Hilangkan Kantuk Saat Berkendara Puasa
Hilangkan Kantuk Saat Berkendara

Pakar : Usir Kantuk Berkendara Saat Berpuasa, Perhatikan Asupan Nutrisi

17 Mei 2018 | 15:37 WIB

Kaum muslim saat ini sedang menjalani ibadah puasa. Meski berpuasa, berbagai aktivitas harus tetap dilakoni seperti berkendara. Tantangan terberat yang dihadapi dalam berpuasa adalah rasa kantuk yang kerap menghinggap saat berkendara. Jika dibiarkan, berpotensi terjadi kecelakaan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu, mengatakan ada tiga cara yang harus dilakukan pengendara baik motor maupun mobil saat berpuasa. 

Pakar : Usir Kantuk Berkendara Saat Berpuasa, Perhatikan Asupan Nutrisi

Hal pertama yang harus diperhatikan ialah mengatur pola tidur. Kegiatan sahur merupakan aktivitas yang dilakukan saat berpuasa, sehingga pola tidur harus diperhatikan agar tubuh tetap bugar.

"Ada kewajiban yang harus dilakukan, yaitu tarawih kemudian sahur. Jadi harus diatur sedemikian rupa sehingga lebih optimal. Seperti habis tarawih setelah makan bisa langsung beristirahat," ujarnya, melansi dari Viva.co.id Kamis 17 Mei 2018.

Lalu asupan nutrisi. Saat menjalankan ibadah puasa baiknya memperhatikan makanan yang dimakan saat sahur dan berbuka. 

"Untuk aktivitas fisik yang memerlukan konsentrasi, maka harus diperhatikan karbohidrat, protein dan lemak. Tak lupa air, atau bisa diambil dari buah-buahan, sehingga tidak dehidrasi," tuturnya.

Hal terakhir yang harus diperhatikan ialah konsentrasi saat berkendara. Sebisa mungkin, hindari berkendara dalam kondisi mengantuk.

"Yang ketiga orang mudah melamun dan mengantuk saat berkendaraan berpuasa. Usahakan selalu menstimulus otaknya dan harus menganalisa sehingga mengetahui orang menyeberang atau kendaraan lain berhenti mendadak," kata dia. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 20:54 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsberkendarapuasangantukpakarsafetyamanotomotifjakartadepokbekasitanggerang