Berbagai macam merk mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya, itu semua disesuaikan dengan iklim dan kebutuhannya di negara asl.
Di dunia otomotif, mobil-mobil yang meluncur dibagi menjadi 3 kategori menurut regional produsennya

Perbedaan Mobil Jepang, Eropa dan Amerika

07 Jul 2019 | 19:26 WIB
BAGIKAN

Setiap produsen mobil di seluruh penjuru dunia pasti memiliki ciri khasnya masing masing, terutama yang paling signifikan adalah dari negara-negara produsen mobil terkenal seperti Jepang, Eropa, dan Amerika. Beda negara, tentu beda juga kualitas dan karakter dari kendaraan yang diproduksinya. Misalnya mobil Jepang yang identik dengan fitur canggih, mobil Amerika yang memiliki mesin bertenaga tinggi, serta mobil Eropa yang identik dengan kemewahan.

Jepang

Siapa yang tak tahu ciri khas mobil pabrikan Jepang? Ya, mobil buatan Jepang identik dengan harga yang terjangkau, irit bahan bakar, fitur yang canggih dan fleksibel. Tidak hanya itu, biasanya mobil buatan Jepang memiliki desain yang simpel dan terkadang juga terkesan futuristik, berbeda dengan mobil buatan Eropa yang desainnya identik dengan kemewahan dan kesan eksklusif. Bahkan, mobil jepang juga terkenal dengan teknologinya yang maju.

Perbedaan Mobil Jepang, Eropa dan Amerika


Untuk soal mesin, mobil buatan Jepang biasanya cenderung ekonomis, memiliki kapasitas yang kecil namun efisien dan mampu melaju kencang, serta canggih tentunya. Bicara soal transmisi, banyak mobil buatan Jepang yang dirancang dengan transmisi matik, mulai dari mobil mini, city car, MPV, SUV bahkan mobil sport. Hal ini dikarenakan jalanan di Jepang lumayan sering terjadi kemacetan pada saat jam-jam kerja, terutama di jalan protokol. Oleh karena itu, hal ini bertujuan untuk memudahkan para pengendara agar tidak ribet dalam melakukan perpindahan gigi pada saat terjadi kemacetan.

Amerika

Nah, untuk yang satu ini, pasti kalian pernah melihatnya di sekuel film Drive, Gone in 60 Seconds, dan Fast & Furious. Ya, mobil buatan Amerika memang terkenal dengan kapasitas mesinnya yang besar serta bentuknya yang terkesan garang. Hal ini disebabkan karena banyak sekali jalan bebas hambatan di Amerika dan jarang terjadi kemacetan.

Perbedaan Mobil Jepang, Eropa dan Amerika


Meskipun memiliki kapasitas mesin yang besar, mesin amerika belum dapat dikatakan canggih. Sebab, misalnya terdapat mesin dengan kapasitas 4000 cc, masih banyak yang belum V8, padahal mesin pada mobil buatan Eropa ataupun Jepang yang memiliki kapasitas mesin sebesar itu sudah merupakan V8.

Eropa

Berbeda dengan mobil pabrikan jepang yang terkesan simpel dan fleksibel, mobil buatan Eropa justru memiliki kesan mewah nan eksklusif dan identik dengan harga yang cukup mahal. Bagaimana tidak, Mobil-mobil Eropa terkenal dengan kualitas material interior yang tinggi serta desain eksterior yang cukup awet. meskipun tidak cenderung futuristik namun desain mobil Eropa tidak bisa diremehkan.

Perbedaan Mobil Jepang, Eropa dan Amerika


Bicara soal mesin, mobil-mobil pabrikan Eropa cenderung memiliki karakter mesin yang halus dan bertenaga, efisien, suaranya yang melengking dan mesin mobil buatan Eropa juga terkenal mampu menempuh kecepatan yang tinggi namun tetap ramah lingkungan. Meski begitu, cukup jarang mobil buatan Eropa yang menggunakan transmisi matik, karena disana jarang terjadi kemacetan. Biasanya mobil bertransmisi matik itu sendiri dijual di luar Eropa seperti negara-negara di Asia dan Amerika.

Jadi, itulah beberapa ciri khas dan perbedaan dari ketiga negara produsen mobil-mobil terkenal. Mana mobil favoritmu Sahabat?

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 07 Jul 2019 | 19:26 WIB
BAGIKAN