Service Air bag
Airbag Takata

Mobil Sudah Modifikasi, Servis "Airbag" Takata di Toyota Masih Berlaku?

08 Jan 2018 | 11:22 WIB
BAGIKAN

Pecahan logam yang mungkin muncul saat airbag Takata bekerja memicu langkah antisipatif dari banyak pihak, termasuk Toyota Astra Motor di Indonesia.

Airbag yang terpasang di banyak merek mobil ini harus segera diganti.

Mobil Sudah Modifikasi, Servis "Airbag" Takata di Toyota Masih Berlaku?


Lantas bagaimana jika mobil Toyota itu sudah dimodifikasi? Misalnya saja, bumper sudah diubah, atau bagian dasbor sudah ditambahi macam-macam.

"Untuk yang sudah modifikasi, ganti bumper tempat ada sensor, enggak berpengaruh. Asalkan airbag-nya masih berfungsi, asalkan tidak ada perubahan terkait airbag, silakan," jawab Iwan Abdurahman, Workshop Department Head Technical Service Division Toyota Astra Motor, yang dilansir dari Kompas.com.

Bahkan jika mobil sudah dijadikan kendaraan balap lalu dinormalkan lagi dan dipasangi airbag Takata bawaan, Iwan menuturkan bahwa program layanan penggantian ini bisa berlaku dan tetap gratis.

"Misalnya dia modifikasi untuk balap. Airbag dicopot. Ganti setir. Lalu misalnya dinormalkan lagi, airbag dipasang lagi, oh ini silakan," kata Iwan.

Dalam prosesnya sendiri, Toyota berjibaku menghubungi mereka yang terdata menjadi pembeli atau pernah servis di bengkel-bengkel resmi Toyota.

Selanjutnya, pemakai Toyota akan diarahkan untuk mendatangi bengkel dan memperoleh layanan penggantian komponen airbag ini.

Toyota Astra Motor meneruskan data Takata bahwa penggantian komponen airbagâ€"yang kebanyakan terpasang bagi penumpang depan ini. Berlaku untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).

Hingga kini, penggantian komponen airbag itu berlaku untuk 97.978 mobil Toyota. Jumlah tersebut melengkapi data sebelumnya yang sebesar 40.280 unit.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Jan 2018 | 11:22 WIB
BAGIKAN