Garasi.id
Beli Mobil Bekas di Garasi.id

Pasar Otomotif Baru Diprediksi Pulih 2023, Bagaimana Kalau Pinang Mobil Bekas

18 Okt 2020 | 12:44 WIB

Dalam konferensi pers secara virtual belum lama ini Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM Amelia Tjandra memproyeksi pasar otomotif roda empat bisa kembali pulih sekitar 2023.

Amelia setidaknya bersandar pada dua faktor kunci, yaitu terkait dengan health view dan makro ekonomi. Mengingat sampai saat ini, belum ada kepastian penanganan pandemi COVID-19. 

Pasar Otomotif Baru Diprediksi Pulih 2023, Bagaimana Kalau Pinang Mobil Bekas

Selama vaksin belum bisa menjadi penentu, masyarakat bisa beraktivitas normal, maka pasar diperkirakan belum akan bisa kembali ke 2019.

"Bahkan 2022 pun kami perkirakan belum sampai ke posisi 2019. Dalam hitung-hitungan kami posisi akan masuk ke 2019, sekitar 2023, masih panjang perjalanan ini," ucapnya seperti dilansir dari laman Kumparan.com. Selain itu, ada faktor penentu penting kedua adalah makro ekonomi. Mulai dari GDP, lalu kurs rupiah, inflasi, lalu terkait iklim investasi.

Baru selanjutnya berbicara soal pendorong industri otomotif dari sisi supply driven, seperti peluncuran produk baru. Kemudian demand driven.

Lalu bagaimana kalau butuh beli mobil saat ini?

Melihat permasalahan yang ada saat ini, memang pilihan tepat untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat adalah mobil bekas. Dengan mobil bekas Sahabat bisa dengan mudah menentukan pilihan mobil sesuai kebutuhan, dan yang paling penting harganya jauh lebih terjangkau.

Pasar Otomotif Baru Diprediksi Pulih 2023, Bagaimana Kalau Pinang Mobil Bekas

Membeli mobil di masa pandemi yang terpenting adalah Sahabat melihat kondisi keuangan. Jangan sampai sejumlah dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan tersebut, justru mengganggu keuangan Sahabat. Karena itu, pentingnya menyesuaikan harga mobil dengan kemampuan keuangan agar Sahabat tidak mengalami kesulitan setelah melakukan pembelian mobil.

Tips beli mobil bekas 

Beberapa tips di bawah ini bisa membantu untuk menemukan mobil bekas yang tepat dengan kebutuhan Sahabat.

Pasar Otomotif Baru Diprediksi Pulih 2023, Bagaimana Kalau Pinang Mobil Bekas

1. Pilih mobil yang tepat

Dalam memilih mobil bekas, Sahabat sebaiknya jangan terpaku pada satu merek tertentu saja. Sahabat bisa melakukan perbandingan dan memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan. Pastikan jenis mobil yang dipilih menyesuaikan dengan dana yang dimiliki sehingga Sahabat tidak akan bersusah payah untuk mencari dana tambahan. Kumpulkan berbagai informasi mengenai mobil dan juga harganya agar memudahkan Sahabat untuk menemukan pilihan yang paling tepat.

2. Jangan tergiur harga miring

Harga yang murah belum tentu akan menguntungkan bagi Sahabat, terutama jika mobil tersebut sudah tidak layak lagi. Selalu ikuti harga pasaran dan juga berbagai perkembangan lainnya mengenai mobil yang Sahabat inginkan supaya bisa menemukan harga dan juga mobil yang tepat.

3. Jangan beli di sembarang tempat

Hindari membeli mobil di sembarang tempat. Hal ini sangat berisiko dan membawa kerugian bagi Sahabat. Pilihlah tempat jual beli mobil yang bisa dipercaya dan telah memiliki reputasi yang baik seperti halnya Garasi.id. Dengan begitu, Sahabat dapat terhindar dari risiko penipuan dan tindakan tidak bertanggung jawab lainnya dalam pembelian mobil tersebut.

4. Jangan beli dengan terburu-buru

Sahabat harus memiliki kontrol yang baik ketika membeli sebuah mobil bekas. Artinya, bersabarlah dan selalu teliti hingga Sahabat menemukan mobil yang paling pantas untuk dimiliki. 

5. Cek kondisi keseluruhan mobil

Jangan pernah lupa untuk melakukan hal ini. Jika tidak memiliki keahlian dalam memeriksa kondisi mobil, Sahabat bisa mengajak saudara atau teman yang mengerti hal tersebut. Sahabat juga bisa mengajak seorang montir yang benar-benar ahli dan tentunya bisa dipercaya. Perlu digaris bawahi kondisi mesin menjadi hal yang wajib Sahabat ketahui. Sebab itu merupakan hal utama yang paling penting dalam memiliki kendaraan.

6. Cek dokumen kendaraan

Setelah kondisi mobil, dokumen mobil tersebut menjadi hal yang sangat perlu Sahabat periksa. Pengecekan bisa dilakukan dengan cara membawa fotokopi dokumen tersebut. Kemudian mengeceknya di Kepolisian Daerah (Polda) terdekat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 18 Okt 2020 | 12:44 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbarulemahnewsotomotifGarasiidsolusipuas