Oli mesin diesel
Diesel

Oli Mesin Diesel Tidak Bisa Sembarangan. Ini 3 Jenis Oli Mesin Diesel yang Tepat

17 Feb 2021 | 14:01 WIB

Semakin hari, semakin banyak jumlah mobil bermesin diesel yang berkeliaran di jalan. Maklum, saat ini, banyak pabrikan yang makin gencar mengeluarkan mobil baru bermesin diesel. Seiring dengan berkembangnya teknologi mesin diesel, otomatis pilihan oli untuk mobil bermesin diesel pun juga semakin banyak dan beragam. Dengan beragamnya jenis oli untuk mobil diesel, otomatis kita tidak boleh memilih oli yang spesifikasinya tidak sesuai dengan mobil kita. Jika nekat melakukannya, maka itu dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tak diinginkan pada mesin mobil kita.

Teknologi mesin diesel

Teknologi pada mesin diesel yang semakin canggih juga mempengaruhi oli atau pelumas yang digunakannya. Pada dasarnya mesin diesel dalam perubahannya mengetahui dua tipe sistem injeksi bahan bakar, yakni : sistem injeksi tak segera (indirect injection), system ini saat ini ditinggalkan pada mobil baru. Serta untuk mobil baru telah banyak memakai sistem injeksi segera yakni common rail (Direct Injection).

Oli Mesin Diesel Tidak Bisa Sembarangan. Ini 3 Jenis Oli Mesin Diesel yang Tepat

Dengan teknologi baru direct injection " common rail ", kemampuan mesin diesel dinilai semakin efektif, serta performanya juga telah hampir mendekati mesin bensin. Maka dari itu, mobil diesel yang sudah menggunakan teknologi direct injection memiliki getaran dan suara yang halus, lebih mudah menyala saat kondisi dingin dan gas emisi buang yang lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, pemakaian mesin diesel semakin hari makin popular saja.

Oli untuk mesin diesel

Oli mesin mobil atau minyak pelumas mesin merupakan cairan kental yang berfungsi untuk merawat seluruh komponen dalam mesin dan menambah usia pakai (life time) mesin. Lapisan-lapisan dalam oli yang bagus berfungsi untuk mencegah gesekan antar logam komponen mesin, menghindari keausan, melindungi komponen dari karat, dan membersihkan dinding mesin.

Oli Mesin Diesel Tidak Bisa Sembarangan. Ini 3 Jenis Oli Mesin Diesel yang Tepat

Pada dasarnya semua jenis oli mesin mobil sama, yakni sebagai pelumas agar kinerja mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Namun tingkat kekentalan (viscosity) dalam setiap pelumas ditujukan untuk keperluan mesin yang berbeda, misalnya mesin diesel yang memiliki temperatur tinggi tentu saja menggunakan oli yang tidak sama dengan mesin bensin. Berbeda dengan mobil bensin, mobil diesel memiliki mesin yang memiliki torsi melimpah untuk dapat menerjang meda jalanan dan situasi yang sulit. Untuk mendukung performanya tersebut dibutuhkan oli khusus yang mampu melindungi seluruh komponen di dalam mesin diesel. 

Nah buat Sahabat yang bingung jenis oli mesin diesel apa yang baik untuk mobil diesel kesayanganmu, berikut beberapa jenis oli mesin diesel yang cocok untuk digunakan.

Oli mesin diesel SAE 5W-40

Oli Mesin Diesel Tidak Bisa Sembarangan. Ini 3 Jenis Oli Mesin Diesel yang Tepat

Oli mesin diesel jenis ini cocok untuk mobil dengan teknologi common rail. Biasanya oli jenis ini menggunakan bahan dasar 100% full sintetik. Oleh sebab itu, SAE 5W-40 sangat cocok untuk mobil-mobil diesel keluaran terbaru. Biasanya, oli dengan SAE 5W-40 sudah dilengkapi dengan aditif yang berfungsi melindungi mesin diesel dari keausan dan menjadikan mesin tahan terhadap temperatur tinggi. Juga melindungi mesin dari oksidasi (karat). Oli jenis ini cocok dipakai oleh mobil berteknologi common rail yang sering terjebak macet di siang hari.

Oli mesin diesel SAE 5W-30

Oli mesin diesel jenis ini biasanya dapat digunakan oleh mesin diesel maupun mesin bensin. Oli jenis ini cocok untuk mobil yang harus menghadapi cuaca ekstrem dan kondisi jalanan yang macet (terutama di siang hari).

Oli Mesin Diesel Tidak Bisa Sembarangan. Ini 3 Jenis Oli Mesin Diesel yang Tepat

Tidak masalah apa merk olinya, selama oli tersebut SAE 5W-30 maka performa mobil diesel akan lebih optimal. Namun tentunya perlu diperhatikan bahwa beda merk mobil beda pula daya tahan olinya. Jadi sebelum menentukan apakah oli yang hendak kamu beli itu bagus untuk mobil diesel, check berapa lama dan berapa KM daya tahan oli tersebut.

Oli mesin diesel SAE 15W-40

Mobil dengan SAE 15W-40 cocok digunakan pada mobil yang usianya sudah di atas 5 tahun. Juga sangat disarankan untuk mobil dengan KM lebih dari 100.000. Oli jenis ini lebih murah daripada oli jenis lainnya. Jadi sangat cocok dan direkomendasikan untuk Sahabat yang baru saja membeli mobil diesel bekas.

Oli Mesin Diesel Tidak Bisa Sembarangan. Ini 3 Jenis Oli Mesin Diesel yang Tepat

Berbicara mengenai oli mesin diesel, di pasar sudah banyak yang menyediakan berbagai macam jenis oli dengan merk yang berbeda-beda. Namun yang harus Sahabat pastikan adalah nilai viskositas atau kekentalan dari oli tersebut. Beda kekentalan beda juga fungsinya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Oleh karena itu kamu harus lebih teliti dan lebih baik menanyakan terlebih dahulu oli mesin diesel apa yang tepat untuk mobilmu. Nah, jika Sahabat memiliki mobil diesel yang sekiranya sudah waktunya ganti oli, Garasi.id punya program spesial untukmu.

Kebutuhan Oli dan Servis Mobil Anda dari Mobil™ Lubricants

Nah, Garasi.id hadir untuk kamu yang butuh servis mobil dan ganti oli sekaligus dari rumah, Mobil™ Lubricants adalah solusinya. Produk oli ini sudah terjamin kualitasnya dan bukan hanya itu, Mobil™ Lubricants Indonesia juga siap memberikan servis mobil + ganti oli langsung dari halaman rumah kamu. 

Ganti oli mobil itu hukumnya wajib. Disini ganti oli mobil hanya 500 ribu berapapun jumlah liter olinya

Dengan promo ini, Sahabat hanya cukup merogoh kocek 500 Ribu untuk layanan Ganti Oli dengan semua tipe mobil, dan 600 Ribu untuk paket Ganti Oli + Tune Up dengan semua tipe mobil juga tentunya nih Sahabat. Wah menarik ya Sahabat promo kolaborasi Garasi.id dan Mobil™ Lubricants, untuk Sahabat yang tertarik dengan promo tersebut bisa langsung cek Garasi.id atau Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected] 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Feb 2021 | 11:10 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

olimesindieselmesindieselMobildieseloligarasiid