Pengecekan mobil
Pengecekan mobil

Pengecekan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

29 Apr 2021 | 13:16 WIB

Mobil sebagai kendaraan yang nyaman untuk mobilitas sehari-hari juga sangat pas untuk dikendarai saat Sahabat mau bepergian jarak jauh seperti mudik, atau jalan-jalan keluar kota. Berkendara jarak jauh tentunya membutuhkan persiapan, selain kesiapan fisik dan finansial, tentunya mobil Sahabat juga harus berada dalam kondisi yang baik dan siap menempuh jarak ratusan bahkan ribuan kilometer jauhnya.

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Salah satu persiapan yang harus dilakukan oleh Sahabat adalah melakukan pengecekan mobil Sahabat di seluruh bagiannya. Apabila ada bagian-bagian tertentu yang kondisinya kurang meyakinkan, pastinya Sahabat harus segera melakukan servis.

Tahu nggak sih, Sahabat? Setelah melakukan perjalanan jarak jauh, meskipun pada awalnya kondisi mobil Sahabat sudah oke dan sudah diservis, ternyata Sahabat harus kembali melakukan pengecekan mobil usai melakukan perjalanan jarak jauh tersebut.

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Hal tersebut karena pastinya saat berkendara jauh, ada bagian-bagian mobil Sahabat yang kondisinya menurun. Oleh karena itulah Sahabat perlu melakukan pengecekan mobil kembali. Apa saja sih masalah-masalah yang sering muncul pada mobil Sahabat setelah berkendara jarak jauh? Daripada penasaran, yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Pengecekan mobil di bagian ban

Pengecekan mobil pertama yang harus Sahabat periksa kondisinya adalah ban. Mengapa? Perjalanan jarak jauh tentunya memaksa ban mobil Sahabat bekerja lebih keras sehingga gesekan yang terjadi antara ban dengan aspal atau jalanan semakin lama.

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Hal tersebut akan menyebabkan ban mobil Sahabat mengalami penipisan karena gesekan tersebut. Oleh karenanya, setelah melakukan perjalanan jauh sahabat perlu banget kembali melakukan pengecekan mobil di bagian ban, apakah masih layak dipakai atau sudah harus diganti. Daripada meledak saat di jalan, lebih baik diperiksa, ya, Sahabat.

Pengecekan mobil di bagian kopling

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Selanjutnya, pengecekan mobil harus Sahabat lakukan usai melakukan kegiatan berkendara jarak jauh adalah komponen kopling. Masalah yang satu ini tentunya diperuntukan kepada mobil yang bertransmisi manual, ya. Buat Sahabat pengguna tiga pedal, masalah yang dialami pada mobil yang digunakan jarak jauh adalah pada bagian kopling. Tentunya kopling sangat bekerja keras saat berkendara jarak jauh, apalagi kalau jalan yang ditempuh macet dan menanjak. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa bagian kopling setelah melakukan perjalanan jauh.

Pengecekan mobil di bagian suspensi

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Pengecekan mobil selanjutnya yang harus Sahabat periksa kembali setelah melakukan perjalan jarak jauh bersama mobil adalah bagian kaki-kaki atau suspensi. Suspensi adalah bagian yang bekerja ekstra untuk memberikan kenyamanan berkendara pada Sahabat, apalagi di jalanan yang berlubang, bergelombang, atau tidak rata. Sahabat bisa melihat apakah ada kebocoran oli di sekitar suspensi, jika ada segera bawa ke bengkel untuk dilakukan penanganan pertama.

Pengecekan mobil di bagian kampas rem

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Bunyi yang keluar dari sistem rem memang bisa mengindikasikan banyak hal. Ada masalah besar, ada pula masalah ringan. Namun kita patut waspada kalau rem mobil berdecit saat diinjak. Debu dan kotoran merupakan sumber utama penyebab rem berbunyi karena kotoran dan debu tersebut menghalangi permukaan kampas ketika melakukan pengereman. Untuk membersihkannya, cobalah untuk mencuci mobil Sahabat, tetapi jika bunyi itu tidak hilang juga, alangkah baiknya Sahabat membawa ke bengkel untuk dicek lebih lanjut.

Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Itu Penting! Berikut Tipsnya

Nah, itu dia masalah-masalah dan pengecekan mobil apa saja yang wajib kamu lakukan setelah melakukan perjalanan jauh. Rajin-rajinlah memeriksakan mobil dan rawat mobil Sahabat dengan baik, apalagi kalau mobil tersebut adalah mobil kesayangan Sahabat. Ingat, jangan lupa keluarga menunggu di rumah ya.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 29 Apr 2021 | 13:16 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family