rp 107,5 juta.

Tapi tidak semua pabrikan menjual mobil LCGC di atas Rp 100 juta, ada juga yang masih bertahan dengan harga di bawah Rp 100 juta. Misalnya saja Daihatsu Ayla. Ayla varian termurah dijual dengan harga Rp 94,05 juta.

Nah buat Sahabat yang merasa mobil LCGC baru harganya sudah tidak murah lagi, Sahabat bisa cari mobil LCGC bekas yang sesuai budget di Garasi.id. Kamu bisa membeli mobil LCGC bekas dengan layanan koleksi mobil irit dan gesit. 

Mobil Irit BBM Bikin Kantong Aman

Mobil LCGC adalah mobil pilihan tepat untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Dengan perawatan yang mudah dan konsumsi BBM yang irit, mobil LCGC siap temanin aktifitasmu. langsung cek koleksi mobil LCGC di Garasi.id.

Jadi 'Pilihan' Warga Indonesia, Ini Pilihan Mobil LCGC Buat Kamu

Selain itu Sahabat juga bisa menemukan mobil bekas berkualitas lainnya dan ikutan promo menarik dari Garasi.id. 

Gaspol 12.12

Dalam rangka Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) dengan periode 1 Desember 2019 - 31 Januari 2020, Garasi.id akan memberikan kejutan untuk kamu yang menginginkan mobil used-car berkualitas istimewa. Garasi.id akan memberikan kejutan untuk kamu yang menginginkan mobil bekas berkualitas istimewa. Setiap pembelian satu unit mobil bekas koleksi Mobil Pilihan Garasi.id, kamu berhak mendapatkan BONUS Hadiah Senilai Rp. 5 Juta.

Jadi 'Pilihan' Warga Indonesia, Ini Pilihan Mobil LCGC Buat Kamu

Apa itu Mobil Pilihan Garasi.id? Mobil Pilihan Garasi.id adalah mobil yang kondisinya sangat istimewa, mulai dari kilometernya yang rendah, usia mobil muda dan tentunya sudah lulus tahap inspeksi di 170 titik pengecekan.

Selain itu, khusus pembelian Mobil Pilihan menggunakan BCA Syariah, kamu akan mendapatkan hadiah tambahan, yaitu Voucher Jasa Servis senilai Rp. 1.000.000,-.

Jadi dengan begitu Sahabat bisa dengan tenang membeli mobil bekas di Garasi.id.

Jadi 'Pilihan' Warga Indonesia, Ini Pilihan Mobil LCGC Buat Kamu

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan mobil, Selama Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) kamu akan mendapatkan diskon sebesar 12% setiap pembelian Promo Jasa dan Servis dengan total potongan hingga Rp. 500.000,-. Mulai dari penggantian oli, spooring balancing, tune up atau perawatan mobil dengan jasa coating dan detailing, pemasangan kaca film, pelapisan jok, hingga cuci mobil bisa kamu dapatkan di Garasi.id.

Itulah tips beli mobil LCGC ala Garasi.id yang wajib di coba. Untuk info lebih lanjut, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan!

Foto : Internet dan Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:55 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelinewsberitainfoLCGClariindonesiajakartamurahotomotifgarasiidtoko