Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

04 Sep 2017 | 11:39 WIB
Jual beli mobil bekas adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan di Indonesia. Minat memiliki mobil pribadi sekarang ini cukup tinggi. Apalagi bagi keluarga yang memiliki anak kecil, kendaraan pribadi terasa sebagai kebutuhan utama. Namun, karena pertimbangan ekonomi, banyak orang memilih untuk beli mobil bekas daripada baru. Inilah yang membuat bisnis mobil bekas adalah peluang yang besar.

Sayangnya, berjualan mobil bekas membutuhkan keahlian khusus. Apalagi harga produk yang dijual memang mahal, puluhan dan ratusan juta rupiah. Orang kemudian berpikir hanya mereka yang bermodal besar yang bisa terjun ke bisnis ini. Ternyata, asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar lho, Anak Garasi. Ada jaringan mobil besar yang bermula dari usaha kecil-kecilan. Ini rahasia mereka yang bisa Anda terapkan.

1. Mulai Dari Menjadi Perantara Jual Beli

Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Kalau membuka toko masih dirasa terlalu mahal, mulailah dengan menjadi perantara jual beli mobil agar Anda mendapat banyak pengalaman. Selain jadi tahu teknik berjualan, Anda juga jadi bertemu banyak calon pembeli dan memahami karakter mereka. Jenis mobil apa yang paling diminati di daerah Anda juga bisa diketahui ketika Anda berperan sebagai makelar. 

Pilihan lainnya, Anda bisa bekerja dahulu untuk tim pemasaran perusahaan mobil. Selama menjadi orang pemasaran, Anda juga akan bertemu klien dan memahami selera mereka akan mobil. Dari pengalaman tersebut, Anda akan dapat gambaran seperti apa pasar mobil bekas di daerah Anda.

2. Beli Dari Penjual Individual


Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Saat memutuskan untuk terjun ke bisnis jual beli mobil bekas, hindari beli mobil dari makelar. Pilih mobil yang dijual oleh pemilik individual. Jika dibeli dari makelar atau toko lain, harganya tentu lebih tinggi karena mereka juga perlu mengambil keuntungan. Kalau membeli dari pemilik individual bisa lebih murah, apalagi kalau orang bersangkutan sedang membutuhkan uang cepat. Anda bisa melakukan pembelian ini secara online karena banyak orang menjual mobil pribadinya di internet.

3. Tak Ketinggalan Berita Tentang Tren Harga

Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Bagi pedagang mobil bekas, tren harga adalah hal yang wajib dipahami. Anda harus tahu harga berapa suatu mobil dikatakan murah atau mahal. Hanya dengan memahami harga inilah, Anda dapat membeli mobil dengan harga cukup bersaing dan menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi.

4. Berlangganan Dengan Bengkel

Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Memahami mobil juga menjadi modal wajib penjual mobil bekas karena Anda tentunya harus mengecek kondisi mobil sebelum dibeli dan dijual. Selain itu, sangat penting untuk berlangganan dengan bengkel. Apabila mobil yang baru dibeli butuh perbaikan, Anda bisa melakukannya dengan biaya lebih kecil kalau punya bengkel langganan. Dengan meminimalisasi pengeluaran untuk perbaikan, jumlah keuntungan dari berjualan bisa lebih tinggi.

5. Patuh Pada Aturan Hukum

Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Membeli mobil bekas bodong memang harganya murah, tetapi jangan sekali-kali melakukannya karena Anda bisa berurusan dengan hukum. Mobil tanpa surat-surat lengkap biasanya merupakan hasil curian atau dijual tanpa izin pemilik aslinya. Anda bisa dituduh sebagai penadah mobil curian. Selain itu, kebanyakan orang juga enggan beli mobil bermasalah seperti ini. 

Jadi, agar bisnis jual beli mobil bekas berjalan baik, pastikan Anda hanya membeli dan menjual mobil dengan surat-surat lengkap. Prosedur jual belinya pun dilakukan dengan benar, mulai dari perjanjian jual beli yang sah sampai metode transfer pembayaran yang aman.

5. Bangun Relasi Dan Pasang Banyak Iklan


Rahasia Di Balik Bisnis Jual-Beli Mobkas

Dalam berjualan mobil bekas, membangun relasi menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Dengan relasi yang luas, Anda akan tahu siapa-siapa yang sedang membutuhkan kendaraan pribadi atau sedang ingin menjual mobilnya. Selain itu, dengan relasi yang baik, Anda juga bisa membuat calon pembeli lebih percaya. Terakhir, pasang banyak iklan jual mobil bekas. Gunakan semua media yang bisa dijangkau, mulai dari iklan langsung yang ditulis di mobil, memanfaatkan media sosial, sampai memasang iklan di situs jual beli mobil bekas seperti Garasi.id. 

Setelah beberapa lama Anda menjalani kegiatan jual beli dan yakin akan prospeknya, Anda bisa mulai memberanikan diri membuka toko—bisa yang kecil dulu, tidak harus langsung showroom yang besar. Anda juga sebaiknya tetap melakukan penjualan secara online ketika sudah punya showroom karena sekarang ini, pembeli mobil bekas lebih sering melakukan pencarian di internet. Selamat mencoba, Anak Garasi!

Foto : Internet
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 13:30 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline