Muscle dan Pony Car
Muscle Car vs Pony Car

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

20 Des 2020 | 11:00 WIB

Istilah muscle car bekas dan pony car kerap tertukar dalam percakapan para penggemar otomotif roda empat. Biar makin paham, Sahabat Garasi perlu simak artikel berikut yang membahas perbedaan muscle car bekas dan pony car bekas. Mulai dari fakta-fakta historis hingga hal teknis yang membedakannya.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

"Mobil impian saya itu muscle car bekas, seperti Ford Mustang atau Chevrolet Camaro," ucap seorang kawan seperti melansir dari laman CintaMobil.com ketika ia diminta menyebutkan mobil terbaik versi dirinya. Mendengar tipe-tipe mobil yang ia sebut, dirinya terlihat memiliki perhatian besar terhadap dunia otomotif. Karena setidaknya tahu kehebatan mobil-mobil itu hingga bisa menempel di kepalanya. Walau bisa dibilang ia tak memiliki gambaran pasti akan perbedaan muscle car bekas dan pony car.

Pengertian Pony Car

Pertama-tama kita akan mencari tahu pengertian pony car. Untuk itu kami akan mengajak Sahabat kembali ke tahun 1964 ketika Ford Mustang generasi pertama lahir menggebrak ranah otomotif Amerika. Hadir dengan desain bodi ringkas dan mesin bertenaga, Mustang tak butuh waktu lama untuk menjadi mobil terbaik di mata anak muda di sana. Minat konsumen pun kian besar karena harga Ford Mustang yang relatif terjangkau saat itu.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

Ford Mustang sukses menjadi pionir kelas Pony Car saat peradaban otomotif di Amerika mengagungkan muscle car bekas dengan bodi dan mesin berkapasitas super besar.

Mustang sukses besar di pasar dan berhasil menjadi pioner untuk segmennya sendiri, yaitu pony car. Nama itu digunakan karena alasan yang amat sederhana; "Mustang" adalah "kuda" dan bentuknya tergolong kecil maka disebut pony. Nah, secara natural pabrikan lain juga ingin mencicipi manisnya kue segmen tersebut. Maka muncul kompetitor-kompetitornya semacam Chevrolet Camaro atau Playmouth Barracuda.

Kala itu semuanya membawa racikan formula serupa, meliputi mesin small block V8 atau bahkan V-6 dan dimensi body yang ringkas. Secara garis besar, itu bisa dijadikan batasan definisi pony car. Atau kalau boleh disimpulkan, pony car adalah Ford Mustang dan para kompetitor langsungnya. Sederhana, bukan? Lalu bagaimana dengan perbedaan muscle car bekas dan pony car?

Pengertian Muscle Car Bekas

Di lain sisi, muscle car bekas adalah mobil-mobil yang memiliki dimensi ekstrior jauh lebih besar dan menggunakan big block V8, semacam Dodge Charger, Ford Galaxie, atau Chevrolet Impala. Perancangan muscle car bekas ini sangat mengacu pada performa mesin, terutama tarikan di lintasan lurus. Brand seolah-olah berusaha menancapkan mesin paling bertenaga yang mereka punya ke dalam body sebuah coupe.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

Sampai di sini mungkin sudah terlihat jelas perbedaan muscle car bekas dan pony car. Menurut penilaian kami, kedua istilah ini sering tertukar karena memang penampilan muscle car bekas dan pony car sekilas terbilang mirip.

Di era modern ini ada anggapan cukup menarik yang melihat pembagian kategori atau perbedaan muscle car bekas dan pony car tak lagi relevan. Alasannya, mobil-mobil di segmen tersebut kini sudah "keluar" dari pakem-pakem dasarnya. Pengadopsian teknologi otomotif terkini membuatnya justru lebih pantas disebut sportscar.

Berikut 3 Muscle Car Bekas Terbaik Sepanjang Masa

1. 1967 Pontiac GTO

Muscle car bekas yang satu ini mempunyai tenaga mesin yang besar dalam sebuah blok mesin kecil yang berukuran sekitar 400 kubik yang bisa menghasilkan 255 tenaga kuda. bobot beban muscle car bekas ini pun tidak terlalu berat di bandingkan dengan muscle car bekas yang lain bahkan ada yang mengatakan bahwa muscle car bekas yang satu ini mempunyai body yang besar tetapi bobot akan beratnya tidaklah sesuai dengan mobil tersebut bahkan bisa dikatan mobil ini termasuk muscle car bekas enteng yang mempunyai badan besar.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

2. 1968 Plymouth Road Runner Hemi

Muscle car bekas selanjutnya adalah Plymouth RoadRunner. Muscle car bekas ini dikembangkan sebagai mobil harga pertengahan dan ditempatkan antara satelit dan Belvedere Model berbaris. Dibangun pada platform B-tubuh. Muscle car bekas RoadRunner adalah cahaya dan menampilkan beberapa fasilitas. Hal ini tidak hanya mendorong harga kendaraan ke wilayah yang paling mampu, tapi itu memberi keuntungan lebih kendaraan berat. Bagian depan dan belakang kursi berdua bangku. Tidak ada radio, tidak ada AC, tidak ada cruise control, tidak ada trim, dan sangat sedikit pilihan warna. Sebagian besar pilihan yang tersedia kecepatan dan percepatan.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

3. 1969 Ford Mustang Boss 429

The Boss 429 adalah muscle car bekas hasil dari kerajinan tangan. dimaksudkan semata-mata untuk memenuhi aturan homologating NASCAR. Muscle car bekas ini lebih panjang dari model sebelumnya dan memakai cembung dari pada cekung sisi "garis". Ford juga memperkenalkan muscle car bekas model Grande mewah dilengkapi dengan panel kayu interior, jam kuarsa, dan 351 cid mesin Windsor.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

Hanya tersedia dari tahun 1969 dan 1970, Boss 429 datang standar dengan Mustang SportsRoof (nama perusahaan baru untuk Fastback) dan muscle car bekas versi Mach 1 interior deluxe. Ini memakai tidak ada decals norak dan skema cat setiap harinya. Kap mesin dan atap 15 di (380 mm) roda dilengkapi dengan ban Goodyear "Polyglas", dengan tulisan kecil "BOSS 429" decal pada setiap fender depan. Kamu juga bisa membaca Sederet Mobil Muscle Bekas Terbaik Sepanjang Masa

Nah itulah peredaan muscle car bekas dan pony car. Untuk menambah wawasan Sahabat, tidak ada salahnya kalau Sahabat juga mengetahui perbedaan mobil antik, vintage, dan retro. 

Sudah Tahu Belum? Mobil Antik, Vintage, dan Retro Itu Beda Lho

Klasifikasi mobil kuno dari segi usia dapat digolongkan atas beberapa jenis, yakni antik, vintage dan retro. Penggolongan ini mengacu pada fase saat mobil tersebut diproduksi.

Muscle Car Bekas dan Pony Car Berbeda, Ini Penjelasannya

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) Em Samudera mengatakan antik merupakan fase terlama. Sebuah mobil dapat dikatakan antik jika sudah berusia 100 tahun dari tahun berjalan. Jika dihitung dari masa sekarang, mobil kuno yang bisa disebut antik adalah yang diproduksi minimal tahun 1918.

"Kalau usianya belum 100 tahun, misalnya masih 50 tahun, belum bisa disebut antik," kata Samudera melansir dari laman Kompas.com, minggu lalu.

Setelah antik, ada pula vintage. Vintage terbagi atas dua fase, yakni sebelum Perang Dunia II dan setelah Perang Dunia II. Fase sebelum Perang Dunia II mengacu pada mobil yang diproduksi pada periode tahun 1919 hingga 1930. Sedangkan fase setelah Perang Dunia II mengacu pada mobil yang diproduksi dari tahun 1946 hingga 1952. Namun secara umum sebuah mobil kuno dapat disebut vintage jika sudah berusia minimal 40 tahun.

Setelah berakhirnya era vintage, fase mobil memasuki era retro. Mobil retro umumnya adalah mobil yang sudah berusia di atas 20 tahun. Jika mengacu ke tahun produksi, mobil retro adalah mobil yang diproduksi pada kurun waktu 1980 hingga awal 1990.

Menurut Samudera, definisi dan penggunaan terminologi untuk mobil kuno cenderung tidak baku. Ia menyebut ukuran antara antik dan vintage antara di Inggris dan Jerman bahkan bisa berbeda. 

"Kalau di Amerika bahkan istilah historical vehicle, khusus untuk kendaraan yang diproduksi setelah 1922. Itu terminologi dari Classic Car Club of America," kata Samudera.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 20 Des 2020 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ponycarmusclecargarasiidinfootomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family