American Muscle
Mobil Muscle Terbaik

Sederet Mobil Muscle Bekas Terbaik Sepanjang Masa

18 Des 2019 | 13:01 WIB

American Muscle adalah sebuah nama mobil tua yang penuh dengan keunikan dan banyak di cari-cari oleh penggemar mobil dan collector mobil-mobil tua. Mobil tua yang sangat legendaris dan sangat unik untuk para penggemar mobil tua dan para collector ini banyak menarik perhatian orang, dan tidak sedikit orang yang mencari mobil muscle bekas ini. Kali ini kita akan memberikan 5 mobil muscle bekas terbaik sepanjang masa dan tidak pernah ada kata mati di dalam mobil tersebut.

1. 1967 Pontiac GTO

Sederet Mobil Muscle Bekas Terbaik Sepanjang Masa

Pontiac GTO : mobil muscle bekas yang satu ini mempunyai tenaga mesin yang besar dalam sebuah blok mesin kecil yang berukuran sekitar 400 kubik yang bisa menghasilkan 255 tenaga kuda pada mobil muscle bekas. Bobot beban mobil muscle bekas ini pun tidak terlalu berat di bandingkan dengan mobil - mobil muscle bekas yang lain bahkan ada yang mengatakan bahwa mobil muscle bekas yang satu ini mempunyai body yang besar tetapi bobot akan beratnya tidaklah sesuai dengan mobil muscle bekas tersebut bahkan bisa dikatakan mobil muscle bekas ini termasuk mobil muscle bekas enteng yang mempunyai badan besar. Kamu juga bisa baca Muscle Car dan Pony Car Berbeda.

2. 1968 Plymouth Road Runner Hemi

5 Mobil Muscle Terbaik Sepanjang Masa

Plymouth Road Runner dikembangkan sebagai mobil muscle bekas dengan harga pertengahan dan ditempatkan antara satelit dan Belvedere Model berbaris. Dibangun pada platform B-tubuh. Mobil muscle bekas Road Runner adalah cahaya yang menampilkan beberapa fasilitas. Hal ini tidak hanya mendorong harga kendaraan ke wilayah yang paling mampu, tapi itu memberi keuntungan lebih pada kendaraan berat. Pada mobil muscle bekas Road Runner, bagian depan dan belakang kursi terdiri dari dua bangku. Tidak ada radio, tidak ada AC, tidak ada cruise control, tidak ada trim, dan sangat sedikit pilihan warna. Sebagian besar pilihan mobil muscle bekas ini tersedia kecepatan dan percepatan.

3. 1969 Ford Mustang Boss 429

The Boss 429 adalah mobil muscle bekas hasil dari kerajinan tangan. dimaksudkan semata-mata untuk memenuhi aturan homologating NASCAR. Mobil muscle bekas jenis Coupe ini lebih panjang dari model sebelumnya dan memakai cembung dari pada cekung sisi "garis". Ford juga memperkenalkan model Grande mewah dilengkapi dengan panel kayu interior, jam kuarsa, dan 351 cid mesin Windsor.

Sederet Mobil Muscle Bekas Terbaik Sepanjang Masa

Mobil muscle bekas ini hanya tersedia dari tahun 1969 dan 1970, Boss 429 datang standar dengan Mustang SportsRoof (nama perusahaan baru untuk Fastback) dan mobil muscle baru versi Mach 1 interior deluxe. Mobil muscle bekas ini tidak ada memakai decals norak dan skema cat setiap harinya. Kap mesin mobil muscle bekas dan atap 15 di (380 mm) roda dilengkapi dengan ban Goodyear "Polyglas", dengan tulisan kecil "BOSS 429" decal pada setiap fender depan.

4. 1969 Chevrolet Camaro ZL1

5 Mobil Muscle Terbaik Sepanjang Masa

Pada tahun 1967 dan 1968, Yenko menjatuhkan 427 monster kubik inci dari Corvette ke dalam tubuh Camaro dan menciptakan beberapa Camaro yang paling kuat pada zaman tersebut. Salah satu prestasi Yenko adalah mahkota datang pada tahun 1969 ketika Yenko lelah menjual mobil muscle bekas Camaro dengan garansi terbatas karena modifikasi dan yakin Chevy menambahkan mobil muscle bekas Camaro 427 dilengkapi dengan sistem peralatan pemesanan khusus, yang dikenal sebagai COPO.

Ini penambahan Camaro 427-siap untuk COPO memungkinkan bagi Yenko untuk menjual mobil muscle bekas ini dengan GM-standar 5 tahun atau 50.000 mil garansi. Yenko memerintahkan grand total 198 dari 427s Camaro tersedia dari COPO. Jumlah COPO Camaro diproduksi dan dijual tidak diketahui, tetapi telah dikabarkan sebagai mana saja dari 500 sampai 1.000.

Dengan pengecualian dari 427 macet ke kompartemen mesin, yang 427s Camaro berasal dari COPO dengan hampir tidak ada mengidentifikasi mereka sebagai model khusus. Yenko memastikan untuk memesan nya dari COPO dengan roda 15-inch reli, stabilizer bar depan, dan speedometer 140 mph. Sisa kustomisasi adalah semua Yenko yang melakukan.

Tak perlu dikatakan, ini COPO-memerintahkan 1969 Yenko Camaro yang sulit didapat, tapi Legendaris Mobil Perusahaan punya tangan terhadap satu dan itu untuk lelang di Ebay.

5. 1970 Buick GSX Stage 1

5 Mobil Muscle Terbaik Sepanjang Masa

GM akhirnya mencabut larangan korporasi mesin lebih besar dari 400 inci kubik dalam tubuh menengah dan mobil muscle bekas Buick menanggapi dengan isian merek mesin baru 455 inci kubik menjadi GS dibenahinya. 455 mendorong perpindahan lebih, katup yang lebih besar, dan cam panas dari 400 dan juga dikawinkan dengan standar induksi udara dingin melalui sendok hood fungsional. 455 itu dinilai pada 350 bhp dan tunggul menarik 510-ft torsi. Ini adalah peringkat torsi tertinggi dari setiap mesin mobil muscle bekas produksi selain 472 dan 500 cid V-8 Cadillac, dan tidak ada mesin mobil muscle bekas mencapai itu pada rpm rendah (2800 rpm). Jika itu tidak cukup, Tahap 1 paket membawa cam panas, katup yang lebih besar, dan karburator direvisi. Buick mengatakan ini adalah sebesar 360bhp tetapi kebanyakan penguji percaya bahwa itu lebih dari 400bhp. Untuk top it off, Buick juga memperkenalkan mobil muscle bekas paket penampilan GSX. Tersedia hanya Saturnus Kuning atau Apollo Putih, paket mobil muscle bekas GSX menambahkan spoiler depan dan belakang, kontras garis-garis body, ban gemuk, hood tach, dan suspensi tugas berat. Semua ini ditambahkan mobil otot Buick utama sepanjang masa. The GS350 juga tersedia, tetapi California GS dijatuhkan. 350 V8 menerima peningkatan yang signifikan dalam tenaga hingga 315 bhp dan 410 lb-ft. Tidak buruk untuk blok kecil.

Nah Sahabat, itulah mobil muscle bekas terbaik sepanjang masa. Terkenal dengan daya pacunya yang kuat dan produksinya dikit, mobil muscle bekas ini sering menjadi primadona pada acara otomotif.

Modifikasi mobil muscle bekas seharga nissan GTR

Mobil-mobil American Muscle selalu menarik perhatian pecinta otomotif Indonesia. Jumlahnya yang jarang membuat keberadaannya di setiap acara-acara otomotif jadi bintang utama. Salah satunya Impala tahun 1962 milik Jonathan Salim. Ditemui beberapa waktu lalu di Tangerang, Impala ini hadir bukan dalam keadaan standar tapi sudah full modifikasi. 

"Untuk luar kita pakai warna tosca di bagian dasar. Lalu kita lapisi warna khusus merah muda. Pengecatannya biasa, di oven saja tapi efeknya jadi seperti warna bunglon," ucap Jonathan, seperti dilansir dari laman Kompas.com.

Jonathan menceritakan awal mula Impala ini sampai di tangannya adalah berkat orang tuanya yang hobi mobil klasik. Jonathan diserahkan Impala ini dalam keadaan penuh karat atau dalam kondisi bangkai. 

Sederet Mobil Muscle Bekas Terbaik Sepanjang Masa

Ia dan bengkelnya, JHL Custom Garage, pun mengerjakan mobil ini untuk dijadikan ikon bengkel. Langkah pertama yang dilakukan adalah memperbaiki eksterior kendaraan. 

"Kita tidak mau dempul.Semua bagian kita pesan dari luar, seperti pintu dan aksesori krom yang ada. Untuk di luar masih ada yang jual. Hanya waktu kedatangan barang saja yang cukup memakan waktu, bisa dalam sebulan hanya satu barang yang datang," ucap Jonathan. 

Untuk bagian dalam, Jonathan mengejar tampilan orisinil mobil klasik ini. Tidak ada penambahan perangkat modern yang merusak estetika, kecuali beberapa tambahan indikator. 

Bagian mesin, Jonathan membuang mesin lama dan menggantinya dengan mesin baru. Mesin Chevrolet V8 350 3.500 cc dipasangkan ke dalam Impala tersebut. 

"Kita pasangkan mesin yang lebih bertenaga. Pesannya juga dari luar, tinggal pasang. Pengerjaan hanya pada dudukan yang harus dibuat lebih dulu menyesuaikan mesin baru," ucap Jonathan.

Tambahan lainnya untuk Impala ini adalah penggunaan RideTech air suspension di keempat roda. Ini membuat tinggi rendah mobil dapat diatur sesuai kebutuhan.

Meski Impala ini sudah nampak sempurna, Jonathan masih belum puas mendandani mobilnya. Ia masih mengincar sisi pengereman mobil yang masih menggunakan perangkat jadul untuk diganti menjadi cakram. Selain itu di bagian steering rack yang saat ini masih belum menggunakan power steering. 

Lantas berapa biaya yang dikeluarkan selama lima tahun memodifikasi Impala ini? 

"Kalau berapa, karena dikerjakan satu per satu agak sulit ya mengukurnya. tapi bila ditotal jumlahnya sudah melebihi harga Nissan GT-R 2009," ucap Jonathan sambil terkekeh. 

Foto : Garasi.id