Sejarah Mobil
Sejarah Mobil Pertama Dunia

Sejarah Mobil Pertama Kali Ada di Dunia

15 Feb 2020 | 13:00 WIB

Kata mobil merupakan kependekan dari automobil yang berasal dari bahasa Yunani yaitu "autos" yang berarti sendiri dan bahasa latin "movere" yang artinya bergerak. Awal mula sejarah mobil ditemukan merupakan proses yang cukup panjang karena mobil sendiri merupakan sebuah kendaraan yang terdiri dari berbagai komponen yang mendukung pengoperasiannya.

Sejarah Mobil Pertama Kali Ada di Dunia

Perkembangan sejarah mobil di dunia telah berkembang pesat pada jaman yang telah modern ini, dari mobil yang berbahan bakar bensin, mobil dengan tenaga listrik, mobil menggunakan tenaga panas dan cahaya matahari atau tenaga surya. Begitu pula bentuk dari mobil itu sendiri, dengan berbagai model serta variasi exterior yang mewah dan interior yang elegan. Kecanggihan kelistrikan untuk perangkatnya pun ada yang sudah dibikin dengan setelan komputerisasi. Hingga tidak heran lagi harga mobil saat ini hingga miliar rupiah.

Sejarah Mobil Bertenaga Uap

Pada tahun 1769 seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis yaitu Nicolas J. Cugnot menciptakan sebuah kendaraan 3 roda dengan badan yang cukup besar dan digerakkan oleh mesin uap. Pada saat itu Cugnot membuat kendaraan ini untuk keperluan mengangkut meriam dalam medan perang. Hasil ciptaannya ini belum dapat dikatakan sempurna karena masih sangat sederhana, sehingga pernah mengalami beberapa kali kecelakaan.

Sejarah Mobil Pertama Kali Ada di Dunia

Hasil karya Nicolas J. Cugnot membuat insinyur lain tertarik dan mengikuti jejaknya. Seperti yang dilakukan oleh William Murdock yang melakukan kerja sama dengan James Watt dari Inggris dalam menciptakan kendaraan sejenis bermesin uap pada tahun 1784.

Lalu ada juga beberapa ilmuwan lain yang menciptakan kendaraan sejenis bermesin uap seperti Richard Trevitchik, Sir G. Gurnay yang pada tahun 1830 kendaraan ciptaannya mampu melaju dengan kecepatan 20 km/jam. Hingga menjelang akhir abad 19 kendaraan bermesin uap terus bermunculan, walaupun mesin yang digunakan tersebut sering sekali mengalami masalah karena meledak. Selain itu mesin ini mempunyai suara yang lebih senyap dan tidak menghasilkan asap tebal yang mengganggu.

Memasuki pertengahan abda ke 19 perkembangan sejarah mobil mulai berkembang pesat, saat itu para ilmuwan mulai merancang konsep kendaraan dengan mesin berbahan bakar lainnya. Di tahun 1860 seorang insinyur Perancis yaitu Joseph E. Lenoir berhasil membuat sebuah mesin dengan bahan bakar campuran antara batu bara dan gas serta udara atmosfer.

Sejarah mobil berbahan bakar bensin

Namun pada tahun 1886, seorang warga Negara Jerman bernama Karl Benz mempunyai pengembangan mobil dengan bahan bakar bensin. Sejarah mobil di dunia pertama kali dengan bahan bakar bensin ini bernama Carl Benz. Sedangkan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin ini pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuannya tersebut dan menjadi sejarah mobil ditemukan di dunia pertama kali yang dipatenkannya.

Sejarah Mobil Pertama Kali Ada di Dunia

Sebuah penemuan baru lagi yaitu mobil dengan model mesin dua stroke akhirnya dipatenkan kepada George B. Selden pada tahun 1895, Sejarah mobil di dunia pertama kali ditemukan dengan model mesin yang spektakuler juga sempat menjadi sebuah terobosan bagi Berta Benz pada tahun 1888.

Dalam jangka waktu beberapa tahun, akhirnya beberapa model dan tipe mobil yaitu tenaga uap, listrik dan bensin ini pada tahun tersebut mengalami persaingan. Diproduksinya mobil dengan skala besar dan harga terjangkau pada jaman tersebut, tahun 1902 oleh Oldsmobil menjadi berkembang pesat. Kemudian pada tahun 1910 lebih dikembangkan lagi besar-besaran oleh Henry Ford.

Dan hingga sekaranglah mobil terus diproduksi secara masal dengan berbagai macam merek dan segala kecanggihannya untuk bisa memberikan kenyamanan para konsumen saat berkendara. 

Foto : Internet

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 13:26 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family