Pegadaian
Pegadaian

#PilihanAman Beli Mobil Bekas Dengan Kredit Syariah dan Keunggulannya

10 Jul 2020 | 13:47 WIB

Membeli mobil bekas dengan cara kredit atau dicicil sudah menjadi hal yang lazim dilakukan di masyarakat. Selain mengurangi beban biaya, membeli mobil bekas secara kredit juga membuat kamu bisa memilih jenis dan tipe mobil secara bebas karena varian yang tersedia sangat banyak. 

Biar Tidak Rugi, Berikut Keuntungan Kredit Mobil Syariah yang Perlu Diketahui

Saat ini, kebutuhan akan mobil bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan primer guna menunjang aktivitas sehari-hari. Harga mobil baru yang mahal sehingga menjadi kendala, membuat orang beralih untuk membeli mobil bekas. Akan tetapi, ada sebagian orang yang tidak ingin membeli mobil bekas secara kredit karena mengandung unsur riba. Tapi jangan khawatir karena saat ini banyak platform yang menyediakan kredit berbasis syariah. 

Biar Tidak Rugi, Berikut Keuntungan Kredit Mobil Syariah yang Perlu Diketahui

Seiring dengan perkembangnya industri perbankan dan nonbank, banyak yang menerapkan prinsip syariah yang sudah sesuai dengan aturan dan fatwa Dewan Syariah Nasional. Rata-rata platform yang menyediakan kredit syariah adalah platform yang jual beli mobil bekas, seperti Garasi.id. Sebenarnya, apa sih keuntungan membeli mobil bekas dengan kredit syariah? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kredit syariah beli mobil bekas

Biar Tidak Rugi, Berikut Keuntungan Kredit Mobil Syariah yang Perlu Diketahui

Di dalam sistem kredit syariah, akad murabahah adalah prinsip yang dipegang. Artinya, pembiayaan untuk membeli kendaraan diberikan sesuai dengan harga kendaraan tersebut. Ditambah oleh margin untuk pemberi kredit yang disepakati di awal. Sehingga proses pembelian kendaraan bisa dilakukan dengan cara kredit selama tenor yang ditentukan. Tidak hanya dimiliki oleh perbankan syariah, banyak lembaga jasa keuangan lainnya yang menggunakan sistem kredit syariah dalam pembiayaannya. 

Kredit Syariah Lebih Ringan

Biar Tidak Rugi, Berikut Keuntungan Kredit Mobil Syariah yang Perlu Diketahui

Dalam kredit syariah, tidak dikenal istilah suku bunga kredit, sebab sistem yang digunakan dalam kredit syariah adalah sistem bagi hasil. Keuntungan yang akan didapatkan oleh bank atau lembaga pembiayaan, akan ditetapkan di awal, di mana besaran keuntungan tersebut telah dipatok pada kisaran tertentu oleh bank atau lembaga pembiayaan tersebut.

Jumlah Angsuran Flat

Biar Tidak Rugi, Berikut Keuntungan Kredit Mobil Syariah yang Perlu Diketahui

Cicilan pada kredit konvensional dijalankan dengan menggunakan sistem bunga mengambang, di mana suku bunga bisa saja berubah sewaktu-waktu. Sedangkan kredit syariah, sejak awal tidak mengenakan sejumlah bunga di dalam layanan mereka. Dengan begitu, jumlah cicilan yang harus dibayarkan akan selalu sama sejak awal kredit hingga masa akhir kredit tiba.

Tidak Ada Istilah Denda Telat Bayar

Kredit konvensional akan menggunakan sejumlah biaya denda terhadap nasabah yang terlambat melakukan pembayaran cicilan. Hal serupa tidak akan kita temui di dalam kredit syariah, sebab lembaga ini tidak mengenal istilah denda. Jika nasabah terlambat melakukan pembayaran, maka pihak bank atau lembaga pembiayaan akan menarik sejumlah dana sebagai konsekuensi atas keterlambatan tersebut.

Biar Tidak Rugi, Berikut Keuntungan Kredit Mobil Syariah yang Perlu Diketahui

Namun sejumlah dana tersebut akan disumbangkan kepada lembaga sosial dan tidak menjadi bagian keuntungan/pendapatan bagi pihak bank atau lembaga syariah tersebut. Ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi kredit syariah, dimana nasabah bisa berinfaq lewat mereka.

Mobil Amanah Cara Syariah

Penyedia kredit memiliki peranan yang cukup vital dalam proses kredit mobil bekas. Dari merekalah Sahabat akan mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk menutup biaya pembelian mobil bekas, dan kepada mereka jugalah Sahabat membayar angsuran kredit tiap bulannya. Pada dasarnya pihak penyedia kredit mobil bekas tidaklah berbeda jauh dengan penyedia kredit mobil baru. Namun, kalian juga harus memilih penyedia kredit yang sudah memiliki reputasi yang baik seperti halnya partner pembiayaan terbaik Garasi.id yakni Pegadaian. 

#PilihanAman Beli Mobil Bekas Dengan Kredit Syariah dan Keunggulannya

Pegadaian memiliki salah satu fitur unggulan yaitu Pegadaian Amanah dimana Sahabat akan mendapatkan penawaran pembiayaan kendaraan yang berprinsip syariah, adil dan sesuai dengan fatwa MUI. Tentunya, Sahabat juga akan semakin nyaman dan aman ketika bertransaksi melalui Pegadaian karena ketentuan-ketentuan dan pelaksanaan operasional Syariah diawasi langsung oleh DSN (Dewan Syariah Nasional).

Tentu, Garasi.id juga sudah mempersiapkan mobil bekas yang memiliki kondisi terbaik yang akan sangat tepat dikombinasikan dengan pembiayaan Syariah dari partner kita Pegadaian. Melalui fitur unggulan Mobil Pilihan, Sahabat akan mendapatkan mobil bekas yang umurnya masih muda, kilometernya rendah, bergaransi dan sudah melewati tahapan inspeksi secara mendetail dan menyeluruh. 

#PilihanAman Beli Mobil Bekas Dengan Kredit Syariah dan Keunggulannya

Tidak hanya itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi pembelian mobil di Garasi.id, kami telah menerapkan beberapa tindakan untuk menjaga kebersihan baik interior dan eksterior mobil. Sebanyak 42 titik komponen pada mobil akan kami semprot dengan cairan desinfektan dan membungkus beberapa bagian seperti kemudi, tuas persneling, tuas rem tangan serta kursi untuk tetap menjaga sterilisasi mobil. Jadi, Sahabat akan mendapatkan benefit berupa mobil yang benar-benar terhindar dari ancaman virus covid-19. Sebagai penutup, kalian bisa menggunakan layanan Tes Drive di rumah untuk memastikan bahwa mobil yang dipilih adalah #PilihanAman untuk beraktivitas.

Foto: Garasi.id



Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Jul 2020 | 13:47 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

infoberitapenjualanmobilbaru2017indonesia