Mudik 2018
.

Mudik Lebaran Nyetir Mobil? Hindari 5 Hal Ini

31 Mei 2018 | 13:29 WIB

Masyarakat Indonesia akan menghadapi musim mudik lebaran. Sahabat pun pasti sibuk menyiapkan segala keperluan untuk perjalanan ke kampung halaman. Persiapan meliputi beragam hal seperti kendaraan, buah tangan, dan lain-lain.

Dan khusus pemudik yang menggunakan roda empat, sebaiknya Sahabat berhati-hati. Banyak kasus kecelakaan yang tanpa disadari karena perilaku buruk di pengemudi mulai dari memainkan telepon genggam, mengantuk hingga hilang konsentrasi akibat merokok atau makan.

Mudik Lebaran Nyetir Mobil? Hindari 5 Hal Ini

Menurut sebuah studi tahun 2006, hampir 80 persen kecelakaan disebabkan karena pengemudi yang hilang konsentrasi, kelelahan atau gangguan mengemudi. Dan ini harus diantisipasi oleh para pemudik roda empat nanti. Penyebab kecelakaan di jalan raya tidak hanya itu.

Dalam keterangan resmi Toyota, beberapa gangguan lebih berbahaya lagi harus diantisipasi seperti di bawah ini:

1. Makan dan minum

Aktivitas mengunyah tampaknya tidak berbahaya saat aktivitas mengemudi. Namun menurut Insurance.com, beberapa makanan bisa menimbulkan kecelakaan yakni kopi panas, sup panas, taco, hamburger, makanan panggang, ayam goreng dan donat jelly.

2. Berdandan

Buat Sahabat pengendara wanita, baiknya Simpan semua alat make-up ketika di balik kemudi. Aktivitas ini bisa sangat menghilangkan konsentrasi dan berpotensi menimbulkan kecelakaan saat mudik ke kampung halaman.

3. Berbicara dengan penumpang

Membatasi perilaku ini sangat sulit, terutama dengan anak-anak yang selalu ingin tahu kondisi dalam kendaraan. Caranya pastikan anak-anak sibuk membaca buku, sibuk dengan mainan atau permainan untuk mengisi waktu mereka.

4. Kelelahan

Mengemudi dalam kelelahan berpotensi empat sampai enam kali lebih meningkatkan risiko kecelakaan. Bila sudah mengalami ngantuk saat mengemudi, sebaiknya Sahabat menempi dan cari tempat peristirahatan di sepanjang jalur mudik.

5. Menggunakan ponsel

Menggunakan ponsel tetap menjadi trigger terjadinya kecelakaan. Kegiatan ini benar-benar bisa menyebabkan kematian. Jadi sangat dihimbau untuk semua Sahabat, jangan mengemudi sembari memainkan telepon genggam jika Sahabat sayang keluarga di kampung halaman.

Nah Sahabat, sekarang sudah lebih pahamkan hal yang tidak harus dilakukan saat berkendara saat mudik nanti. Jangan sampai disepelekan ya Sahabat kalau perjalanan mudikmu ingin aman dan nyaman.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:36 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelimudik2018lebaranberkendaramenyetirberbahayahindaritoljakartasurabayabandung