Asuransi Mobil
Asuransi Mobil

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

27 Okt 2020 | 10:22 WIB

Tingkat pencurian kendaraan terbilang cukup tinggi di Indonesia. Jadi rasanya wajar jika kita sebagai pengendara sekaligus pemilik kendaraan memberikan perlindungan maksimal pada kendaraan kita seperti jenis asuransi mobil. Lalu nyatanya banyak kejadian yang tidak kita inginkan terjadi saat dikendarai orang lain.

Eits, tenang ya Sahabat Garasi. Jika memang bertemu dengan situasi tersebut namun kendaraan Sahabat Garasi sudah di cover oleh jenis asuransi mobil tertentu, jelas ini tidak akan menjadi masalah. Karena meski bukan Sahabat Garasi yang menahkodai langsung mobilnya, asuransi kendaraan masih akan tetap berlaku.

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Karena ada jenis asuransi mobil yang klaim asuransinya akan berlaku selama kehilangan kendaraan karena pencurian, artinya meski kendaraan kita hilang dimana saja dan siapa saja yang mengendarainya bisa dipastikan asuransi akan tetap berlaku.

Hanya pastikan Sahabat Garasi sebagai pemilik kendaraan atau siapa saja yang tengah mengendarainya, langsung melapor bahwa benar-benar telah mengalami musibah kehilangan. Jika demikian situasinya maka pihak asuransi akan melakukan penggantian, meski harus dilakukan pembuktian terlebih dahulu.

Hal yang membuat asuransi ditolak

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Walau begitu, pihak asuransi bisa saja tidak mengganti kendaraan Sahabat Garasi yang telah hilang. Jika mobil dipinjamkan lalu hilang beserta sopirnya. Hal tersebut digolongkan dalam tindak penggelapan sehingga asuransi tidak akan menerima klaim yang diajukan. Nah, apa saja sih yang bisa membuat asuransi mobil kamu ditolak. 

Polis tidak aktif (Lapse)

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Pemberi asuransi mobil bisa berada dalam keadaan tidak aktif karena beberapa keadaan. Keadaan yang tidak aktif ini disebut juga dengan lapse. Pihak asuransi tidak bersedia membayar klaim asuransi bila polis sedang dalam keadaan lapse dan klaim ditolak. Nah ada dua contoh keadaan polis yang sedang lapse dan membuat klaim asuransi mobil ditolak.

Pembayaran premi asuransi mobil jatuh tempo

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Setiap asuransi mungkin saja memiliki waktu tenggang berbeda-beda. Ada yang maksimal sekitar 30 hari hingga 45 hari. Bila kejadian kerusakan mobil terjadi setelah masa itu, pemberi asuransi mobil tidak akan bertanggung jawab atas kerugian apapun yang diderita pemegang polis. Bayarlah premi asuransi tepat waktu atau setidaknya tidak sampai akhir masa tenggang.

Polis asuransi berbentuk unit link

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Bila polis asuransi berbentuk unit link, polis bisa dianggap lapse bila nilai tunai asuransi tidak cukup menutupi biaya asuransi. Setidaknya ada dua penyebab tidak cukupnya nilai tunai ini, yaitu kinerja investasi tidak baik dan nilai tunai sering dicairkan. Untuk menghindarinya, ada baiknya melakukan top up di waktu tertentu saat kinerja investasi sedang buruk. Selain itu, pastikan tidak mencairkan nilai tunai, kecuali sewaktu-waktu sedang dalam keadaan terdesak.

Klaim tidak tercantum di klausul


Polis asuransi berisi kesepakatan yang meliputi kriteria-kriteria apa yang masuk dan tidak masuk dalam tanggungan asuransi. Dalam asuransi mobil TLO, apa yang dimaksud dengan rusak berat bisa jadi berbeda-beda antara satu asuransi dengan asuransi lain. Bisa jadi minimal 70%, 75%, bahkan 80%. Jadi, asuransi tidak akan menanggung pembiayaan kerusakan, bila kerusakan tidak mencapai persentase yang disepakati.

Pengajuan klaim sudah lewat batas waktu

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Klaim asuransi mobil dapat tertunda atau bahkan tertolak bila pengurusan klaim melebihi waktu yang telah ditentukan di dalam polis. Asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim. Lewat dari itu, klaim bisa ditolak. Klaim asuransi mobil harus segera diurus karena batas waktunya pendek, hanya 3 x 24 jam. Sementara untuk asuransi seperti asuransi jiwa, batas waktunya antara 30-60 hari.

Dokumen tidak lengkap

Pastikan mengetahui semua dokumen yang harus disediakan saat hendak mengajukan klaim. Satu saja dokumen yang kurang, asuransi akan menolak klaim. Misalnya untuk asuransi jiwa, diperlukan surat keterangan dari dokter.

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Sahabat harus mengikuti prosedur dengan benar. Bila klaim yang diajukan adalah klaim asuransi mobil, pastikan mengambil foto kerusakan mobil. Foto ini akan menjadi salah satu bukti saat hendak mengajukan klaim ke asuransi. Selanjutnya siapkan dokumen secara lengkap, mulai dari fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, dan tentu saja formulir pengajuan klaim. Surat keterangan dari polisi mungkin juga dibutuhkan bila terjadi kerusakan berat.

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Sangat mengisi formulir, isilah sejujur-jujurnya dan sejelas-jelasnya karena pihak asuransi nantinya akan melakukan pengecekan. Mereka tidak akan membayar klaim jika isi formulir klaim terbukti mengandung kebohongan. Prosedur lain yang tidak kalah penting adalah melakukan perbaikan di bengkel rekanan. Hal serupa juga termasuk berobat di rumah sakit yang dirujuk oleh asuransi. Tidak boleh memperbaiki atau berobat di tempat di luar rujukan asuransi mobil.

Klaim ajuan termasuk pengecualian

Selain mengatur hal-hal yang termasuk tanggungan asuransi, polis juga mengatur hal-hal pengecualian. Hal-hal pengecualian ini adalah hal-hal yang tidak termasuk dalam tanggungan asuransi mobil. Dalam asuransi jiwa, hal pengecualian ini di antaranya mati karena bunuh diri, hukuman pengadilan, maupun kejahatan.

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Dalam asuransi mobil, hal-hal pengecualian yang membuat klaim tertolak antara lain kendaraan yang tidak difungsikan sesuai peruntukannya atau dimodifikasi tanpa memberitahu pihak asuransi. Contoh kendaraan yang tidak difungsikan sesuai peruntukannya adalah menggunakan sepeda motor untuk mengangkut barang yang melebihi kapasitas.

Sedangkan untuk kasus modifikasi kendaraan bermotor, pastikan selalu memberi tahu asuransi dan pastikan modifikasi memang diperbolehkan. Jangan sampai melakukan modifikasi tidak standar yang justru menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Kalau ini kejadiannya, asuransi mobil tidak akan mau menanggung biaya perbaikan. 

Pemegang polis melanggar hukum

Alasan lain yang membuat klaim asuransi mobil ditolak adalah bila pemegang polis melakukan tindakan melanggar hukum. Misalnya, bila ia memiliki asuransi mobil all risk kemudian mobilnya kecelakaan karena ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas, ia tidak dapat mengajukan klaim. Hal yang sama juga berlaku bila pemegang polis tidak memiliki SIM saat berkendara, parkir di sembarang tempat, dan mabuk.

Asuransi Mobil Ditolak? Ini 7 Faktor Penyebabnya

Jadi gimana Sahabat, jadi ketika kamu ingin memilih asuransi mobil pastikan kamu membaca polis terlebih dahulu sehingga ketika kamu ingin melakukan klaim asuransi tidak ditolak atau dipersulit karena pasal-pasal yang mengaturnya. Nah, jika kamu sedang bingung untuk memilih asuransi mobil apa yang tepat, kamu bisa membacanya di artikel Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat, TLO atau All Risk. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 27 Okt 2020 | 10:22 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

asuransiklaimditolakrejectedmobilbarubekasgarasiidotomotifinfo