Waspada Mobkas Curian
Mobil Bekas

Mobil Seken Murah Indikasi Bekas Curian, Ini Cara Siasatinya Biar Aman

23 Jan 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Saat ada mobil seken murah yang dijual dengan harga miring, siapa yang tidak tergiur membelinya? Namun, hati-hati, mobil bekas yang dijual jauh di bawah harga standar bisa jadi merupakan barang curian. Sekarang ini banyak kendaraan curian, baik motor maupun mobil, yang dijual kembali.

Kalau membeli mobil bekas curian, Sahabat tentunya akan rugi. Masalahnya bukan urusan administrasi seperti pajak yang susah, tetapi mobil bisa disita polisi sewaktu-waktu karena merupakan bukti pencurian. Sahabat juga harus berurusan dengan polisi sekaligus kehilangan uang yang sudah dibayarkan untuk mendapatkan mobil tersebut.

Mobil Seken Murah Indikasi Bekas Curian, Ini Cara Siasatinya Biar Aman

Nah, Sahabat Garasi, ingin menghindari hal di atas, kan? Lakukan saja cara berikut!

Pilih mobil yang harganya normal

Adalah wajar kalau ingin beli mobil bekas dengan harga murah, tetapi waspada kalau harganya jauh di bawah normal. Ingat, tidak ada penjual mobil yang ingin merugi. Mereka pasti ingin menjualnya dengan harga normal atau bahkan lebih tinggi agar bisa mendapatkan keuntungan.

Kalau ada mobil dijual dengan harga jauh di bawah standar, bisa jadi mobil tersebut bermasalah, misalnya hasil pencurian atau bekas kecelakaan. Untuk alasan inilah, Sahabat harus mencari tahu harga mobil rata-rata di pasaran sebelum memutuskan beli.

Hindari mobil bodong

Hindari mobil bodong atau yang tanpa STNK dan BPKB dengan alasan apa pun. Mobil tanpa surat-surat adalah barang yang ‘berbahaya’ untuk dibeli. Besar kemungkinan besar mobil tersebut hasil curian atau dijual tanpa sepengetahuan pemiliknya yang sah.

Tak jarang, pihak penjual mencari alasan. Misalnya, surat-surat masih ada di luar kota dan akan segera diberikan pada Sahabat begitu sampai. Jangan percaya hal ini, Sahabat Garasi! Pembayaran mobil harus Sahabat lakukan hanya ketika ada surat-surat mobil yang telah diperiksa keasliannya.

Lihat kondisi mobil

Sebelum melakukan pembayaran mobil seken murah, pemeriksaan kondisi mobil adalah hal yang wajib dilakukan. Lihat kondisi mobilnya, apakah masih bagus atau tidak. Periksa apakah ada tanda-tanda mobil pernah dibuka dengan paksa atau ada lecet yang tidak wajar. Kalau memang ada, tanyakan pada penjual apa sebabnya.

Penjual yang berniat menipu kemungkinan besar akan berkelit sehingga Sahabat harus mencoba cara lain untuk menentukan apakah mobil tersebut bekas curian atau bukan. Selain itu, selalu amati gerak-gerik penjual, cari tahu apakah ada yang mencurigakan. Sahabat juga harus membawa orang lain ketika bertemu penjual tersebut. Tujuannya agar Sahabat tidak mudah dibujuk. Ingat, penjual yang berniat jahat biasanya menguasai trik memengaruhi orang untuk beli.

Periksa keaslian STNK dan BPKB

Kalau mobil ternyata disertai dengan STNK dan BPKB, jangan langsung percaya ya, Sahabat Garasi! Kedua dokumen tersebut bisa dipalsukan, sehingga Sahabat harus mengecek keasliannya dulu. Caranya?

Amati hologram yang ada di dokumen. Kalau palsu, hologram biasanya terlihat lebih gelap. Kualitas dokumen pun buruk, misalnya cetakan tidak simetris atau tulisan kurang jelas. Jika Sahabat curiga dokumen itu palsu, ajak penjual menuju Kantor SAMSAT dan memintanya membawa KTP, STNK, dan BPKB. Biar petugas yang berwenang yang menentukan keaslian dokumen tersebut.

Cek nomor mesin dan rangka

Yang tak kalah penting, Sahabat harus mengecek nomor mesin dan rangka dan mencocokkannya dengan nomor yang tertulis di BPKB. Sahabat bisa mengeceknya di SAMSAT bersamaan dengan pengecekan keaslian STNK dan BPKB. Kalau penjual berniat menipu, ia bisa saja sengaja mengelas nomor mesin dan rangka. Akibatnya, nomor tampak kurang jelas atau ada bekas kerusakan. Untuk mengetahui keaslian nomor inilah pemeriksaan nomor sangat diperlukan.

Itulah lima cara utama menghindari pembelian mobil seken murah hasil curian. Selain melakukan cara di atas, Sahabat juga dapat mencegah kerugian dengan melakukan pencarian di situs jual beli mobil bekas tepercaya, misalnya Garasi.id. Dengan Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan Mobil Pilihan, keuntungan yang didapat seperti mobil tahun muda, kilometer rendah, mobil sudah di inspeksi sehingga ada laporan dari 170 poin pengecekan seputar mobil mulai dari kondisi mesin, kaki-kaki, eksterior, interior, dan surat-surat kendaraan. Dengan cara ini, transaksi beli mobil pun bisa terlaksana dengan aman.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 23 Jan 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN