Rotasi Ban Mobil
Rotasi Ban

Sudah Pilih Mobil Bekas, Segera Lakukan Rotasi Ban

02 Mar 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN

Buat Sahabat Garasi yang sudah memilih mobil bekas, ada baiknya segera melakukan rotasi ban. Karena namanya mobil bekas, bisa dipastikan sudah melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Terlebih sebenarnya melakukan rotasi ban memang wajib dilakukan tidak hanya untuk mobil bekas. Karena merotasi ban bisa membuat tingkat keausan tiap ban (depan maupun belakang) tetap sama. Otomatis ban bisa digunakan lebih lama lagi alias jarak tempuh yang lebih jauh lagi.

Disarankan buat Sahabat Garasi, untuk melakukan rotasi ban di setiap 2.000 kilometer. Jarak ini disesuaikan dengan kondisi jalan yang kurang bagus. Namun dipastikan jika terjadi keausan di ban lebih awal, segeralah melakukan rotasi pada ban. Agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Sudah Pilih Mobil Bekas, Segera Lakukan Rotasi Ban

Lalu bagaimana cara melakukan rotasi ban yang benar ya Sahabat Garasi. Tenanglah, itu sangatlah mudah. 

Cara Melakukan Rotasi Ban Mobil

Seiring berjalannya waktu, pastinya ban mobil akan aus atau botak. Namun, biasanya ban mobil yang lebih cepat aus atau botak yaitu ban mobil bagian depan, terutama bagi mobil – mobil yang memiliki mesin penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive). Hal ini disebabkan karena ban depan memiliki pekerjaan yang sangat banyak seperti:

Pada saat start, ban depan bekerja keras "menarik" seluruh komponen kendaraan agar kendaraan dapat melaju atau bergerak.

Selain sebagai penarik pada saat start, ban depan juga berfungsi sebagai pengatur arah gerak mobil, agar mobil berada dalam posisi yang ideal.

Pada saat pengereman, ban depan menjadi tumpuan seluruh berat kendaraan termasuk penumpang.

Nah, dengan begitu banyaknya pekerjaan yang dimiliki oleh ban mobil bagian depan, maka tidak heran jika ban mobil bagian depanlah yang sering sekali mengalami keausan lebih cepat dibandingkan dengan ban mobil bagian belakang.

Untuk rotasi ban mobil penggerak roda bagian depan, berikut tata caranya :

FWD (Front Wheel Drive)

Ini merupakan cara untuk rotasi ban mobil penggerak roda depan dengan ban serep.

1. Ban depan kanan mundur menjadi ban serep

2. Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri

3. Ban belakang kanan maju kedepan menjadi ban depan kiri

4. Ban belakang kiri maju kedepan menjadi ban depan kanan

5. Ban serep bisa menjadi ban belakang kiri

RWD (Rear Wheel Drive)

Ini merupakan cara untuk rotasi ban mobil penggerak roda belakang dengan ban serep.

1.Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri

2. Ban belakang kiri maju kedepan menjadi ban depan kiri

3. Ban belakang kanan maju kedepan menjadi ban depan kanan

4. Ban depan kiri masuk menjadi ban serep

5. Ban serep menjadi ban belakang kanan

Nah selanjutnya setelah melakukan rotasi pada mobil bekas pilihan Sahabat Garasi,  juga pastikan untuk melakukan spooring. Langkah spooring ini dilakukan untuk membenarkan kembali posisi keempat roda. Disarankan melakukan setiap 5.000 km.

Sahabat bisa melakukan spooring dengan paket perawatan ban dari Toko Garasi.id, bekerjasama dengan sejumlah bengkel ternama baik di dalam dan luar kota Sahabat bisa melakukan spooring dan balancing kendaraan dengan mudah.

Jika semuanya langkah ini dilakukan, dijamin meski pilihan Sahabat Garasi merupakan mobil bekas. Kenyamanan berkendara bakal dirasakan disetiap perjalanan.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 02 Mar 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN