Istirahat yang cukup sebelum berkendara
Selalu berkendara dalam keadaan yang bugar

Sering Berkendara, Kamu Perlu Lakukan Ini Bila Tak Ingin Celaka

13 Jun 2019 | 17:53 WIB
BAGIKAN

Pekerjaan di kantor yang menumpuk, sering kali menyita banyak pikiran dan tenaga untuk menyelesaikannya. Untuk itu Sahabat harus mempersiapkan diri agar bisa berkendara yang nyaman, aman, dan selamat sampai tujuan.

Aktivitas yang cukup padat, ditambah dengan jarak antara tempat tinggal dengan kantor yang bisa dibilang cukup jauh, melarang Sahabat untuk memaksakan diri jika memang sudah merasa lelah.

Tanda-tanda kelelahan seperti tidak berhenti menguap, kepala terasa sangat berat, bermanuver secara mendadak untuk mempercepat dan memperlambat laju kendaraan dan terkadang tertidur saat keadaan macet, lebih baik kamu beristirahat terlebih dahulu. 


Baca juga: Saat Perjalanan Jauh, Penumpang Depan Dilarang Tidur


Agar kamu selalu siap setelah melakukan aktivitas seharian, berikut tips agar tidak mudah kelelahan saat mengemudi jarak jauh.

Peregangan otot sebelum perjalanan

Duduk di kursi selama berjam-jam dapat menyebabkan otot-otot kamu kaku. Alangkah baiknya, ketika akan berkendara pulang, Sahabat perlu melakukan peregangan tangan, jari, kaki, leher, punggung serta yang lain selama kurang lebih 5 menit supaya otot-otot tidak terlalu kaku ketika mengemudikan mobil, peregangan ini dapat secara efisien menyingkirkan stress serta kelelahan.

Dengan pemanasan yang baik, maka akan membantu Sahabat dalam merefresh otot-otot tubuh dan menghilangkan rasa lelah setelah mengemudi dengan waktu yang cukup lama. Hindari untuk memaksakan menyetir ketika badan sudah mulai lelah.

Manfaatkan macet untuk melemaskan otot

Ketika terjebak dalam macet janganlah ikut stres dalam macet, Sahabat dapat memakai moment tersebut untuk melemaskan otot-otot yang kaku akibat konsentrasi penuh ketika mengendarai, manfaatkan macet yang terjadi untuk melemaskan bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala dan punggung. Jika Sahabat tengah terjerat macet yang berkelanjutan sebaiknya tahan emosi serta hibur diri Sahabat dengan beberapa lagu favorit kamu.

Sering Berkendara, Kamu Perlu Lakukan Ini Bila Tak Ingin Celaka


Baca juga: Mendengar suara-suara aneh apda mobil, mungkin ini sumber yang ahrus diperhatikan


Membawa air mineral/air putih

Air minum/air putih secara penting dapat menyingkirkan rasa lelah, rasa ngantuk serta stress. Minum air putih secara langsung dapat juga tingkatkan konsentrasi serta menambah kenyamanan ketika mengemudi.

Meminum banyak air beresiko pada biasanya buang air kecil, walau demikian hal semacam ini tidaklah terlalu bermasalah bila dibanding dengan rasa kantuk atau stress atau lelah akibat tubuh kekurangan air. Selalu siapkan air minum di dalam mobil untuk hindari dehidrasi saat akan melakukan perjalanan jauh.

Tubuh kamu akan selalu memerlukan cairan walau tengah lakukan perjalanan terlebih ketika siang hari. Tidak hanya itu dengan minum air putih yang cukup dapat menyingkirkan rasa ngantuk sehingga tubuh kembali fit, sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi air putih yang banyak.

Atur Posisi Duduk yang Nyaman

Atur posisi duduk serta memegang setir supaya tetap nyaman selama perjalanan. Langkahnya atur posisi duduk sesuai sama panjang kaki serta jangkauan tangan pada stir hingga mempermudah refleks ketika mengatur stir, menginjak gas, rem, atau kopling.

Atur jarak tempat duduk supaya nyaman dengan posisi pedal gas, pedal rem serta kopling. Pastikan dulu kaki dapat mencapai pedal dengan sempurna tanpa kesusahan. Posisi sandaran tempat duduk yang nyaman yaitu tidak terlalu tegak, namun juga tidak sangat landai. Hal semacam ini dapat ditata dengan tuas/tombol sliding, reclining seat. Tempat duduk yang diperlengkapi dengan sandaran kepala (headrest), diatur ketinggiannya sebisa-bisanya sejajar dengan kepala. Pakai tambahan bantal kecil di headrest atau di belakang tulang leher supaya rasa pegal di bagian ini dapat berkurang. 

Sering Berkendara, Kamu Perlu Lakukan Ini Bila Tak Ingin Celaka


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 13 Jun 2019 | 17:53 WIB
BAGIKAN