Perawatan Mobil
Toko Garasi.id

Punya Mobil Jangan Cuma Dikendarai, Kamu Perlu Lakukan Ini

02 Mei 2019 | 12:58 WIB
BAGIKAN

Keputusan memiliki mobil dapat didasari oleh berbagai latar belakang. Salah satunya adalah kebutuhan sarana transportasi untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Untuk alasan tersebut tentunya sebagai pengendara pasti sangat tidak menyukai jika kondisi mobil bermasalah ketika digunakan. Agar hal itu dapat dicegah, caranya adalah dengan melakukan perawatan berkala.

Servis berkala atau servis rutin biasanya termasuk prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Apabila mobil masih dalam masa garansi tapi tidak melakukan perawatan berkala di bengkel resmi maka garansi yang dimiliki tersebut bisa hangus atau tidak berlaku lagi.

Punya Mobil Jangan Cuma Dikendarai, Kamu Perlu Lakukan Ini

Tidak hanya mobil baru, untuk Sahabat yang memiliki mobil bekas juga wajib melakukan perawatan berkala untuk mobil kesayanganya agar kondisinya tetap prima.

Keuntungan Melakukan Perawatan Mobil

Manfaat yang Sahabat dapatkan apabila melakukan servis berkala pada kendaraan yaitu kondisi mesin kendaraan akan selalu dalam performa yang maksimal. Seiring dengan pemakaian kendaraan untuk keperluan sehari-hari, pastinya beberapa komponen akan mengalami perubahan. Misalnya seperti saringan udara menjadi kotor, busi menjadi aus, atau kampas rem yang semakin tipis. Pada perawatan berkala, komponen tersebut dilakukan pembersihan atau penyetelan kembali. Jika ada part mobil yang tidak dapat berfungsi maka akan dilakukan penggantian. Dengan begitu maka kondisi mesin mobil akan selalu dalam kondisi yang maksimal.

Dengan melakukan perawatan kendaraan secara rutin, maka semua sistem bisa dipastikan bekerja dengan baik. Jika kendaraan selalu dalam kondisi yang baik maka pengendara akan terhindar dari perasaan was-was. Berkendara pun menjadi lebih tenang dan nyaman.

Baca juga: Tips Menghindari Mobil Bekas Bermasalah

Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi beban pengeluaran yang lebih besar. Jika masalah pada kendaraan dapat terdeteksi lebih awal sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah dan lebih banyak. Hal ini cukup penting karena pada mobil banyak berbagai system yang saling berkaitan. Dengan mengetahui kondisi lebih awal maka Sahabat bisa mengatur pengeluaran untuk penggantian komponen yang rusak tersebut.

Mobil mogok di jalan menjadi hal yang paling dihindari bagi pengendara. Dengan melakukan servis berkala maka kondisi tersebut dapat diminimalisir. Kendaraan yang tiba-tiba mogok bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti kondisi aki yang lemah, aliran bahan bakar yang tidak lancar, sistem pengisian yang tidak normal, minyak kopling habis, dll. Selain itu, resiko akan adanya kerusakan juga dapat dikurangi sehingga umur kendaraan juga menjadi lebih lama.

Sebagai pengguna jalan raya, ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengemudikan kendaraan di jalan raya. Misalnya seperti melakukan uji emisi untuk menekan tingkat polusi udara. Jika tidak melakukan Perawatan secara rutin maka kendaraan Sahabat akan sulit memenuhi peraturan tersebut.

Tidak hanya bagian mesin, perawatan mobil itu harus dilakukan secara menyeluruh yang meliputi bagian interior hingga eksterior. Karena jika kondisi mobil Sahabat sehat luar dalam, Sahabat pun akan merasakan kenyamanan saat berkendara baik sendiri maupun bersama keluarga. Dan meski berpergian dengan jarak tempuh yang jauh pun, Sahabat dan keluarga akan merasa tenang karena mobil dirawat dengan baik. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 02 Mei 2019 | 12:58 WIB
BAGIKAN