Garasi.id
Garasi.id Solusi Jual Beli Mobil Bekas

Rasa Cemas Saat Beli Mobil Bekas Bisa Teratasi Dengan Garasi.id

20 Apr 2019 | 18:53 WIB
BAGIKAN

Memiliki bujet terbatas dan menjadikan mobil bekas sebagai solusi itu adalah pilihan tepat untuk Sahabat yang ingin memiliki mobil idaman namun tidak memiliki dana yang cukup banyak. Seperti sempat disinggung dalam artikel sebelumnya, membeli mobil bekas tidak semua kondisinya buruk karena tidak semua orang akan menjual mobilnya karena rusak ataupun lecet. Banyak orang yang cepat merasakan bosan dengan mobil barunya dan ingin menggantinya lagi dengan mobil keluaran terbaru lainnya.

Oleh karena itulah banyak sekali mobil keluaran terkini, sudah berada di pasar mobil bekas dan ini tentunya bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Sahabat yang ingin memiliki mobil sendiri. Di sisi lain performa yang dimiliki oleh mobil bekas kenyataannya tidak jauh berbeda dengan kondisi baru, asalkan mobil itu mempunyai riwayat pemakaian baik maka bisa tetap bersaing dengan yang lainnya.

Rasa Cemas Saat Beli Mobil Bekas Bisa Teratasi Dengan Garasi.id

Baca juga: Mau Beli Mobil Tapi Bujet Pas, Beli Mobil Bekas Tapi….

Maka dari itu, sebelum Sahabat memutuskan beralih untuk membeli mobil baru dibandingkan mobil bekas berikut beberapa alasan kenapa harus membeli mobil bekas: 

1. Bertahan Hingga 6 Digit

Pendapat umum banyak menyatakan bahwa jika mobil Sahabat sudah mencapai jarak tempuh 100.000 kilometer, maka sudah saatnya mobil tersebut untuk di ganti. Namun, saat ini, angka tersebut hanyalah separuh dari angka sesungguhnya. Mobil-mobil keluaran terbaru sudah sanggup bekerja dengan baik walaupun jarak tempuhnya sudah mencapai 200.000 kilometer. Semua itu tergantung dari perawatan mobil Sahabat. Bahkan jika Sahabat mampu merawat kendaraan Sahabat dengan baik, mobil Sahabat bisa di gunakan hingga jarak tempuh enam digit maksimalnya atau setara 900.000 kilometer. Karena itu rawatlah mobil lama Sahabat dengan baik sehingga kebutuhan untuk membeli mobil baru tidak  terlalu mendesak.

Sehingga Sahabat bisa lebih menggunakan uang yang Sahabat miliki kepada kebutuhan lainnya dengan memiliki sifat lebih penting. Daripada harus menuruti kemauan dan kesenangan yang tidak ada habisnya, maka lebih baik untuk memanfaatkannya kepada hal yang lebih berguna.

2. Mobil Bekas Jauh Lebih Murah

Salah satu alasan utama mengapa kebanyakan orang memilih mobil bekas adalah dari segi biaya. Adanya penyusutan nilai barang setelah digunakan, membuat harga mobil baru anjlok saat ingin di jual kembali. Tapi lain hal lagi dengan mobil bekas, biasanya mobil bekas yang di jual memiliki standar harga dengan penyusutan nilai yang jauh lebih rendah apabila di bandingkan dengan mobil baru.

3. Fitur Bagus 

Setiap orang pasti mempunyai kriteria mobil idamannya masing-masing, namun tak jarang harga mobil tersebut sangat mahal. Lain hal jika dengan mengincar mobil bekas, Sahabat dapat memilih spesifikasi yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, tapi juga di dukung dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Setiap tahun brand-brand ternama otomotif selalu meluncurkan mobil-mobil tipe baru dengan spesifikasi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Maka itu artinya, akan ada banyak pilihan mobil bekas yang telah di jual di pasaran. Sahabat dapat dengan leluasa pergi langsung ke showroom dan memilih fitur-fitur mobil serta brand yang Sahabat inginkan, juga dengan di dukung dengan harga yang terjangkau tentunya secara lebih spesifik. Bukankah dengan hal demikian akan jauh lebih mengesankan saat bisa membawa pulang mobil idaman dengan harga murah? Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila di mulai dari sekarang Sahabat untuk mulai memikirkan membeli mobil bekas.

4. Mudahnya Membeli Mobil Bekas Dengan Kredit

Banyaknya program perbankan untuk kredit mobil bekas, Sahabat bisa lebih mudah untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan nilai pinjaman dari bank. Selain itu juga, tingkat bunga yang lebih rendah memungkinkan Sahabat untuk membayar cicilan dengan sangat ringan. Pembiayaan kredit mobil dapat dilakukan dengan cicilan per bulan dan jangka waktu mulai dari satu tahun.

Membeli mobil bekas merupakan keputusan bijak bagi sahabat yang cermat dalam mengatur keuangan, dengan kredit pinjaman serta harga terjangkau, DP yang dibayarkan pun terbilang ringan dan tidak akan sampai membebani kondisi finansial Sahabat. Jika Sahabat memang membutuhkan kendaraan roda empat, tak ada salahnya mempertimbangkan dan memanfaatkan opsi kredit mobil bekas.

5. Biaya Bulanan

Dengan adanya mobil baru, bertambah pula biaya yang harus dikeluarkan. Mobil terbaru tentu membutuhkan premi asuransi yang jauh lebih mahal. Selain itu, mobil keluaran terbaru juga wajib menggunakan bahan bakar non subsidi pemerintah, yang berarti biayanya lebih mahal lagi. Pajak kendaraan baru, terutama kendaraan mewah, jelas sangat mahal jika dibandingkan pajak kendaraan bekas.

6. Depresiasi Harga

Depresiasi merupakan salah satu hal yang tak begitu disukai oleh para pemilik kendaraan pada umumnya. Namun, mau tidak mau, hal tersebut haruslah bisa diterima. Rata-rata sebuah mobil mengalami penurunan harga sekitar 15 persen hingga 25 persen per tahun selama lima tahun pertama sejak awal pembeliannya. Oleh karena itu, daripada membeli sebuah mobil baru, lebih baik Sahabat pertimbangkan untuk membeli mobil bekas yang berumur lebih dari lima tahun. Selain harganya jauh lebih murah, setelah berumur lima tahun, penurunan harga mobil itu tidak akan terlalu signifikan lagi di pasaran.

7. Kualitas Tidak Beda Jauh

Saat ini banyak dealer yang menjual mobil bekas dengan kondisi mobil yang masih sangat bagus. Dari tampak luar pun masih terlihat seperti mobil baru. Karena itu, Sahabat harus pintar-pintar mencari mobil bekas yang berumur masih muda dan jarak tempuh juga masih sedikit. Jika beruntung, maka Sahabat akan mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang masih bagus.

8. Kehabisan Uang

Jika Sahabat  membutuhkan uang untuk membiayai sekolah anak atau hal lainnya, menambahkan cicilan mobil ke dalam pengeluaran Sahabat bisa membuat keadaan keuangan Sahabat menjadi goyah. Jumlah cicilan yang sudah terlalu banyak tiap bulannya bisa membuat gaji Sahabat tak bersisa untuk tabungan. Walaupun kelihatannya aman-aman saja, tapi Sahabat tak akan pernah tahu jika suatu saat membutuhkan dana darurat karena suatu hal. Selain itu, jika Sahabat masih memiliki cicilan yang belum lunas, Sahabat pun akan sulit untuk mendapatkan cicilan mobil karena pihak bank akan sangat berhati-hati dalam memberikan pinjaman atau kredit.

Nah, untuk urusan mencari mobil bekas berkualitas. Sahabat bisa cek di Garasi.id. Sahabat bisa dengan tenang memilih mobil bekas sesuai yang diinginkan. Di Garasi.id Sahabat bisa menemukan banyak pilihan mobil bekas mulai dari tahunnya, jenis transmisi, type, merek, dan lain-lain. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 20 Apr 2019 | 18:53 WIB
BAGIKAN