Perawatan mobil
Perawatan mobil bekas

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

28 Mar 2020 | 10:01 WIB

Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik agar selalu berfungsi dengan baik. Entah itu mobil, motor, pesawat hingga sarana dan prasarana lalu lintas pun harus dirawat agar bekerja optimal. Masing-masing perawatan tentunya akan berbeda. Meskipun sama-sama mobil namun ada perbedaan cara merawat mobil baru dan mobil bekas. Kita tidak bisa menyamakan perawatan mobil baru dengan mobil bekas. Ko tidak bisa?

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Ketika kamu membeli mobil baru, sudah dipastikan kondisi mobil 100% masih baru tanpa ada noda atau kerusakan sedikitpun karena sudah melewati uji coba di pabrik. Nah, ketika kamu membeli mobil bekas, ada cara perawatan mobil tersendiri yang harus kamu lakukan. Mulai dari cara merawat interior mobil, merawat eksterior mobil, merawat mesin mobil hingga cara mengoptimalkan kinerja mesin mobil bekas.

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Bila Sahabat memiliki mobil bekas di rumahnya, ada baiknya kamu membaca Perawatan Mobil Kunci Utama Kendaraan Panjang Umur agar mobil kamu selalu memiliki performa yang optimal.

Jika melihat keadaan sekarang, sudah banyak anak muda yang dibekali kendaraan oleh orang tuanya, apalagi yang pergi merantau. Maksudnya jelas bukan untuk memanjakan, melainkan memudahkan mereka bepergian kapan saja dan ke mana saja. Di artikel 5 Mobil Hatchback yang Masih Menjadi Tren Kaum Urban 2020 para anak muda bisa mendapatkan info mengenai mobil apa yang cocok dilihat dari segi harga, jenis mobil dan tentunya biaya perawatan mobil yang murah.

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Namun sayangnya, tidak jarang ditemukan anak-anak muda yang bahkan enggan mencuci mobilnya sendiri. Padahal pengetahuan tentang kendaraanmu sendiri itu penting lho. Melakukan perawatan mobil memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun dengan merawat mobil bisa menghindarkan mobil dari kerusakan yang prematur. Nah, berikut akan dibahas sedikit perawatan eksterior mobil dan perawatan interior mobil apa saja yang harus kamu lakukan.

Mobil kotor bisa menyebabkan ‘penyakit’

Penampilan mobil yang selalu terlihat bersih dan kinclong menggambarkan sang pemilik yang apik. Namun banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara melakukan perawatan mobil bagian cat agar tetap bersih dan mulus, sehingga warna menjadi lebih awet serta tidak cepat kelihatan pudar.

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Buat kamu yang masih mempertanyakan apa sih pentingnya perawatan mobil, kamu bisa baca Pentingnya Perawatan Mobil, Perhatikan Komponen Berikut supaya kamu mengetahui komponen apa saja sih yang harus selalu dirawat. 

Jika membahas tentang perawatan mobil, sudah tentu bagian luar mobil khususnya warna mobil sangat dibutuhkan perawatan ekstra. Kamu tidak mau bukan mobil kamu terlihat kusam dan nampak tidak diurus. Karena sejatinya, warna mobil itu mencerminkan banyak hal lho, seperti kepribadian pemiliknya sendiri. Yakin tidak percaya? Coba deh kamu cek Warna Mobil Bisa Mencerminkan Banyak Hal Lho supaya kamu mengetahui kepribadianmu sebenarnya berdasarkan warna mobil yang kamu miliki.

Perawatan mobil bekas

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Berbicara mengenai perawatan mobil di bagian bodi atau warna mobil, ada 9 hal yang bisa menyebabkan warna mobil kamu pudar dan kusam. Seperti dilansir di situs resmi Daihatsu, berikut hal-hal yang bisa menyebabkan warna mobil kamu pudar dan kusam.

Aspal dan Kerikil

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Perawatan mobil di bagian eksterior terutama di bagian cat sangatlah penting. Karena ketika kamu melintas di jalanan, banyak potongan aspal atau kerikil yang berterbangan. Terlebih jika jalan yang dilalui kondisinya rusak, semakin banyak potongan aspal dan kerikil yang berterbangan yang merusak cat mobil. Karena jalan rusak juga bisa menyebabkan kaki-kaki mobil Sahabat rusak lho, coba deh kamu klik Kaki-kaki Mobil Perlu Dicek, Jangan Tunggu Jebol! Supaya kamu tidak lagi suka melibas jalanan yang rusak dengan kecepatan tinggi.

Hujan

Tanpa disadari air hujan merupakan benda yang dapat merusak cat mobil. Kandungannya zat asam di dalamnya dapat membuat cat mobil memudar atau membuat jamur. Kamu bisa melakukan perawatan mobil seperti menyiram dengan air keran setelah mobil diguyur hujan lalu di lap hingga kering sehingga asam yang menempel hilang.

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Oh iya jangan lupa Sahabat ketika musim hujan kamu harus melakukan perawatan mobil seoptimal mungkin agar terhindar dari kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri. Kamu bisa mendapatkan info yang lengkap dan tentunya menarik mengenai persiapan mobil menjelang musim hujan di sini Tips Sederhana dan Pintar Menghadapi Musim Hujan!.

Serangga

Tanpa kita sadari, terkadang ada serangga yang hinggap di body mobil. Perlu diperhatikan bahwa beberapa serangga ternyata dapat menghasilkan zat asam. Seperti sudah dijelaskan di poin sebelumnya, untuk menghilang zat asam, kamu bisa melakukan perawatan mobil sederhana dengan mencuci mobil kamu dengan air keran.

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Jika kamu sudah rajin mencuci mobil namun warna mobil kamu tetap kusam mungkin bisa jadi jamur adalah penyebabnya. Kamu bisa melakukan perawatan mobil untuk menghilangkan jamur di bodi mobil dengan cara melakukan coating mobil. Apa sih benefit dari coating mobil dan bagaimana cara perawatannya, kamu bisa baca di Manfaat Coating Mobil dan Perawatannya yang Wajib Diketahui supaya warna mobil kamu tetap kinclong.

Debu

Debu yang menempel di mobil dapat merusak dan menggores cat mobil. Bahkan beberapa orang pun iseng menuliskan kata-kata di atas body yang berdebu, dan hal ini membuat kondisi cat dapat semakin parah. Sudah pasti kamu harus melakukan perawatan mobil dengan mengelap mobil di pagi hari agar debu tidak menempel di bagian eksterior mobil kamu.

Getah

Bagi yang suka parkir di bawah pohon, patut diawasi tetesan getah di mobil. Ternyata getah dapat merusak cat mobil. Jika cat mobil ketetesan getah, sebaiknya pemilik mobil segera membersihkannya dengan pembersih lem atau pembersih cairan lengket. Setelah bersih dari getah bisa menggunakan cairan pelindung cat.  Mudah bukan untuk melakukan perawatan mobil agar terhindar dari getah pohon yang menempel.

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Nah perawatan mobil di bagian eksterior beragam Sahabat, mulai dari cuci mobil, waxing, poles hingga yang paling modern nano coating. Ketika kamu memilih untuk membeli mobil bekas, kamu bisa mendapatkan mobil dengan kondisi baru seperti mobil-mobil di Garasi.id atau mobil yang membutuhkan perawatan ekstra.

Ingat, tidak hanya mobil bekas saja kok yang membutuhkan perawatan mobil di bagian warna mobil. Supaya mobil kamu memiliki warna cerah kembali, kamu bisa mendapatkan info, tips dan trik yang mengenai perawatan mobil menarik disini

Perawatan Mobil Bekas Tidak Sulit! Begini Tips dan Triknya

Selain itu, jika kamu gemar dengan mobil warna putih, kamu harus mengikuti langkah-langkah perawatan mobil di artikel Jangan Salah, Begini 5 Cara Merawat Cat Mobil Yang Benar supaya warna mobil putih kamu tetap terjaga. Jika kamu memiliki mobil warna putih dibutuhkan perawatan ekstra agar baret-baret halus dan goresan karena terbentur sesuatu tidak nampak dan mengurangi keindahan mobil kamu.

Nah, itulah informasi soal perawatan mobil bagian eksterior yang perlu kamu ketahui baik itu mobil bekas atau mobil baru, hingga memahami apa saja yang bisa membuat mobil kamu kusam. Semoga informasi tentang ban mobil diatas bisa menambah wawasan Sahabat Garasi semuanya. 

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Apr 2020 | 07:10 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitaspromopaketjasaservistokogarasiidmudikjabodetabek