Koleksi mobil ganjil dan genap Garasi.id
Koleksi mobil ganjil dan genap Garasi.id

Solusi Menghindari Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

10 Sep 2019 | 19:01 WIB
BAGIKAN

Dianggap sukses dengan aturan Ganjil - Genap yang sempat diberlakukan saat gelaran acara Asian Games 2018, kini pemerintah melanjutkan kembali sistem aturan Ganjil - Genap untuk kendaraan roda empat demi mengurai kemacetan di Ibu Kota dan juga mengurangi polusi udara Jakarta yang belakangan semakin memburuk.

Solusi Menghindari Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

Terkait sistem Ganjil - Genap, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam surat edaran menjelaskan sejak tanggal 7 Agustus 2019 pelaksanaan sosialisasi kebijakan perluasan kawasan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap akan dilaksanakan hingga tanggal 8 September 2019 dan akan berlaku mulai 9 September 2019.

Solusi Menghindari Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

Seperti yang dilansir di Nextren.grid.id, ada beberapa cara agar kendaraan yang tidak mematuhi aturan ganjil-genap salah satunya dengan mencari rute alternatif dengan aplikasi peta Waze maupun Google Maps untuk Android maupun iOS.

Untuk mencari rute alternatif ganjil-genap di ruas jalanan di Jakarta melalui Waze dan Google Maps, pengguna harus tersambung dengan akses internet dan menyalakan GPS pada perangkatnya. Berikut ini cara cek jalur alternatif pada Waze dan Google Maps.

Waze

Untuk mengecek jalur alternatif di Waze, buka menu "setting". Kemudian pilih menu "navigasi" dan lanjutkan ke menu "license plate restriction" atau "pembatasan plat nomor" yang berada di paling bawah.

Lalu akan muncul kolom untuk memasukkan dua digit terakhir nomor plat kendaraan bermotor pengguna. Nantinya, secara otomatis Waze akan menyesuaikan rute sesuai implementasi peraturan ganjil-genap. Dengan begitu, pengguna bisa mencari rute alternatif lain agar terhindar dari aturan tersebut.

Google Maps

Pengguna harus memasukan dulu lokasi tujuan. Lalu pilih menu "setting" dan pilih "route options". Setelah muncul rute yang harus dilalui, klik tulisan "Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap".

Maka akan muncul pop-up berisi opsi, apakah plat nomor kendaraan kamu ganjil atau genap. Penentuan angka ganjil dan genap ditentukan oleh satu digit nomor terakhir. Kemudian akan terlihat rute mana yang sebaiknya kamu gunakan untuk menghindari aturan tersebut.

Solusi Menghindari Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

Kedua aplikasi itu sangat membantu kamu ketika kamu sudah memiliki mobil dan mungkin sedikit bermain kejar-kejaran dengan polisi. Bagaimana jika kamu sedang ingin mencari mobil bekas berkualitas dengan plat ganjil, plat genap atau mungkin keduanya.

Nah, di Garasi.id kami menyediakan baik koleksi mobil bekas dengan plat ganjil maupun plat genap yang bisa kamu miliki. Ingin berkendara tanpa was-was di tanggal ganjil? Atau ingin bebas keliling IbuKota di tanggal genap? Cek koleksi mobil ganjil dan koleksi mobil genap di Garasi.id.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 10 Sep 2019 | 19:01 WIB
BAGIKAN