Diskon Tol 10%
Pemerintah Upayakan Urai Kepadatan Saat Mudik

Pemerintah 'Godok' Diskon Tol 10% Saat Mudik

22 Mei 2018 | 14:17 WIB

Persiapan libur Lebaran, pemerintah banyak melakukan upaya guna mengurai kepadatan saat puncak arus mudik. Kepadatan arus kendaraan tertinggi diprediksi terjadi di Gerbang Tol (GT) Palimanan, yaitu mencapai 478 persen saat arus mudik dan 471 persen saat arus balik.

Pemerintah 'Godok' Diskon Tol 10% Saat Mudik

Mengatisipasi hal tersebut, selama masa mudik Lebaran 2018 masyarakat yang pulang kampung lewat jalan tol akan mendapatkan diskon 10 persen. Meski masih dikaji pemerintah bersama badan usaha jalan tol (BUJT). Ia berharap, diskon yang diberikan justru akan mengurangi kepadatan arus kendaraan. Pasalnya waktu cuti bersama yang diberikan pemerintah lebih panjang dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, BPJT memprediksi, kepadatan volume kendaraan saat mudik terjadi pada 8, 20 dan 24 Juni 2018.

Namun, dipastikan kepadatan ini masih bisa dilayani bila melihat kapasitas GT ini yang mencapai 126.000 kendaraan.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto mengingatkan masyarakat memastikan saldo uang elektronik yang dimiliki mencukupi sebelum melewati jalan tol.

Hal ini guna meminimalisasi kepadatan arus kendaraan lantaran saldo uang elektronik kurang, sehingga tidak bisa melakukan transaksi pembayaran.

"Kami sarankan top up jauh hari sebelum mudik, karena kami akan berkoordinasi dengan BI untuk kesulitan dalam top up ini," ujarnya.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 08:10 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelilebaranmudikarustoldiskon10%pemerintahotomotiftoljakartajawasurabaya