Para produsen mobil membuat mobil dengan berbagai bentuk dan desain untuk memberikan kenyamanan terbaik untuk penumpang.
Panjang pendek jarak antara sumbu roda, mempengaruhi kenyamanan dalam kabin.

Pengertian Wheelbase dan Manfaatnya

16 Jul 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Wheelbase atau dalam artian bahasa indonesia adalah "jarak sumbu roda" yang mempunyai arti lebih detail yaitu jarak tengah antara sumbu roda depan dengan sumbu roda belakang. Ini adalah salah satu dimensi penting yang terdapat pada setiap kendaraan yang memang sudah ditentukan oleh para pabrikan. Istilah wheelbase bukan hanya digunakan untuk mobil saja, melainkan juga pada kendaraan lainnya. 


Secara umum memang wheelbase tidak menjadi patokan akan panjang keseluruhan kendaraan, namun semakin panjang wheelbase semakin panjang pula kendaraan tersebut. Biasanya pabrikan akan memberikan data dimensi ini dalam satuan cm yang ada pada brosur-brosur spesifikasi kendaraan yang akan dijualnya.

Pengertian Wheelbase dan Manfaatnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa dari jarak sumbu roda depan dengan roda belakang akan memberikan karakteristik dinamis pada kendaraan tersebut, yaitu cara pengendara dan handling yang lebih mudah. Bersamaan dengan wheelbase, ground clearance ( jarak tanah ke mobil ) juga mempengaruhi akan kenyamanan dalam mengendalikannya.


Jarak sumbu roda depan dengan sumbu roda belakang yang panjang dipercaya akan menimbulkan kenyamanan dalam berkendara dibanding dengan jarak sumbu roda yang pendek. Ini karena kendaraan seperti itu mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi dibanding dengan jenis kendaraan lain.


Selain itu, jarak wheelbase yang lebih panjang memungkinkan pabrikan untuk dapat membuat ruang kabin kendaraan lebih lapang dan memberikan sentuhan ragam teknologi untuk kenyamanan setiap penumpang ( jarak kursi, lipatan kursi, bagasi belakang dll ). Ini akan sangat nyaman digunakan untuk kendaraan-kendaraan yang menempuh perjalanan jauh.

Pengertian Wheelbase dan Manfaatnya


Oleh sebab itu, industri lebih suka merancang kendaraan dengan basis roda yang lebih panjang demi kenyamanan setiap penumpang.sebaliknya jarak wheelbase yang lebih pendek, ini memiliki manuver yang lebih baik pada kecepatan tinggi.


Tingkat kenyamanan ini bisa kita lihat pada mobil-mobil mewah yang sering digunakan oleh para pejabat, seperti mobil limosin yang termasuk dalam kategori mobil ternyaman di dunia. Dan ini juga diterapkan oleh pabrikan-pabrikan lain yang memang mengincar segmen kelas atas untuk mendapatkan tingkat kenyaman yang lebih tinggi.


Foto : Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 16 Jul 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN