Apa Benar Cara Irit BBM Mobil Dengan Mematikan Mesin Saat Macet?
Apa Benar Cara Irit BBM Mobil Dengan Mematikan Mesin Saat Macet?

Apa Benar Cara Irit BBM Mobil Dengan Mematikan Mesin Saat Macet?

18 Mei 2022 | 09:38 WIB

Bepergian dengan kendaraan pribadi disaat musim liburan pastilah kita akan sering menemukan atau bahkan bisa saja terjebak macet berjam-jam. Bila sudah begini, dampaknya bisa membuat bosan, mati gaya, hingga khawatir konsumsi BBM mobil cepat terbuang. 


Apa Benar Cara Irit BBM Mobil Dengan Mematikan Mesin Saat Macet?


Berbagai cara pun dilakukan pengemudi supaya konsumsi BBM mobilnya tidak mudah cepat habis, salah satunya dengan mematikan mesin mobilnya. Dengan mematikan mesin mobil, para pengemudi beranggapan hal itu akan sangat membantu untuk memberikan efisiensi BBM mobil yang lebih baik.

Lantas benarkah demikian?

Menjawab hal itu, Technical Service Dealer PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi yang dilansir dari Kumparan, mengatakan perlu atau tidaknya mematikan mesin mobil saat terjebak macet harus dilihat dari kondisi yang ada.

"Tergantung dari situasi macetnya, kalau memang macetnya panjang dan diam selama setengah jam, sejam, atau bahkan lebih nggak gerak, memang akan lebih hemat bahan bakar kalau (mesin) dimatikan," jelas Bambang, beberapa waktu lalu.

Hanya saja, kata Bambang, ada konsekuensi yang harus diterima, yakni AC mobil yang jadi mati sehingga akan mengurangi kenyamanan bagi penumpang di bagian dalam. Dirinya juga mengatakan, apabila kondisi macetnya masih bersifat merayap atau stop and go, pengemudi tidak perlu mematikan mesin mobil.

"Kalau masih bergerak sebaiknya tidak perlu, karena akan merepotkan. Lain hal kalau mobilnya sudah dilengkapi fitur idling start stop, itu lebih mudah karena hanya perlu injak pedal gas sudah otomatis nyala," beber Bambang.

1. Gunakan temperatur AC sesuai kebutuhan

Selain mematikan mesin, cara lain yang bisa sangat membantu efisiensi BBM mobil saat macet, yakni dengan mengatur AC sesuai kebutuhan. Sahabat Garasi di sarankan apabila cuaca sedang tidak panas terik, sebaiknya jangan gunakan temperatur paling dingin.

Dengan temperatur yang sangat kecil atau paling dingin itu bisa menambah konsumsi bahan bakar, karena kerja kompresor jadi tidak pernah berhenti, sehingga akan membebani mesin.

Sementara untuk blower AC, tak masalah apabila menggunakan yang besar. Sebab hal itu hanya bergantung pada konsumsi daya listrik.

Cara lain yang bisa digunakan menghemat BBM mobil saat macets selanjutnya ialah

2. Irit BBM Mobil untuk transmisi matic

Jangan menggunakan modus D saat berhenti menunggu macet. Sebab ketika berada di posisi tersebut dan pedal rem diinjak, laju mobil akan tertahan. Dengan begitu, kondisi ini membuat beban mesin lebih berat sehingga membuat konsumsi BBM mobil lebih boros.

Disarankan, gunakan modus N ketika mobil diperkirakan berhenti. Pada posisi ini mesin mobil tidak akan terbebani dan pada akhirnya memuat distribusi bensin lebih hemat.

3. Jangan injak gas terlalu dalam

Hindari menginjak gas terlalu dalam ketika transmisi dari berhenti kemudian jalan. Tekan pedal perlahan sehingga putaran mesin tidak terlalu tinggi.

4. Gunakan fitur hemat BBM mobil

Untuk Sahabat yang memiliki mobil dengan eco mode, sangat disarankan untuk digunakan. Seperti yang diketahui, kini sudah banyak sekali mobil-mobil yang menyematkan fitur untuk membantu menjaga konsumsi BBM mobil supaya tetap irit, seperti fitur cruise control, eco indicator, dan auto start-stop. Masing-masing fitur ini memiliki fungsi dan kegunaan berbeda. Sahabat dapat menggunakannya pada situasi yang memungkinkan.

Selain itu, saat mobil berhenti, biasakan untuk mengubah transmisi ke mode netral supaya terhindar dari menabrak kendaraan lain ketika salah melepas gas. 

5. Servis mobil secara teratur

Kondisi mesin harus prima bila kendaraan sering digunakan. Sahabat perlu service kendaraan Sahabat secara teratur supaya semua komponen kendaraan Sahabat terjaga. Mulai dari pengapian, pasokan udara, hingga saluran bahan bakar. Jika ada salah satunya yang kurang sehat maka bisa dipastikan kerja mesin lebih boros dan dapat dipastikan juga konsumsi BBM mobil terpengaruh.

Nah ngomongin soal servis mobil secara teratur agar menjaga konsumsi BBM mobil tetap irit, Sahabat bisa nih gunakan layanan servis mobil di Garasi.id.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Mei 2022 | 09:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifbbmirit
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family