Promo Mudik 2019
Paket Jasa dan Servis

Sering Diabaikan, Ini Bagian Mobil Yang Harus Kamu Rawat Juga

20 Jun 2019 | 18:00 WIB
BAGIKAN

Melakuakan perawatan mobil secara berkala merupakan anjuran yang wajib kamu lakukan, namun memilihara mobil persis sesuai anjuran juga bisa membuat kantongmu jadi ‘jebol’. Menyiasati hal tersebut, hal yang bisa dilakukan adalah melakukan perawatan mobil sesuai dengan skala prioritas saja.

Sering Diabaikan, Ini Bagian Mobil Yang Harus Kamu Rawat Juga

Penggantian oli, aki, melakukan spooring dan balancing, atau pengecekan roda merupakan beberapa perawatan yang umum diutamakan. Lantas, perawatan untuk bagian lain pun jadi terabaikan. Padahal, bagian-bagian lain juga perlu menerima perawatan agar bisa terus berfungsi normal.

Mengenai beberapa perawatan mobil penting yang kerap terlupakan, ini dia lima di antaranya:

1. Filter Udara di Kabin Mobil

Filter udara di dalam kabin berfungsi menyaring udara yang masuk dari luar mobil ke dalam ruangan penumpang.

Beberapa kendaraan menggunakan jenis filter simpel dengan fungsi menyaring debu serta berbagai serpihan dari udara. Sementara itu ada pula filter dengan karbon aktif yang dapat meredam bau serta berbagai polutan yang masuk ke mobil.

Sering diabaikan, penggantian filter sebenarnya dapat menambah kenyamanan seluruh penumpang mobil. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan mobil ini tidak mahal, kok! Bila dilakukan secara berkala, hal ini bisa jadi investasi yang baik untuk kenyamanan serta kesehatan Sahabat bukan?

2. Pengurasan Cairan Coolant

Masih ada beberapa pemilik mobil yang berpikir bahwa coolant atau cairan pendingin radiator dapat bekerja normal seumur hidup. Itu mengapa mereka tidak melakukan penggantian yang dianjurkan.

Padahal, seiring berjalannya waktu, kualitas cairan ini pun bisa menurun. Keseimbangan pH-nya akan berkurang dari angka ideal, dan lambat laun akan muncul timbunan pasir di dalamnya sehingga menghambat fungsi kerja coolant.

Sudah bisa menebak risiko yang timbul bila perawatan mobil ini dilupakan? Ya, sistem pendinginan mesin mobil akan terganggu. Mesin yang mudah panas akan membuat mobil jadi mudah mogok. Hanya karena hal kecil, akibatnya ternyata bisa jadi sangat besar!

Cegah hal ini dan lakukan pengecekan serta penggantian coolant secara berkala, penggantian perlu dilakukan umumnya ketika mobil telah menempuh jarak 60 ribu hingga 90 ribu kilometer.

3. Penggantian Minyak Rem

Minyak rem memiliki sifat hidroskopis yang berarti dapat mengundang dan menyerap lembap. Biarpun cairan ini berada di dalam sistem rem yang tertutup rapat, kelembapan dari lingkungan sekitarnya tetap dapat terserap olehnya.

Bila kondisi ini terjadi terus-menerus, temperatur minyak rem pun dapat menjadi semakin rendah. Selain itu, risiko terjadi karat dan korosi pada sistem rem hidrolik juga semakin besar. Inilah mengapa pengurasan dan penggantian minyak rem tidak boleh sampai diabaikan.

Dianjurkan untuk melakukan perawatan mobil ini tiga tahun sekali atau ketika mobil telah mencapai sekitar 60 ribu kilometer.

4. Peremajaan Cairan Transmisi Otomatis

Perawatan mobil lainnya yang kerap diabaikan oleh para pemilik ialah penggantian cairan transmisi otomatis. Transmisi yang sudah modern ini nyatanya harus bekerja lebih keras dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual.

Terlebih lagi, transmisi tersebut bekerja di dalam kompartemen mesin yang sempit dan minim ventilasi. Hal ini menyebabkan kualitas cairan tersebut menurun dari waktu ke waktu. Kerusakan mobil pun tak dapat dihindari bila cairan tersebut tak diremajakan.

Saat Sahabat ke bengkel, peremajaan cairan transmisi otomatis ini biasanya disebut dengan service "kuras oli matic", ada baiknya dilakukan setiap 40 ribu – 50 ribu kilometer, tergantung pemakaian.

5. Penyesuaian Katup/Klep

Setiap mobil memiliki katup atau klep yang berfungsi mengatur sirkulasi gas pembakaran ke luar dan dalam mesin. Sekarang ini makin banyak mobil keluaran baru yang telah menggunakan lifter katup bersistem otomatis, sehingga penyesuaian klep tidak perlu dilakukan.

Namun, untuk mobil dengan lifter yang masih bersistem mekanis, lifter dari katup tersebutlah yang memerlukan pengecekan secara berkala dan juga beberapa penyesuaian bila dibutuhkan. Bila perawatan mobil satu ini diabaikan, fungsinya pun jadi tak terjaga sehingga bisa mempengaruhi kinerja mesin.

Nah untuk Sahabat yang dirasa belum melakukan perawatan yang disebutkan diatas, Garasi.id memberikan solusi berupa paket Jasa dan Servis. Dengan Paket Jasa dan Servis Sahabat bisa melakukan perawatan mobil secara menyeluruh. 

Sering Diabaikan, Ini Bagian Mobil Yang Harus Kamu Rawat Juga

Berpartner dengan Bengkel Nawilis, Bengkel BOS, Automaster, Ziebart, Scuto dan lainnya. Sahabat yang berada di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya bisa merasakan promo Mudik Penuh Berkah dari Garasi.id dengan Paket Jasa dan Servis selama masa periode 6 Mei sampai 5 Juli 2019.

Keuntungan lain yang Sahabat bisa dapatkan dari Paket Jasa dan Servis adalah, setiap pembelian paket Jasa dan Servis di Toko Garasi.id, Sahabat yang belanja mulai dari 250.000 rupiah sampai 500.000 rupiah bisa mendapatkan bonus e-voucher sebesar 100.000 rupiah. Dan untuk Sahabat yang belanja produk diatas 500.000 rupiah, bisa mendapatkan bonus e-voucher sebesar 250.000 rupiah.

Baca juga: Ini Untungnya Melakukan Perawatan Mobil Secara Rutin

Untuk mendapatkan promo diatas, Sahabat perlu menyimak terlebih dahulu syarat dan ketentuanya sebagai berikut :  

  • Setiap pembelian produk jasa servis atau jasa perawatan di Garasi.id dengan nominal pembelian antara 250.000 - 499.000 rupiah, pembeli mendapat bonus e-Voucher sebesar 100.000 rupiah.
  • Setiap pembelian produk jasa servis atau jasa perawatan dengan nominal pembelian di atas 500.000 rupiah, pembeli mendapat bonus e-Voucher sebesar 250.000 rupiah.
  • E-Voucher dapat digunakan untuk pembelian berikutnya di Garasi.id
  • E-Voucher akan diberikan secara otomatis ke akun pembeli maksimal 7 (tujuh) hari kerja setelah pembelian. Pantau terus notifikasi di akun kamu.
  • E-Voucher tidak dapat diuangkan.
  • Promo ini tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.
  • Promo ini tidak berlaku untuk pembelian produk jasa Inspeksi Mobil Bekas, Asuransi Mobil atau produk afiliasi Blibli.com

Untuk info lebih lanjut Sahabat bisa cek Paket Jasa dan Servis atau hubungi Customer Service Garasi.id di email Clara@garasi.id atau 0817-0250-888 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00. Selamat memanjakan mobil kesayanganmu.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 20 Jun 2019 | 18:00 WIB
BAGIKAN