Asian Games di Jakarta
Jelang Asian Games 2018

Selama Asian Games, Mobil dan Motor Dilarang Masuk Jakarta

27 Okt 2017 | 09:27 WIB

Pemerintah bakal mengambil langkah yang cukup ekstrim demi Asian Games 2018 di Jakarta, yakni melarang mobil dan motor pribadi memasuki wilayah Jakarta 1 bulan sebelum perayaan olahraga se-Asia tersebut dilaksanakan.


Selama Asian Games, Mobil dan Motor Dilarang Masuk Jakarta



Adapun peraturan ini diberlakukan demi menjaga agar para atlet yang terlibat bisa tampil dengan maksimal berkat udara yang bersih.


"Kualitas udara itu penting karena pemecahan rekor tidak akan pernah terjadi bila kualitas udara buruk. Hanya di kondisi baik paru-paru akan bekerja maksimal. Jika udara kotor, atlet cepat lelah," ucap Dasrul Chaniago, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan via kantor berita KOMPAS.


Ide ini memang datang dari Dasrul Chaniago berdasarkan apa yang pernah dilakukan Tiongkok, saat Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2008 yang silam. Bahkan tidak hanya kendaraan yang dilarang masuk, melainkan emisi gas buang dari pabrik batu bara pun wajib turun.


"Ekstrem memang, tapi ini dilakukan Beijing saat jadi tuan rumah Olimpiade. Mereka juga menurunkan emisi pabrik batu bara dan membuat kualitas udara ketika itu lebih baik," ucap Dasrul.


Pelarangan masuk bagi motor dan mobil selama Asian Games 2018 mungkin akan efektif untuk menurunkan tingkat polusi di Ibu Kota pasalnya, saat ini 70% polusi di Ibu Kota disebabkan oleh kendaraan bermotor.


Lalu bagaimana nasib orang yang bekerja di Jakarta dan biasa membawa kendaraan pribadi? Dasrul mengatakan saat ini pemerintah daerah sedang menggenjot percepatan pembangunan moda transportasi massal untuk mengakomodir hal tersebut.


Asian Games rencananya bakal dilaksanakan 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. Saat itu, akan dilaksanakan pertandingan dari 40 cabang olahraga berbeda, yang digelar di 2 kota yakni DKI Jakarta dan Palembang.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZA ANJARI PUTRI RIZA ANJARI PUTRI RIZA ANJARI PUTRI RIZA ANJARI PUTRI
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:11 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

infojakartaasiangames2018indonesiasterilkendaraanmobilbarubekas